banner-detik
LIFESTYLE

7 Destinasi Wisata Ramah Lansia di Indonesia, Liburan Tetap Nyaman

author

Mommies Daily04 May 2024

7 Destinasi Wisata Ramah Lansia di Indonesia, Liburan Tetap Nyaman

Bosan di rumah terus, yuk, ajak orang tua Mommies liburan ke beberapa destinasi wisata yang ramah untuk lansia ini. Bisa menjadi ajang menyegarkan pikiran.

Liburan bareng keluarga selalu menjadi momen yang dinantikan saat tanggal merah, weekend, atau hari libur. Selain mengajak anak dan suami, Mommies pasti juga ingin menghabiskan waktu bersama orang tua di hari libur. Sayangnya, saat pergi liburan dengan orang tua yang sudah lansia tentu membuat Mommies harus mempertimbangkan banyak hal. 

Orang tua yang sudah lanjut usia sangat rentan mengalami gangguan kesehatan, karena fisiknya tidak sekuat dulu. Oleh karena itu, Mommies harus memilih tempat wisata yang nyaman dan aman serta tidak terlalu jauh. Bagi Mommies yang berencana mengajak orang tuanya liburan, berikut Mommies Daily berikan 7 rekomendasi tempat wisata yang ramah lansia di Indonesia.

Tempat Wisata Ramah Lansia

Biar liburan nyaman dan aman, ini pilihan destinasi wisata ramah lansia di Indonesia yang wajib dikunjungi.

1. Taman Lansia Bandung

Foto: @summareconbandung

Taman Lansia Bandung dibuat khusus untuk orang-orang yang sudah lansia dengan tujuan agar para lansia bisa tetap refreshing sambil menikmati pemandangan indah yang ada di tempat ini. Tak hanya sekadar tempat refreshing, orang tua Mommies juga bisa berfoto di berbagai spot yang telah disediakan dan menggunakan fasilitas Wifi.

Alamat: Jl. Cisangkuy, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

2. Desa Wisata Osing Banyuwangi

Foto: @licin24jam

Bagi Mommies yang berencana liburan di Kota Banyuwangi, Desa Wisata Osing bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat untuk orang tua tersayang. Di desa wisata ini, orang tua Mommies bisa berinteraksi dengan penduduk asli yang sudah memasuki usia lanjut juga. Selain itu, orang tua Mommies juga bisa mengunjungi kebun teh yang asri serta tempat makan yang menyajikan menu makanan lezat.

Alamat: Dusun Krajan, Kemiren, Kec. Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

BACA JUGA: Liburan Tanggal Merah, Ini 7 Alternatif Destinasi Wisata di Jakarta dan Sentul

3. Kampung Wisata Djampang Bogor

Foto: ekabo.bogorkab.go.id

Kampung Wisata Djampang adalah tempat wisata dengan berbagai budaya tradisional yang bikin orang tua Mommies kembali bernostalgia, seperti kerajinan batik, minyak urut, tempat penempaan golok, dan pertunjukkan seni bela diri tradisional dari Indonesia, yaitu pencak silat. Tempat wisata yang memiliki luas hingga 25 kilometer ini juga menyediakan 50 tempat wisata menarik yang nggak boleh dilewatkan.

Alamat: Km 42, Desa, Jl. Raya Parung, Jampang, Kec. Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

4. Museum Ullen Sentalu

Foto: @yogyaofficial

Liburan ke Yogyakarta, rasanya belum lengkap kalau belum mampir ke Museum Ullen Sentalu. Museum yang terletak di dataran tinggi Kaliurang, Yogyakarta ini menghadirkan beberapa peninggalan sejarah, seperti artefak kerajaan dan Keraton Jawa. Suasananya yang rindang serta desainnya yang bernuansa gotik dan tropis, dijamin bikin momen liburan orang tua Mommies semakin berkesan.

Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

5. Taman Safari

Foto: @taman_safari

Taman Safari Bogor juga bisa menjadi destinasi wisata yang cocok untuk para lansia. Sebab, para pengunjung hanya duduk di dalam mobil untuk mengelilingi Taman Safari. Kebun binatang yang berada di kawasan puncak Bogor, Jawa Barat ini juga menghadirkan berbagai kegiatan seru, seperti safari park, mengunjungi taman burung, animal education show, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jalan Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

6. Wisata Kota Tua Jakarta

destinasi wisata lansia

Foto: @piknikdong

Wisata Kota Tua Jakarta bisa jadi pilihan tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh para lansia. Tempat wisata ini menghadirkan berbagai bangunan tua bersejarah yang masih terawat. Jadi, nggak cuma jalan-jalan, tetapi juga bisa menambah pengetahuan dan menikmati pengalaman wisata yang berbeda dengan nuansa Eropa.

Alamat: Kawasan Kota Tua, Taman Fatahillah No.1, RT.7, RW.7, Pinangsia, Taman Sari.

7. Taman Bunga Nusantara

destinasi wisata lansia

Foto: @tamanbunganusantara

Tempat wisata yang satu ini cocok untuk para lansia yang penggemar bunga. Di taman bunga nusantara, orang tua Mommies bisa melihat berbagai jenis bunga yang cantik dan segar. Para lansia juga bisa menggunakan kursi roda untuk mengelilingi taman. 

Alamat: Jl. Mariwati No.KM.7, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

BACA JUGA: Wisata Halal, Ini Destinasi 5 Wisata Muslim Terbaik di Australia Barat!

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Oană Andrei on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan