banner-detik
EDUCATION

Daftar Jurusan SMA dan SMK yang Bisa Ikut Seleksi Sekolah Kedinasan 2024, Paket C Bisa Ikutan!

author

Mommies Daily24 May 2024

Daftar Jurusan SMA dan SMK yang Bisa Ikut Seleksi Sekolah Kedinasan 2024, Paket C Bisa Ikutan!

Sebelum daftar, yuk, cek dulu daftar jurusan SMA dan SMK di seleksi Sekolah Kedinasan 2024. Ada jurusan anak Mommies enggak?

Tahun ini pendaftaran seleksi Sekolah Kedinasan dibuka sampai tanggal 13 Juni 2024 melalui website www.dikdin.bkn.go.id. Saat mendaftar, peserta wajib memenuhi persyaratan akademik sesuai peraturan institusinya agar bisa lulus dengan maksimal dan kesempatan yang ada tidak terbuang sia-sia.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan jika anak Mommies bisa kuliah di Sekolah ini, seperti biaya pendidikan gratis, disediakan asrama, hingga setelah lulus bisa menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jadi, anak Mommies tidak perlu repot-repot mencari lowongan pekerjaan lagi.

Terdapat 3.446 formasi yang tersebar di 8 sekolah kedinasan di bawah institusi pemerintahan yang bisa jadi pilihan studi anak Mommies selanjutnya. Di tahun ini, ada beberapa sekolah dinas yang membuka kesempatan untuk lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat dari semua jurusan.

Namun sebelum mendaftar, sebaiknya cari tahu dulu apakah sekolah dinas tersebut menerima jurusan anak Mommies atau tidak.

Foto: Detik

BACA JUGA: Mengenal Sekolah Kedinasan, Serta Biaya Seleksinya

Daftar Jurusan SMA dan SMK yang Bisa Ikut Seleksi Sekolah Kedinasan 2024

Yuk, cek deretan daftar jurusan SMA dan SMK di seleksi Sekolah Kedinasan 2024. Siapa tahu salahnya satunya adalah jurusan anak Mommies!

1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Tahun ini, IPDN membuka peluang untuk lulusan SMA, MA, dan Paket C tahun 2021-2024 dari semua jurusan. Jadi, tidak harus dari jurusan IPA dan IPS, tetapi seluruh lulusan SMA, MA, dan Paket C bisa ikut mendaftar.

2. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Berbeda dengan IPDN, STIN justru tidak memperkenankan lulusan Paket C untuk mengikuti seleksi Sekolah Kedinasan dan hanya lulusan SMA/SMK/MA tahun 2022-2024 yang bisa mendaftar.

3. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Siswa kelas 12 lulusan tahun 2021-2024 bisa mengikuti seleksi Poltek SSN dengan kriteria sebagai berikut:

  • SMA Jurusan IPA
  • SMK Jurusan Teknik Elektronika yang fokus di bidang Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri, Teknik Robotik, dan Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi.
  • SMK TI Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fokus di bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan, Sistem Informatika, serta Jaringan dan Aplikasi.

4. Politeknik Statistika STIS

Politeknik Statistika STIS hanya memberikan kesempatan untuk lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA dari jurusan IPA atau IPS dan SMK/MAK dari bidang Keahlian Teknologi Informasi.

5. Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Selanjutnya, Poltekim dan Poltekip membuka kesempatan untuk lulusan SMA/MA/SMK dari seluruh jurusan mengikuti seleksi sekolah dinas.

Bagi Mommies yang penasaran dengan daftar sekolah kedinasan lainnya, Mommies bisa langsung klik di sini!

BACA JUGA: Rekomendasi Sekolah Kedinasan di Indonesia, Nomor Satu Paling Favorit!

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan