banner-detik
LIFESTYLE

7 Rekomendasi Bus Pariwisata untuk Study Tour dan Kisaran Harganya

author

Mommies Daily14 May 2024

7 Rekomendasi Bus Pariwisata untuk Study Tour dan Kisaran Harganya

Mommies lagi cari bus pariwisata dengan fasilitas terbaik untuk liburan? Yuk, cek beberapa rekomendasinya di sini. Ada kisaran harganya juga, lho!

Kabar duka datang dari rombongan pelajar SMK Lingga Kencana, Kota Depok yang mengalami kecelakaan tragis saat menuju kawasan wisata Jalan Ciater, Subang, Jawa Barat, pada Sabtu, 11 Mei 2024. Diduga bus yang dinaiki para pelajar mengalami rem blong, sehingga mengakibatkan kecelakaan yang mengguncang banyak orang. Terdapat 11 korban meninggal dunia akibat kecelakaan ini, sementara 12 orang lainnya mengalami luka-luka serius dan dirawat di RSUD Subang.

Peristiwa kecelakaan ini menjadi momen yang menyedihkan bagi keluarga korban serta masyarakat setempat. Mommies Daily berdoa untuk kesembuhan para korban dan mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan. Semoga kejadian ini menjadi pelajaran untuk kita agar berhati-hati dan mengutamakan keselamatan di perjalanan.

Bagi Mommies yang berencana liburan bersama keluarga ke luar kota atau sedang mencari bus pariwisata untuk kegiatan outing anak. Berikut Mommies Daily berikan tips memilih bus pariwisata serta rekomendasinya lengkap dengan kisaran harga.

BACA JUGA: Liburan Seru dan Hemat, Ini 12 Tempat Wisata Terbaik di Jawa Tengah

Tips Memilih Bus Pariwisata

Catat, ini beberapa poin yang harus diperhatikan dan dicek sebelum menyewa bus pariwisata.

1. Perusahaan Sewa Bus

Hal pertama yang harus Mommies perhatikan sebelum menyewa bus pariwisata adalah perusahaan yang menyewakan bus tersebut. Pastikan perusahaannya sudah terjamin aman dan sering digunakan untuk perjalanan jauh. Mommies juga bisa mencari referensinya terlebih dahulu di internet atau bertanya pada teman yang sudah berpengalaman menggunakan jasa sewa bus pariwisata.

2. Kru dan Pelayanan

Mommies pastikan memilih bus pariwisata yang jasa, pelayanan, dan krunya berpengalaman dengan cara mencari tahu terlebih dahulu terkait pelayanannya, supir busnya, dan kru perusahaannya.

3. Tujuan dan Kebutuhan

Sebelum menentukan jenis bus yang akan disewa, Mommies harus memastikan kegiatan dan jumlah peserta yang ikut agar bus yang disewa bisa sesuai dengan kebutuhan Mommies dan penumpang lainnya. Hal ini dilakukan juga untuk kenyamanan bersama selama di perjalanan.

4. Fasilitas

Untuk mendapatkan perjalanan yang aman dan menyenangkan, Mommies pasti membutuhkan bus dengan fasilitas terbaik, seperti AC, hiburan, video dan audio, charger plug-in, hingga toilet. Selain fasilitas pelengkap, Mommies juga harus mencari tahu fasilitas keamanan yang ada di dalam bus, seperti P3K, pintu darurat, pemadam, pemecah kaca, dan lain sebagainya.

5. Jenis atau Tipe Bus

Sebelum memilih jasa sewa bus, pastikan Mommies menghitung seluruh jumlah peserta yang hadir agar kapasitas bus sesuai jenisnya, seperti big bus, medium bus, atau minibus.

6. Bus Masih Sesuai Usia Pemakaian

Mommies juga perlu memastikan bahwa bus masih dalam usia pemakaian yang sesuai dengan peraturan. Berdasarkan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 117 Tahun 2018 dan PM 19 Tahun 2019, Pembatasan usia Bus Pariwisata selama 15 tahun, Bus Antar Kota Antar Pariwisata sampai 25 tahun.

7 Rekomendasi Bus Pariwisata dengan Fasilitas Terbaik dan Kisaran Harganya

Ini 7 rekomendasi bus pariwisata yang memberikan fasilitas terbaik untuk penumpangnya, dan juga perkiraan harga untuk infornasi Mommies!

1. Big Bird

Bus Big Bird adalah salah satu bus pariwisata yang paling diminati meski harga sewanya lebih tinggi dibanding bus lainnya. Bus ini menawarkan kualitas dan fasilitas terbaik untuk para penumpangnya, seperti mini bar with kitchen, wifi, fasilitas hiburan, toilet, penyimpanan bagasi yang besar, sistem keamanan terpercaya, reclining seat, USB port dan power outlet, hingga entertainment room.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp3.400.000

bus pariwisata

Foto: Instagram/laksanabus

2. Manhattan

Bus Manhattan bisa jadi pilihan tepat bagi Mommies yang sedang mencari bus untuk kendaraan liburan bareng rombongannya. Kabin busnya yang lega, bisa menampung hingga 47 orang penumpang dalam sekali jalan. Bus ini juga menyediakan berbagai fasilitas lengkap untuk penumpangnya, seperti AC, LCD TV 2, DVD Player, reclining seat, dispenser, wifi, dan stop kontak. Mommies juga bisa karaokean seru bareng temen-temen.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp3.150.000

Foto: manhattanredbus

3. Pandawa 87

Mommies pasti sudah tidak asing lagi dengan bus pariwisata yang satu ini. Bus Pandawa 87 menggunakan Jetbus 3+ Middle High Deck sasis Mercedes-Benz OH 1626 sehingga hanya bisa menyediakan 22 kursi saja di setiap busnya. Di dalam busnya, Mommies akan menikmati berbagai fasilitas mewah, mulai dari kursi pijat, TV, dan toilet.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp4.500.000

Foto: PO. Pandawa 87 Pasuruan

4. White Horse

Bus White Horse hanya bisa menampung 15 orang penumpang saja. Bus ini cocok buat Mommies yang ingin jalan-jalan bareng teman arisan. Setiap baris kursi disediakan stop kontak dan merupakan reclining seat dilengkapi dengan ruang kaki yang luas, arm rest, dan leg rest. Selain itu, White Horse juga menyediakan lounge lengkap dengan mini bar untuk karaoke.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp8.020.000 untuk wisata menginap

Foto: Yuk Sewa Bus

5. Juragan99 Trans

Bus Juragan99 Trans memiliki interior yang mewah dengan fitur unggulan bernuansa premium. Bus ini menggunakan Jetbus 3+ Super High Decker dan sasis Mercedes-Benz OH 1626 yang bagian dalamnya bernuansa premium serta dilengkapi dengan fasilitas leg rest dan area kaki yang luas. Perjalanan Mommies menggunakan bus ini dijamin super nyaman dan aman.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp5.000.000

Foto: Instagram/juragan99trans 

6. High Deck Double Glass Skylander PO Sanjaya

Bus High Deck Double Glass Skylander memiliki tampilan luar yang mewah serta interior dan fasilitas yang lengkap. Mommies dijamin akan merasakan kenyamanan yang luar biasa saat duduk di dalam bus, karena kursinya menggunakan bahan semi kulit yang eksklusif yang posisinya bisa disesuaikan. Selain itu, terdapat juga fasilitas microwave, kulkas, pemanggang roti, dan masih banyak lagi.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp8.000.000

bus pariwisata

Foto: Detik Oto

7. Trac

Selain menyediakan layanan antar jemput karyawan, bus ini juga menyediakan layanan sewa bus untuk pariwisata. Ukuran bus yang ditawarkan juga beragam, mulai dari 9 orang hingga 39 orang. Interior bus ini bisa dibilang cukup mewah dengan dominasi motif kayu, setiap kursinya juga dilengkapi dengan layar LCD.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp9.000.000

bus pariwisata

Foto: TRAC

BACA JUGA: 7 Destinasi Wisata Ramah Lansia di Indonesia, Liburan Tetap Nyaman

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan