banner-detik
EDUCATION

10 Homeschooling di Indonesia, dari Jawa, Bali, hingga Palembang

author

Mommies Daily19 May 2024

10 Homeschooling di Indonesia, dari Jawa, Bali, hingga Palembang

Mendidik Si Kecil dengan homeschooling ini menawarkan sejumlah manfaat bagi anak-anak dan keluarga mereka. Ini rekomendasi homeschooling di Indonesia.

Salah satu keuntungan utama homeschooling adalah kemampuan jenis pendidikan ini untuk disesuaikan dengan kebutuhan belajar unik setiap anak. Dalam lingkungan yang lebih terpersonalisasi, anak-anak dapat belajar pada tingkat mereka sendiri dan mengeksplorasi minat mereka dengan lebih bebas lho. Mommies.

Mommies juga perlu tahu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang dididik di rumah memiliki tingkat prestasi akademik yang setara atau bahkan melebihi anak-anak yang mengikuti pendidikan formal. Dalam lingkungan homeschooling, anak-anak memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan bakat khusus mereka dengan lebih mendalam. Mereka dapat fokus pada bidang-bidang yang mereka cintai dan mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

Selain itu, homeschooling memberikan fleksibilitas yang besar dalam pengaturan jadwal pembelajaran. Ini memungkinkan Mommies untuk menyesuaikan waktu belajar dengan kegiatan ekstrakurikuler, liburan, atau peristiwa keluarga lainnya tanpa harus mematuhi jadwal sekolah yang kaku.

Rekomendasi Homeschooling

Kali ini Mommies Daily merangkum sederet rekomendasi homeschooling yang tersebar di Jawa, Bali, hingga Sumatera.

BACA JUGA: Atasi Anak Sulit Belajar, Ini Langkah Efektif yang Perlu Dilakukan Orang Tua!

1. Windsor Homeschooling, Homeschooling di Jakarta Barat

Setiap anak memiliki kebutuhan belajar yang berbeda. Inilah yang menjadi landasan salah satu homeschooling di Jakarta Barat, yaitu Windsor Homeschooling.

Para siswa memiliki opsi untuk memilih antara program tutorial, komunitas, atau pembelajaran mandiri yang dipantau oleh orang tua. Pendekatan pembelajaran di Windsor Homeschooling disesuaikan dengan kebutuhan individual siswa.

Windsor Homeschooling menawarkan program pembelajaran sejajar dengan tingkat SD, SMP, dan SMA. Selain fokus pada aspek akademik, Windsor Homeschooling juga mengadakan kegiatan pengembangan keterampilan, olahraga, pendalaman materi, study tour, dan kegiatan praktik. 

Alamat: Mall Taman Palem (Lantai 1, blok-d, No. 88), RT 7 RW 14, Cengkareng Timur, Jakarta Barat.

2. INRII Homeschooling, Homeschooling di Jakarta Timur

INRII Homeschooling menonjol sebagai salah satu pilihan terbaik karena beberapa alasan utama yang membantu memastikan perkembangan dan keberhasilan anak dalam lingkungan belajar yang mendukung dan inovatif. 

Selain itu, yang bisa menjadi pertimbangan Mommies adalah, anak-anak akan didampingi oleh tutor dan guru yang berpengalaman serta berkompeten di bidangnya, yang memastikan pengajaran yang berkualitas. Di INRII si Kecil akan menggunakan pembelajaran Blended Learning, yaitu sistem pembelajaran yang menggabungkan metode konvensional dengan teknologi digital, menciptakan pengalaman belajar yang menyeluruh dan interaktif.

Kurikulum INRII didesain dengan mempertimbangkan kecerdasan majemuk anak, memungkinkan mereka untuk berkembang secara optimal dalam berbagai aspek. INRII juga menyediakan sesi konseling, coaching, dan pertemuan dengan orang tua, membantu dalam pemantauan dan pengembangan anak secara menyeluruh.

Sebagaimana dilansir dari laman resminya, INRII menerapkan Program Pengembangan Potensi dan Bakat. Program ini dirancang untuk menemukan dan mengembangkan potensi serta minat anak, membantu mereka menemukan keunggulan masing-masing.

INRII menyesuaikan sistem pembelajaran dengan kemampuan, kebutuhan, dan minat terbaik anak, memastikan bahwa setiap anak mendapat pendidikan yang sesuai dengan potensi mereka.

Alamat: Jl. Pondok Kelapa Raya Blok D2 No.14, Jakarta Timur 13450

3. Sinergia Homeschooling International di Jakarta Pusat

Sinergia, sebagai pelopor homeschooling dengan standar internasional, tidak hanya menerima siswa dari Indonesia, tetapi juga dari berbagai negara lain. Kurikulumnya mencakup variasi yang luas, mulai dari Kurikulum Nasional, Bilingual, hingga Internasional dengan menggunakan Cambridge International Examination.

Fleksibilitas tempat belajar dan mengajar menjadi salah satu keunggulan, dengan opsi kelas homeschooling atau kelompok, kunjungan tutor ke rumah, dan pembelajaran jarak jauh (online). Materi pembelajaran yang tersedia sangat beragam, mencakup pelajaran inti hingga kegiatan seperti memasak, olahraga, kebun, seni, kelas seni pertunjukan, dan banyak lagi.

Selain kegiatan akademik, program ini juga menawarkan pengalaman di luar kelas seperti kunjungan ke situs bersejarah, taman pendidikan, proyek keterampilan hidup, Focus Group Discussion (FGD), dan kegiatan lain yang bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan karakter, minat, dan bakat mereka.

Sinergia Homeschooling menawarkan fleksibilitas dengan dua opsi pembelajaran yaitu secara daring atau dengan kunjungan tutor ke rumah 3-4 kali dalam seminggu. Orang tua dan calon siswa dapat berdiskusi untuk menyesuaikan rencana pembelajaran dengan tim Sinergia Homeschooling.

Programnya mencakup jenjang SD, SMP, dan SMA, dengan tambahan program bersertifikat internasional seperti CPC, IGCSE, SAT, AP, TOEFL, dan lainnya.

Alamat: STC, Jl. Asia Afrika No. 54 RT 1 RW 3, Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

4. HSE Homeschooling Entrepreneur di Bali

HSE Homeschooling Entrepreneur Bali merupakan lembaga pendidikan nonformal yang memberikan ijazah Nasional. Program pendidikan yang tersedia meliputi jenjang dari Pra Sekolah hingga SMA. 

Fokus utama dari pengembangan minat dan bakat adalah agar siswa-siswa siap menjadi entrepreneur dan memiliki semangat belajar yang mandiri. Tujuannya adalah mencetak generasi muda yang kreatif dan mandiri, serta menawarkan lingkungan untuk mengembangkan minat, bakat, dan potensi otak kanan siswa.

Fasilitas yang disediakan sangatlah nyaman dan mendukung proses pembelajaran. Penggunaan kurikulum pemerintah mendukung berbagai metode pengajaran, termasuk pembelajaran tatap muka, sesi individual seperti bimbingan privat, dan pembelajaran jarak jauh melalui tutorial online.

Alamat: Jl. Tukad Banyu Sari No.12, Sesetan, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80223

5. Home Schooling Primagama Bali

Home Schooling Primagama Bali merupakan pilihan terdepan bagi pendidikan alternatif di Bali. Programnya didesain untuk mendukung siswa belajar di mana saja dan kapan saja.

Dalam metode pembelajarannya, Home Schooling Primagama mengusung konsep “School at Home”, yang memanfaatkan kurikulum yang sama dengan sekolah formal. Namun, pembelajaran dilakukan di rumah dengan suasana yang hangat dan mendukung, baik dalam format individu maupun kelompok.

Selain memberikan fleksibilitas waktu belajar, Home Schooling Primagama juga menjadi tempat yang ideal bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan minat mereka. Dari tingkat SD hingga SMA, Primagama Bali menawarkan layanan pendidikan lengkap, termasuk pelajaran privat dan tes bakat DMI.

Sistem pendidikan ini telah disahkan, diakui, dan terakreditasi seperti sekolah formal lainnya. Primagama Bali mengadopsi pendekatan Psikologis dan Potensi Akademis dalam proses belajar mengajar. Standar kompetensi guru diukur berdasarkan berbagai indikator, memastikan kualitas profesionalisme.

Alamat: Jl.Badak Agung 19 No.7 Renon , Sumerta, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar Prov. Bali 

Foto: RDNE Stock project on Pexels

6. Homeschooling HSPG Yogyakarta

HSPG menjadi pilihan utama bagi orang tua dan masyarakat yang mencari alternatif pendidikan untuk anak-anak di daerah Jogja.

Dalam pendekatannya, HSPG mengadopsi Kurikulum 2013 untuk tingkat Nasional dan Kurikulum CIE untuk tingkat Internasional.  Proses pembelajaran HSPG didasarkan pada dua pendekatan: akademik dan psikologis. Dengan konsep dan metode ini, diharapkan para lulusan HSPG akan memiliki pengetahuan yang kuat, keterampilan hidup yang berguna, dan sikap yang positif.

Alamat Homeschooling HSPG Yogyakarta: Jl. Langensari No.43, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55221

7. Homeschooling Pena di Surabaya

Homeschooling Pena memiliki pengalaman 10 tahun operasional dan telah mendapat banyak prestasi baik di tingkat Kota, Provinsi dan tingkat Nasional.

Homeschooling Pena memiliki Learning Management System (LMS) Pena sebagai fasilitas pendukung yang dirancang khusus untuk membantu memperlancar kegiatan belajar mengajar dan memberikan kemudahan dan kesenangan bagi peserta didik. Belajar tetap menyenangkan.

Peserta didik bisa memilih sistem belajar: Homeschooling Private, Homeschooling Community, Homeschooling Distance Learning dan Homeschooling Mandiri yang bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik. Belajar dimana saja, kapan saja tanpa batas ruang dan waktu.

Selain itu, Homeschooling Pena terdaftar resmi di Kemdikbudristek dan memiliki ijin operasional Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang masih berlaku. Peserta didik Homeschooling bisa mutasi dan melanjutkan studi ke jenjang berikutnya di sekolah formal; SD, SMP, SMA Negeri maupun swasta termasuk studi lanjut di Perguruan Tinggi Negeri. 

Alamat: Ruang 109, Graha Pena – Gedung Utama, Jl. Ahmad Yani No.88 Lt. I, Ketintang, Gayungan, Surabaya, East Java 60234

8. Kak Seto Homeschooling di Tangerang Selatan

Kak Seto Homeschooling didirikan oleh Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si., yang lebih dikenal sebagai Kak Seto. Di Kak Seto Homeschooling tersedia jenjang pendidikan yang komprehensif mulai dari kelas satu SD hingga tiga SMA. Kurikulum yang diterapkan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dengan akreditasi A yang telah diperoleh.

Selain menawarkan pendidikan sesuai kurikulum, Kak Seto Homeschooling  juga memberikan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Misalnya, kelas fotografi bagi siswa yang tertarik untuk mengembangkan kemampuan dalam mengabadikan momen, serta berbagai kegiatan seni lainnya. ORKES (Organisasi Kreativitas Siswa) juga hadir sebagai wadah bagi siswa untuk mengelola berbagai kegiatan kreatif, dengan bimbingan dari Tutor Penanggung Jawab.

Lokasi Kak Seto Homeschooling berada di Jalan Taman Makam Bahagia ABRI No. 3A, Parigi Lama, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten.

9. Sriwijaya Edu Homeschooling di Palembang

Sekolah Homeschooling Sriwijaya Edu memberikan layanan sekolah dengan secara privat. Dengan Guru datang ke rumah siswa. Meskipun siswa jauh, guru pengajar akan datang ke rumah siswa. 

Homeschooling terakreditasi A. Setara dengan sekolah negeri. Jadi kelulusan dari Homeschooling Sriwijaya Edu, dapat melanjutkan ke sekolah dan perguruan tinggi negeri dimana saja. Serta dapat untuk bekerja.

Homeschooling Sriwijaya Edu memberikan pelayanan kelas komunitas. Kelas komunitas adalah sejumlah siswa datang ke tempat Sekolah Homeschooling, dengan batasan maksimal 3 siswa dan minimal ada 2 siswa dengan jenjang pendidikan yang sama. Membentuk hubungan sosial sesama siswa. Serta bertujuan mengembangkan jiwa mandiri.

Kegiatan sekolah Homeschooling kelas khusus. Untuk anak siswa yang memiliki berkebutuhan khusus. Dengan tujuan memberikan pendidikan dan terapi terbaik untuk perkembangan sang anak siswa, serta memberikan kesempatan untuk mengembangkan daya imajinasi anak serta intelektual seperti anak siswa umum lainnya.

Alamat: Jl. Pertanian. Lorong Sepakat 2, Perum Permai No.13, Talang Jambe, Kec. Sukarami, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30961

10. Charlotte Mason Indonesia (CMid) Homeschooling

Charlotte Mason Indonesia (CMid) merupakan sebuah komunitas pendidikan yang didirikan oleh Ellen Kristi dengan tujuan menjadi tempat bagi orang tua untuk mendapatkan informasi mengenai pendidikan karakter. 

Sesuai dengan namanya, CMid mengadopsi metode pendidikan Charlotte Mason. Prinsip utama dari komunitas ini adalah memungkinkan orang tua menjadi pengajar bagi anak-anak mereka di rumah. Oleh karena itu, CMid tidak menyediakan guru untuk mengajar anak-anak yang mengikuti pendidikan secara homeschooling.

Sebaliknya, orang tua yang tergabung dalam komunitas ini diberikan berbagai informasi, gagasan filosofis, serta tips dan trik melalui berbagai sesi berbagi, bacaan, dan materi lainnya. Tujuannya adalah untuk membantu orang tua dalam mendidik anak-anak mereka menjadi individu yang cerdas secara intelektual dan memiliki karakter yang luhur.

Fokus utama metode CMid adalah melatih dan membentuk karakter anak. Semua aspek pendidikan, termasuk pelajaran akademis, dianggap sebagai sarana untuk “mengobati” karakter anak. Misalnya, melalui pembelajaran membaca, anak dilatih untuk memiliki kebiasaan memperhatikan; melalui latihan menulis, anak dilatih untuk mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya; dan melalui pembelajaran matematika, anak dilatih untuk berpikir logis dan presisi.

Jadi, metode CMid dapat dianggap sebagai metode pendidikan karakter yang mencakup fisik, mental-intelektual, emosional, spiritual, dan profesional anak.

BACA JUGA: Mengenal 3 Gaya Belajar Anak Menurut Psikolog Pendidikan, untuk Optimalkan Potensinya!

Homeschooling memang bukan pilihan untuk semua keluarga tanpa kecuali, dan ada tantangan dan kompromi yang harus dipertimbangkan. Namun, bagi banyak orang tua dan anak-anak, homeschooling telah membuktikan diri sebagai pilihan pendidikan yang memberikan manfaat yang berharga dan berkelanjutan.

Ditulis oleh: Kalamula Sachi

Cover: Diva Plavalaguna on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan