banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Talents Mapping, Bantu Kenali Bakat Untuk Anak maupun Orang Dewasa

author

fiaindriokusumo24 Apr 2024

Talents Mapping, Bantu Kenali Bakat Untuk Anak maupun Orang Dewasa

Talents Mapping ternyata bisa membantu anak-anak menemukan bakat serta jurusan kuliah atau sekolah yang sesuai dengan diri mereka, dan juga membantu orang dewasa memahami talenta tersembunyi di diri mereka. Berminat? 

Sempat merasa diri tidak pintar selama masa sekolah karena hobi berkhayal dan nilai-nilai yang jelek, Danesya Mayra Juzar, Talents Mapping Practitioner & Certified Life Coach sekaligus Director of @mindtastic.id akhirnya menyadari bahwa dia tidak bodoh, setelah menemukan bakat sesungguhnya yang selama ini sering dikira “hanya” hal biasa. 

Tak ingin berkembang sendiri, Danesya pun ingin membantu banyak orang menemukan talenta-talenta tersembunyi di dalam diri mereka. Satu quotes yang dia ingat adalah:  “You cannot judge a fish by climbing the tree.”  Bahwa mereka dicap tidak pintar itu sebenarnya hanya karena mereka belum menemukan interest, mengenal potensi diri, bidang , komunitas, dan mendapatkan support system yang tepat.

Baca juga: Eksplorasi Minat Bakat Anak Remaja, Ini Caranya

Simak hasil obrolan kami dengan Danesya…

Bisa dijelaskan secara singkat, apa itu Talents Mapping? 

Talents Mapping kalau secara singkat adalah bakat sifat. Menyadari kelebihan dan kekurangan yang sudah ditanamkan di diri kita oleh Tuhan. Bahwa setiap orang itu punya keterbatasan tapi juga punya kekuatan yang tidak selalu sama dengan orang lain.   Ditemukan oleh Abah Rama yang terinspirasi dari Gallup Cliftonstrenghts, dan buku Now Discover Yourself Put Your Strenghts to Work karya Marcus Buckingham. Dikembangkan kembali menjadi Strength Cluster Map yang dapat menyajikan data berupa Potensi Kekuatan dalam bentuk aktifitas.

Zaman dulu bisa saja kita berpikir bakat hanya pintar matematika, nilainya bagus, jago gambar. Tapi dengan Talents Mapping kita akan dibantu untuk menyadari bahwa sifat-sifat sehari-hari yang “biasa saja” “kirain semua orang begitu” ternyata adalah bakat kita. 

Contoh Talents Mapping Assesment…

Ini saya kasih contoh Talents Mapping Assesment ya, bisa dilihat di halaman 12, ada urutan bakat:

– Contoh bakat DELIBERATIVE

Adalah orang yang sangat hati-hati, cenderung banyak pertimbangan dan waspada. Kalau melihatnya sebagai sifat negatif kita akan bilang ini orang skeptis banget, kebanyakan mikir. Padahal kalau dilihat secara positif dan di posisi yang tepat seperti risk magement, legal, pengacara, bahkan profesi yang berisiko seperti pilot, tentunya sifat deliberative lebih menguntungkan.

– Contoh bakat IDEATION

Orang yang bakatnya di ideation, bisa jadi saat sekolah suka berkhayal dan dicap negatif. Padahal di posisi yang tepat, misalnya di marketing, kita bisa membuat banyak ide. Saat jadi ibu rumah tangga, ideation membantu kita bisa membuat DIY dan sensory. Saat memiliki bisnis, kekuatan ideation ini membantu untuk concepting membuat ide event, activation campaign, content social media, develop curriculum. Ini membantu kita juga untuk mencari partner yang tepat, yang bisa mendukung serta “menambal” kekurangan kita.

Bagaimana prosedurnya jika seseorang ingin mengikuti Talents Mapping? 

  1. Menghubungi Talents Mapping Practitioner 
  2. Akan di-follow up via email/ wa dengan instruksi asesmen 
  3. Membayarkan fee Rp 550.000 ke bank account yang diberikan 
  4. Client akan diberikan link yang harus diisi* 
  5. Setelah link diisi hasil asesmen dalam bentuk pdf ditarik dan praktisi akan menjadwalkan kembali sesi konsultasi online 
  6. Konsultasi online berlangsung 60 menit membacakan hasil asesmen dengan dua arah

*Pertanyaan cukup banyak namun dalam bentuk pilihan ganda. Tetap perlu fokus dan konsentrasi, terdiri dari 170 pertanyaan TM asesment, 114 personal strenghts statement , 17 pertanyaan terkait GRIT.

Apa manfaat Talents Mapping untuk kehidupan personal seseorang? 

Manfaat utama adalah membantu kita mengenal diri lebih baik,  memaksimalkan potensi sehingga dapat menjalani aktivitas sehari-hari maupun pekerjaan dengan mudah, enjoy dan excellent.  Talents Mapping membantu kita untuk lebih menyadari kelebihan yang sebenarnya yang kita miliki yang selama ini bisa jadi kita anggap sebagai hal biasa. 

Talents Mapping juga membantu banget untuk seseorang mencari tujuan hidupnya, membantu anak-anak menentukan jurusan kuliah dan menentukan bidang pekerjaan. Dengan memahami bakat-bakat tersembunyi di dalam diri kita, Talents Mapping juga membantu kita terhindar dari midlife crisis.

Siapa saja yang bisa melakukan tes Talents Mapping? (Bisa mulai dari usia berapa?)

Siapapun di atas usia 15 tahun bisa melakukan asesmen talents mapping. Talents Mapping banyak digunakan dalam lingkup profesional seperti di pekerjaan maupun di organisasi. Dengan memahami kekurangan dan kelebihan team member di lingkup profesional kita dapat menempatkan orang di posisi yang tepat, juga menyusun tim yang saling melengkapi.

Namun Talents Mapping juga bisa untuk lingkup personal. Misal untuk para ibu yang sedang mengalami midlife crisis, ingin ganti profesi, juga ibu bekerja yang beralih menjadi ibu rumah tangga yang masih ingin berdaya namun bingung kelebihan dirinya apa. Juga anak muda di usia 15-20 tahun yang sedang mencari jurusan atau galau mencari pekerjaan.

Kenapa belum bisa di bawah 15 Tahun? 

Karena untuk mengerjakan asesmen ini harus punya cukup banyak pengalaman yang dapat direfleksikan sehingga baru bisa dikerjakan untuk usia 15 tahun keatas.  Namun untuk yang orang tuanya sudah melakukan talents mapping dan memahami 34 urutan bakat dengan baik, talents mapping kepada anak kecil di bawah 15 tahun dapat dilakukan oleh orangtuanya dengan cara observasi keseharian dan tingkah laku anak.

Apa yang membuat Danesya tertarik Talents Mapping dan sejak kapan? 

Dari sejak kuliah sebenarnya selalu tertarik dengan buku-buku personal development. Saaat kecil saya ermasuk anak yang secara standard society “nggak pintar” dan “bermasalah”. Di sekolah nilai kurang bagus karena kebanyakan berhayal dan tidak fokus kalau guru ngomong. Jadi seumur hidup sampai lulus SMA saya selalu merasa saya memang tidak pintar.

Baru saat kuliah mulai menemukan interest yang lebih spesifik, lalu jadi ibu dan belajar parenting serta mendalami dunia edukasi baru WOW ternyata semua orang pintar ya namun pintarnya beda-beda aja. One of my fave quotes “You cannot judge a fish by climbing the tree.”  Jadi saya berpikir, bisa jadi anak-anak yang dicap tidak pintar itu karena mereka belum menemukan interest, mengenal potensi diri, bidang , komunitas, support system yang tepat.

Saya ingin membantu lebih banyak orang menemukan dan menyadari potensi dirinya. Saya percaya banget bahwa semua orang itu pintar tidak terkecuali, tapi memang some need more effort and bumpier journey than others.

5 Kata yang menggambarkan Talents Mapping…

Potensi

Kenal Diri

Bakat

Inspirational

Groundbreaking

Jika orang mau menggunakan jasa Danesya, bisa kemana dan rate berapa serta apa saja yang akan mereka terima? 

Hubungi saya langsung saja lewat email di: danesyamayra@gmail.com atau DM instagram @danesyamayra.

Dengan harga Rp 550.000 (1x Talents mapping Assesment) . Setelah mengisi link asesmen, klien akan mendapatkan: Pdf 46 halaman mencakup urutan bakat, peta bakat, potensi kekuatan, strength cluster map, strength typologi dan personal branding, serta penjelasan rincinya. Ditutup dengan sesi konsultasi online 2 arah 60 menit. 

Buat saya pribadi, ini sangat membantu untuk perkembangan diri kita untuk banyak hal. Pendidikan, karier hingga relasi dengan sesama.

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan