banner-detik
EDUCATION

Jelang UTBK SNBT 2024, Ini Metode Belajar Ala Gen-Z yang Efektif!

author

Mommies Daily29 Apr 2024

Jelang UTBK SNBT 2024, Ini Metode Belajar Ala Gen-Z yang Efektif!

Sudah semakin dekat, ini dia metode belajar ala Gen-Z yang untuk persiap matang menjelang UTBK SNBT 2024 . Dijamin efektif dan efisien!

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 tinggal menghitung hari. Dimana untuk peserta Gelombang 1 ujiannya dilaksanakan pada 30 April dan 2-7 Mei 2024, sedangkan untuk Gelombang 2 akan dilaksanakan pada 14-20 Mei 2024.

UBTK SNBT sendiri merupakan salah satu cara bagi calon mahasiswa yang hendak mendaftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN).Tes ini meliputi beberapa materi seperti Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.

Sebelum mengikuti UTBK SNBT 2024 ini, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang sehingga pada hari terlaksananya UTBK peserta bisa mengerjakan dengan lancar dan teliti. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan metode belajar yang efektif.

BACA JUGA: Bikin Pintar, Ini 7 Rekomendasi Channel Youtube untuk Anak Belajar Matematika

Metode Belajar Ala Gen-Z untuk Persiapkan UTBK SNBT 2024

Lantas apa sajakah metode belajar yang bisa digunakan oleh Gen-Z dalam mempersiapkan UTBK SNBT 2024? Intip metodenya di bawah ini, yuk!

metode belajar

Foto: Freepik

1. Learning by Doing

Metode yang pertama adalah Learning by Doing. Sesuai dengan namanya, konsep pembelajaran ini diterapkan sambil menerapkannya dalam praktek dan bukan hanya secara teori saja.

Tentunya metode yang satu ini sangat efektif bagi Gen-Z agar menumbuhkan kemampuan belajar yang aktif, meningkatkan potensi, dan menggali keterampilan.

2. Menetapkan Target

Ya, tentunya hal ini gak kalah penting untuk diperhatikan. Target merupakan hasil akhir yang hendak didapatkan ataupun dicapai.

Dalam persiapkan UTBK, menetapkan target ataupun tujuan dapat dilakukan agar dapat hasil yang maksimal. Hal ini tentunya juga menguntungkan agar kamu bisa mengetahui kelebihan maupun kekurangan pada potensi yang dimiliki.

3. Mencari Tutor Belajar

Merasa kesulitan ketika belajar secara individu? Maka mencari tutor menjadi pilihan yang tepat dalam membantu anak dalam memahami materi.

Tutor ini sendiri gak melulu dari guru les private, kok, Anda bisa menggunakan metode Peer Teaching, yakni belajar dengan teman sebaya. Hal ini terbukti efektif dalam belajar karena dapat memecahkan masalah secara bersama-sama.

4. Metode Audio Visual

Metode belajar berikutnya yang dapat diikuti oleh Gen-Z adalah menggunakan audio visual. Audio Visual ini sendiri merupakan perangkat yang digunakan ketika belajar sehingga dapat mendorong proses belajar.

Metode yang melibatkan indra penglihatan dan pendengaran ini sangat menarik dan efektif tentunya untuk diterapkan pada Gen-Z yang mahir dan melekat dengan teknologi.

5. Memanfaatkan Gadget

Gadget gak melulu berdampak negatif untuk anak kok. Penggunaan gadget juga bisa sangat menguntungkan, khususnya dalam membantu proses belajar. Metode ini dapat dimanfaatkan dengan mencari informasi terkait pembelajaran melalui media sosial atau dengan game edukatif.

Itu dia metode pembelajaran ala Gen-Z yang bisa kamu terapkan. Untuk mengetahui informasi terkait simulasi UTBK SNBT 2024 bisa lanjut membaca dengan klik di sini.

BACA JUGA: Orang Tua Millennial Perlu Belajar 6 Hal Ini dari Anak Gen Alpha, Termasuk Soal Teknologi

Ditulis oleh: Nariko Christabel

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan