banner-detik
SELF

Merayakan Hari Bumi: 10 Tips Praktis Jaga Bumi di Kehidupan Sehari-hari

author

Mommies Daily22 Apr 2024

Merayakan Hari Bumi: 10 Tips Praktis Jaga Bumi di Kehidupan Sehari-hari

Yuk, ikuti kegiatan di bawah ini untuk merayakan Hari Bumi agar kelestarian lingkungan di masa depan tetap terjaga. Mudah diterapkan, lho!

Hari Bumi Sedunia diperingati setiap tanggal 22 April untuk mengingatkan kita agar tetap menjaga dan melestarikan lingkungan. Setiap tahunnya, Hari Bumi dirayakan dengan tema yang berbeda.

Pada tahun 2023, Hari Bumi bertajuk tema ‘Invest in Our Planet’ yang bertujuan untuk mengingatkan warga di seluruh dunia terkait pentingnya berinvestasi di bumi dengan cara terus memperbaiki lingkungan. Di tahun 2024 ini, Hari Bumi kembali diperingati dengan tema ‘Planet vs Plastic’ yang menyerukan penghentian pemakaian plastik demi kesehatan manusia dan bumi.

Perayaan Hari Bumi setiap tahunnya juga mengajarkan kita untuk mulai menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, seperti menghemat listrik, mematikan lampu jika tidak digunakan, dan menghemat penggunaan air. Sama seperti Hari Ibu yang dirayakan dengan penuh makna, Hari Bumi pun dirayakan dengan cara yang bermakna serta bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Berikut Mommies Daily rangkum 10 cara yang bisa diikuti di rumah untuk merayakan hari bumi bersama keluarga.

BACA JUGA: 27 Kegiatan Untuk Mengajarkan Anak Mencintai Bumi

10 Tips Praktis Jaga Bumi di Kehidupan Sehari-hari

Ini 10 cara mudah yang bisa Mommies ikuti di rumah untuk merayakan Hari Bumi Sedunia.

1. Menanam Tanaman atau Pohon

Tanaman atau pohon tidak hanya menyejukkan, tetapi juga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan membersihkan udara. Mommies bisa mulai menanam tanaman apa saja di halaman rumah, terutama sayuran dan buah yang hasilnya bisa dijadikan sebagai bahan makanan atau bumbu masakan. Contohnya, seperti daun bawang, cabai, jahe, selada, dan sebagainya.

hari bumi

Foto: Pexels

2. Tidak Menggunakan Kemasan Sekali Pakai

Tempat makanan dan minuman yang dikemas dalam wadah sekali pakai, seperti plastik akan berakhir di tempat sampah, sungai, dan laut yang dapat membahayakan lingkungan. Untuk menghindari hal tersebut, Mommies bisa menggunakan wadah makanan dan minuman sendiri sebagai aksi kecil yang peduli pada lingkungan sekitar.

3. Menghemat Energi

Menghemat energi bisa menjadi salah satu cara efektif untuk merayakan Hari Bumi. Mommies bisa menerapkan cara ini di rumah dengan mematikan lampu dan alat listrik yang tidak digunakan, memasang alat listrik yang memiliki daya kecil, dan menyalakan AC atau kipas angin secukupnya.

4. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Selain meminimalisir kemacetan lalu lintas, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi juga dapat mendukung gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Mommies bisa coba menggunakan transportasi umum, seperti Transjakarta, MRT, LRT, dan Commuter Line untuk perjalanan jarak jauh. Jika jaraknya dekat, Mommies bisa berjalan kaki atau bersepeda.

Foto: Pexels

5. Membersihkan Lingkungan

Meski terlihat sepele, ternyata membersihkan lingkungan dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk merayakan Hari Bumi. Kegiatan ini bisa dimulai dengan membersihkan lingkungan di sekitar rumah atau bergabung dengan tetangga untuk membersihkan taman atau lingkungan komplek.

6. Hindari Fast Fashion

Fast Fashion memang selalu memberikan model baju terbaru dengan harga yang murah untuk Mommies. Sayangnya, ternyata fast fashion enggak ramah lingkungan karena biasanya baju-baju dengan harga terjangkau tidak bertahan lama. Apalagi kalau proses pembuatannya menggunakan bahan kimia beracun yang bisa menyebabkan pencemaran air bersih.

7. Mengurangi Sampah Kertas

Ada lebih dari 100 juta pohon yang ditebang setiap tahunnya untuk bahan pembuatan surat. Oleh karena itu, mulai sekarang Mommies bisa menguranginya dengan beralih ke media digital, seperti berlangganan katalog atau majalah digital yang bisa dikirim melalui email.

8. Membeli Buah dan Sayur dari Petani Lokal

Selain mendukung petani lokal, membeli buah dan sayur dari petani langsung dapat membantu mengurangi polusi udara. Sebab hal yang dapat memicu tingginya polusi adalah proses pengiriman buah, sayur, atau makanan yang ditempuh dengan jarak jauh.

hari bumi

Foto: Pexels

9. Menggunakan Pembalut Organik

Pembalut yang dijual saat ini menggunakan bahan yang tidak ramah lingkungan dan terbuat dari serat buatan yang dapat menyebabkan penguraian bahan-bahan tersebut jadi lebih lama. Nah, untuk mengatasi hal tersebut Mommies bisa menggunakan pembalut berbahan organik yang mudah terurai secara alami.

10. Hindari Membuang Makanan

Biasakan untuk menyimpan makanan di kulkas atau menggabungkan beberapa sisa makanan menjadi menu yang baru, seperti mengolah sisa nasi dan rendang menjadi nasi goreng sehingga tidak ada makanan yang terbuang sia-sia. Mommies juga harus makan sesuai dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan saat memesan makanan di luar.

Foto: Pexels

Itu dia 10 cara mudah yang bisa Mommies lakukan untuk keluarga demi merayakan Hari Bumi Sedunia. Selamat mencoba!

BACA JUGA: 6 Kebiasaan Kecil yang Bikin Bumi Panjang Umur

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan