banner-detik
EDUCATION

8 Ide Kegiatan Libur Sekolah Anak SD, Seru dan Edukatif!

author

Mommies Daily22 May 2024

8 Ide Kegiatan Libur Sekolah Anak SD, Seru dan Edukatif!

Ada banyak ide kegiatan seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan anak saat libur sekolah. Ajak si kecil ke sini yuk, Mommies!

Libur sekolah semester genap semakin dekat. Mommies sudah ada ide kegiatan yang dapat dilakukan bersama keluarga dan si kecil, belum? Mengisi waktu luang bersama anak merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang tua. 

Saat ini sudah banyak tempat wisata dan event yang diselenggarakan untuk bisa dikunjungi oleh si kecil. Selain sebagai hiburan, Mommies juga dapat mengajak anak untuk membantu membangun kreativitas dan dapat dijadikan sebagai sarana belajar juga. 

Rekomendasi Kegiatan Libur Sekolah Anak SD

Mommies Daily telah merangkum rekomendasi kegiatan libur sekolah anak usia SD beserta biayanya yang dapat dijadikan referensi untuk dikunjungi oleh Mommies dan keluarga. 

1. Playtopia Senayan Park

Foto: tiket.com

Playtopia Senayan Park merupakan taman bermain yang memiliki banyak permainan seru sekaligus memacu adrenalin si kecil. Playground yang tengah viral saat ini bahkan bisa dimainkan juga oleh remaja, dewasa, bahkan orang tua. 

Oleh karena itu, Playtopia Senayan Park menjadi salah satu ide kegiatan yang bisa Mommies dan si kecil ikuti ketika libur sekolah nanti. Di Playtopia, terdapat banyak pilihan wahana menarik seperti donut slide, rainbow nett, tube spiral slide, trampoline, hingga wall climbing yang pastinya seru, aman, dan edukatif untuk anak. 

Alamat: Playtopia Adventure Senayan Park, Jalan Gerbang Pemuda, RT.1/RW.3, Gelora, Central Jakarta City, Jakarta, Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jakarta.

Jam buka: 10.00 – 22.00

Harga tiket masuk: Rp150.000 – Rp180.000

2. The Nice Garden

Foto: Instagram @thenicegardenserpong

Apabila Mommies berlokasi di Tangerang, bisa ajak si kecil untuk rekreasi di The Nice Garden Serpong. The Nice Garden menjadi pilihan tempat yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena menyajikan mini zoo, tempat bermain, hingga restoran. 

Playground yang ada di The Nice Garden terdiri dari area indoor dan outdoor dimana terdapat beberapa permainan anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, mandi bola, dan yang lainnya. Si kecil juga dapat belajar mengenal hewan di mini zoo. Pada tempat rekreasi ini, Mommies dan Daddies dapat menunggu anak puas bermain tanpa harus bosan karena dapat menikmati hidangan yang ada di restoran dengan berbagai pilihan menu. 

Alamat: Serpong Keramat Tajug, Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten.

Jam buka: 09.00 – 21.00 (Weekday) & 08.00 – 22.00 (Weekend)

Harga tiket masuk: Rp15.000 – Rp25.000

BACA JUGA: Persiapan Study Tour Anak, Ini 7 Hal yang Wajib Diperhatikan Orang Tua!

3. Jakarta Aquarium & Safari

Salah satu wisata anak dan keluarga lainnya yang menyediakan tempat rekreasi edukatif untuk anak adalah Jakarta Aquarium & Safari. Memiliki 3.500 hewan spesies aquatik dan non aquatik, dimana dapat membantu si kecil dalam mengenal hewan. Selain itu, ada juga kegiatan menggambar untuk melatih kreativitas anak dan berbagai atraksi menarik lainnya. 

Serunya, si kecil juga bisa menyelam bersama berbagai ikan pari serta hiu karang. Pertunjukan yang dapat Mommies dan keluarga tonton lainnya seperti pertunjukan pinguin, binturong, berang-berang, mermaid, dan yang lainnya.

Alamat: Jl. Letjen S. Parman No.106, RT.3/RW.3, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat

Jam buka: 10.00 – 21.00

Harga tiket masuk: Rp112.000 – Rp196.000

4. Imagispace

Foto: Instagram @imagi.space

 

Rekomendasi tempat yang dapat dikunjungi oleh anak berikutnya ketika libur sekolah adalah Imagispace. Tempat ini cocok untuk dikunjungi oleh si kecil yang menyukai keindahan seni. Imagispace Plaza Senayan merupakan area pameran seni digital dalam ruangan yang memperlihatkan gambar animasi. 

Mengusung tema “About Time”, Mommies bersama keluarga dapat terpukau dengan pencahayaan warna-warni kreatif. Pada setiap sisi Imagispace juga memiliki konsep yang beragam.

Alamat: Plaza Senayan, Jl. Asia Afrika No.8 Lantai 3, RT.1/RW.3, Gelora, Tanah Abang

Jam buka: 12.00 – 19.00

Harga tiket masuk: Rp133.000 – Rp143.000

5. The Wave Pondok Indah Waterpark

Ingin mengajak anak olahraga sekaligus bermain? The Wave Pondok Indah Waterpark lah jawabannya. Memiliki wahana buatan surfing pertama di Indonesia, flowrider dapat dicoba si kecil jika ingin merasakan surfing layaknya di tengah laut. 

Terdapat banyak wahana lain yang bisa dicoba seperti wizzard slide, lazy river, dan masih banyak lagi. Dilengkapi dengan loker, food court, serta ruang ganti, The Wave Pondok Indah Waterpark merupakan destinasi yang cocok dikunjungi bersama keluarga. 

Alamat: Pondok Indah Mall, Jl. Metro Pondok Indah, RT.1/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam buka: 06.00 – 18.00

Harga tiket masuk: Rp100.000 – Rp150.000

6. J-Sky Ferrish Wheel

Tempat yang bisa dikunjungi ketika anak sedang libur sekolah selanjutnya adalah J-Sky Ferrish Wheel. Terletak di area rooftop AEON Mall Jakarta Garden City, wahana ini menjadi bianglala tertinggi di Indonesia yang memiliki diameter sebesar 50 meter dan puncak tertinggi lebih dari 100 meter dari permukaan tanah.

Tidak perlu khawatir, di tiap gondola ferrish wheel ini dilengkapi dengan sofa yang empuk dan penyejuk ruangan. Terdapat 32 pilihan gondola yang dapat Mommies pilih untuk dinaiki. 

Alamat: Jl. Jkt Garden City Boulevard No.1, RT.8/RW.6, Cakung Tim., Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur.

Jam buka: 10.00 – 21.00

Harga tiket masuk: Rp50.000 – Rp200.000

7. The Bunker Board Cafe & Game

Foto: detikFood

Bermain board game juga tidak kalah seru, loh! Selain sebagai sarana hiburan, dengan mengenalkan board game pada si kecil, mereka dapat belajar memecahkan masalah, meningkatkan daya kreativitas, melatih kemampuan intrapersonal, hingga mengasah kemampuan kognitif. 

Selain menyajikan ratusan board game yang dapat dimainkan. Sambil menunggu si kecil bermain, Mommies dan Daddies bisa menyantap makanan yang ada di The Bunker Board Cafe & Game yang menyediakan banyak varian menu.

Alamat: Ruko Graha Boulevard D 10 Summarecon Serpong, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810.

Jam buka: 09.30 – 22.00

Harga tiket masuk: Rp15.000 – Rp50.000

8. Pegasus Karting

ide kegiatan libur sekolah

Foto: Instagram @pegasuskarting

Rekomendasi terakhir kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak adalah bermain gokart di Pegasus Karting. Tempat rekreasi yang satu ini sangat cocok bagi si kecil yang suka memacu adrenalin. 

Meskipun terletak di dalam mal, namun arena yang disediakan untuk sirkuit karting ini cukup luas. Tidak perlu khawatir ya, Mommies karena wahana ini bisa dicoba oleh anak mulai dari usia 7 tahun untuk pilihan beginner kart, dengan tinggi minimal 140 cm. 

Alamat: Jl. Pluit Indah, RW.4, Pluit, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Jam buka: 10.00 – 21.00

Harga tiket masuk: mulai dari Rp50.000

BACA JUGA: 10 Cara Efektif Bantu Anak dengan Gaya Belajar Visual, Maksimalkan Potensinya

Nah Mommies, itu dia beberapa ide kegiatan yang bisa si kecil datangi bersama keluarga. Selain menyenangkan, tempat-tempat di atas juga mengedukasi anak. Selamat mencoba!

Penulis: Nariko Christabel

Editor: Dhevita Wulandari

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan