banner-detik
EDUCATION

SD Sumbangsih Grogol, Tidak Pakai Tes Akademik untuk Syarat Masuk

author

Katharina Menge26 Apr 2024

SD Sumbangsih Grogol, Tidak Pakai Tes Akademik untuk Syarat Masuk

SD Sumbangsih Grogol jadi salah satu sekolah yang tidak menerapkan tes akademi untuk syarat masuk. Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Untuk Mommies yang berdomisili di Jakarta Barat dan tengah mencari sekolah dasar untuk si kecil, maka bisa mempertimbangkan SD Sumbangsih Grogol. Sekolah yang satu ini berada di bawah Yayasan Perguruan Sumbangsih yang sudah melahirkan banyak siswa berprestasi.

Mommies Daily pun berkesempatan untuk berbincang dengan pihak SD Sumbangsih Grogol dan mengulik banyak kelebihan dari sekolah yang satu ini.

BACA JUGA: Daftar Terbaru SD yang Tidak Mewajibkan Harus Bisa Calistung

Punya Program Keislaman

SD Sumbangsih Grogol punya visi yang mulia, yaitu menghasilkan peserta didik yang beriman, bertakwa, unggul dalam berprestasi, disiplin, dan berwawasan luas. Pihak sekolah juga punya misi untuk mengoptimalkan pembinaan kedisiplinan mental, akhlak, dan budi pekerti yang luhur dan bernuansa agamis bagi para siswa, juga melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan efisien, serta memfasilitasi media dan sumber belajar yang memadai.

Satu hal yang membedakan SD Sumbangsih dengan sekolah lainnya terletak pada penguatan program keislamannya, di samping tetap melaksanakan program-program sekolah umum. SD Sumbangsih adalah sekolah umum yang tidak berlabel sekolah islam, tetapi secara konsisten melaksanakan program penguatan baca tulis al-qur’an dengan adanya program TPA (taman pendidikan al-qur’an) yang wajib diikuti oleh peserta didik dan dilaksanakan dua kali pertemuan dalam seminggu.

Selain itu, SD Sumbangsih juga aktif mengadakan program-program PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) yang cukup banyak. Dalam setahun ada lebih dari lima kegiatan PHBI yang dilaksanakan.

Disamping itu, SD Sumbangsih juga berkomitmen dalam penguatan karakter peserta didik melalui program-program pembiasaan seperti upacara, senam, dan shalat dhuha yang dilaksanakan satu kali dalam seminggu secara bergantian.

Kombinasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Untuk kurikulum yang diterapkan, SD Sumbangsih Grogol menggunakan kurikulum yang diamanatkan oleh pemerintah pusat, yaitu Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka.

Sistem belajar di SD Sumbangsih adalah semi full day school, sehingga pembelajaran kurikuler dimulai sejak pukul 07.00 WIB sampai 14.00 WIB. Sedangkan pembelajaran ekstrakurikuler mulai pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB, yang berlangsung dari hari Senin – Jum’at.

Sekolah dasar ini juga menduduk minat dan bakat anak-anak dengan menyediakan banyak ekstrakurikule, seperti Seni Tari, TPA, Futsal, Basket, Taekwondo, dan Pramuka. Menurut informasi dari pihak sekolah, ke depannya akan ada ekstrakurikuler baru, mulai dari reporter cilik, desain grafis, dan robotic.

SD Sumbangsih Grogol juga memaksimalkan fasilitas yang disediakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Untuk fasilitas umum, terdapat Gedung, Lapangan, Aula, Mushola, Toilet, Taman, Kantin, Perpustakaan, Ruang psikolog, Laboratorium Komputer, dan Ruang UKS.

Sementara, untuk menunjang pembelajaran, sekolah menyediakan ruang kelas ber-AC, kursi dan meja, papan tulis, proyektor, dan fasilitas penunjung minat dan bakat, seperti perlengkapan taekwondo, perlengkapan tari, perlengkapan futsal, perlengkapan basket, dan perlengkapan pramuka

Tidak Ada Tes Akademik untuk Syarat Masuk

SD Sumbangsih Grogol tidak menerapkan tes akademik untuk masuk para calon siswanya, tetapi pihak sekolah akan melakukan observasi siswa dan wawancara orangtua. Rangkaian penilaian itu akan dimulai dengan observasi anak terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan mewawancarai calon siswa.

Biasanya observasinya dengan cara melihat secara langsung dan mewawancarai orangtua sekaligus anaknya. SD Sumbangsih Grogol juga memiliki psikolog yang akan membantu sekolah dalam melakukan observasi penerimaan siswa baru. Jika calon siswa diterima, maka mereka tinggal melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu pembayaran.

Kehadiran psikolog ini juga merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki sekolah sehingga semua siswa dan orang tua murid bisa berkonsultasi ke psikolog tersebut apabila memang ada hal yang perlu di bicarakan.

SD Sumbangsih Grogol
Alamat: l. Muwardi II No.15A 8, RT.8/RW.3, Grogol, Grogol petamburan, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11450
Instagram: @sdsumbangsihgrogol.official

Biaya Sekolah 2024/2025

Formulir pendaftaran: 200.000
Uang pangkal: 5.000.000
Seragam: 1.500.000
Buku: 1.500.000
Lain-lain: 560.000
Sarana prasarana: 3.000.000 (dibayar secara 4 tahap)
SPP: 950.000/bulan

BACA JUGA: Tidur Siang Jadi Mapel di SD Sidoarjo, Apa Saja Manfaatnya untuk Anak?

Foto: SD Sumbangsih Grogol

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan