banner-detik
PARENTING & KIDS

10 Pelajaran Berharga Sebagai Ibu, Jarang Disadari!

author

Ficky Yusrini26 May 2024

10 Pelajaran Berharga Sebagai Ibu, Jarang Disadari!

Menjadi seorang ibu tidak luput dari belajar terus setiap harinya. Meski jarang diketahui, ternyata ini beberapa pelajaran berharga sebagai ibu.

Paling seru kalau ngumpul sama Mommies-mommies, saling tukar cerita dan berbagi kegemesan masing-masing dalam menghadapi anak. Rasanya nggak ada habisnya. Semakin luas bergaul dan menyimak keluh kesah per-Mommies-an, tentunya semakin menambah pemahaman kita tentang peran diri sebagai ibu.

Pelajaran Sebagai Ibu

Beberapa pembelajaran itu, antara lain:

1. Jenis-jenis ibu

Di luar sana, ternyata jenis Mommies itu beragam dan banyak juga yang lucu-lucu. Dari mereka, kita ikut belajar, mana yang bisa diikuti dan mana yang perlu dijauhi (perilaku dan sikapnya). Contohnya:

  1. Tipe ambisius. Anak diikutkan berbagai kompetisi, turnamen, sampai olimpiade.
  2. Tipe santai. Anak dibiarkan tumbuh dan bereksplorasi sendiri, minim intervensi. Ada teman saya yang saking santainya, sampai nggak berasa punya anak 7.
  3. Tipe “Parenting Literate” sangat update dengan berbagai teori parenting terbaru dan tren-tren tentang pendidikan anak.
  4. Tipe halu, berasa anaknya paling wow, tidak mampu melihat “blindspot” atau kelemahan anak.
  5. Tipe panik, anak sakit dikit heboh, anak nggak mau ngerjain PR, spaneng, anak bilang kena mental health, shock. Sungguhlah! 

2. Mengelola emosi

Anak hadir sebagai trigger para ibu untuk lebih mengenali diri. Kalau reaksi Mommies dalam menghadapi situasi anak masih suka panikan, spaneng sama kelakukan anak yang tidak sesuai ekspektasi, marah-marah dan ngomel, berarti ada yang salah dengan diri saya. Menunjukkan ada sisi gelap yang butuh diproses dan diselesaikan. 

3. Pengelolaan waktu

Bukan hanya tentang bagaimana membagi waktu dengan peran-peran lain, tapi juga tentang bagaimana menentukan skala prioritas. Kadangkala, anak tidak selalu menjadi nomor satu dalam setiap keputusan yang diambil. Ada saatnya saya dibutuhkan dalam peran saya yang lain, tanpa mengabaikan peran sebagai ibu.   

BACA JUGA: Berani dan Kuat, Ini 9 Cara Mencegah Anak Bersikap People Pleaser

4. Komunikasi

Terdengar cliché, tapi ini memang penting. Komunikasi tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa respek dan bonding. Tidak cukup hanya tentang keterbukaan dan empati ke anak. Anak punya penilaian sendiri, apakah orang tuanya layak mendapatkan respek darinya. Respek itu akan muncul saat kita bisa menunjukkan keteladanan dalam perilaku sehari-hari, baik di depan anak maupun yang tidak terlihat oleh anak. 

5. Kesabaran

Bahwa mendidik anak bukanlah proses yang instan, penuh dengan up and down. Setiap anak punya ritme yang berbeda-beda. Kesabaran sangat penting dalam menghadapi proses ini.

6. Ketekunan dalam membimbing

Konsistensi adalah kunci keberhasilan dalam hal apa pun, termasuk dalam urusan mendidik anak dan melatihkan kebiasaan baik. 

Foto: Daria Obymaha on Pexels

7. Leadership

Dengan sendirinya kita belajar teori kepemimpinan dan aplikasinya, sama halnya dengan teori kepemimpinan di dunia profesional. Dalam hal ini, anak adalah orang yang harus kita “pimpin” untuk kita dorong menjadi versi terbaik dirinya. Memimpin tidak harus selalu dengan cara kelembutan. Ada seninya, kapan perlu ketegasan, kapan perlu disiplin, kapan perlu otoriter, kapan perlu demokratis, dan sebagainya. 

8. Tempat bercermin

Sebelum mau marah-marah ke anak, refleksikan dulu ke diri sendiri, dulu kita gitu nggak ya, sekarang juga masih begitu kah? Misal, anak susah dikasih tahu, kita melihat ada cerminan diri kita dalam sikapnya itu. “Eh, iya, saya juga kadang masih begitu”. Bicara dulu ke diri sendiri dan ubah cara berkomunikasi dengan cara yang lebih jujur. 

9. Memutus lingkaran luka batin

Ingat-ingat apakah kita punya luka batin dari orang tua karena perlakuan mereka dulu dengan pola didiknya yang keras dan otoriter. Kalau diteliti lagi, kenapa orang tua bersikap seperti itu? Karena mereka punya luka batin sehingga terproyeksikan ke caranya mendidik kita.

Kalau kita tidak menyadari hal ini dan mau berusaha menyembuhkan luka batin ini, maka otomatis akan terproyeksikan ke anak. Contohnya, karena sakit hati dulu sering dimarah-marahin, tanpa sadar kita melampiaskan sakit hati itu ke anak dengan melakukan hal yang sama. 

10. Pengingat untuk bersyukur

Setiap momen bersama anak adalah momen yang membahagiakan. Melihatnya tumbuh dan melewati fase-fase, melewati tantangan demi tantangan, membuat saya lebih mengapresiasi keajaiban hidup.

BACA JUGA: 3 Alasan Anak Susah Memiliki Growth Mindset, Kata Psikolog Pendidikan

Cover: Brett Sayles on Pexels

Share Article

author

Ficky Yusrini

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan