banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

7 Kerja Sampingan Cuan Besar, Modal Kecil, Cocok buat Ibu Bekerja!

author

Mommies Daily22 Apr 2024

7 Kerja Sampingan Cuan Besar, Modal Kecil, Cocok buat Ibu Bekerja!

Punya pekerjaan tetap tapi sedang mencari cara untuk menghasilkan uang tambahan? Ini dia daftar kerja sampingan untuk ibu bekerja dengan modal kecil!

Saat ini tantangan hidup memang makin susah ya, Mommies. Meskipun sudah punya pekerjaan tetap tapi rasanya kondisi keuangan selalu kurang. Untungnya, Mommies bisa mencoba salah satu dari deretan pekerjaan sampingan fleksibel ini.

Daftar usaha sampingan ini bisa masuk ke dalam jadwal Mommies yang padat, baik di akhir pekan atau ketika anak-anak sedang sekolah atau tidur. Selain itu juga minim modal, loh. Jadi Mommies tak perlu takut jika usaha ini tidak berhasil dan justru membuat kondisi finansial makin boncos.

Ide Kerja Sampingan untuk Working Mom

Beberapa ide dan rekomendasi kerja sampingan ini punya modal kecil, tapi bisa menghasilkan cuan yang besar jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

1. Penulis

Menulis adalah pekerjaan sampingan yang bagus jika Mommies memiliki bakat dalam merangkai kata-kata. Menjadi penulis lepas berarti Mommies harus membuat artikel online, siaran pers, postingan blog, buletin iklan, dan banyak lagi.

Bisa juga memilih untuk menulis tentang berbagai topik atau mempersempit niche alias tergantung pada minat dan keahlian yang dipunya. Bagian terbaiknya adalah sebagian besar pekerjaan menulis memungkinkan Mommies untuk memutuskan kapan dan di mana harus bekerja-sempurna untuk kehidupan ibu bekerja yang sibuk.

Nah untuk memulai, bangunlah portofolio tulisan Mommies dan carilah pekerjaan untuk tingkat pemula dulu, ya.

BACA JUGA: 6 Tanda Pekerjaan yang Sekarang Tidak Cocok, Segera Berhenti!

2. Jual baju dan aksesori bekas

Lemari pakaian di rumah sudah kepenuhan dan isinya pun jarang Mommies pakai? Yuk, ubah pakaian bekas jadi uang dengan menjualnya. Apalagi saat ini thrifting sedang tren, loh.

Coba sortir dulu pakaian bekas Mommies dan mengelompokkannya pada bagian yang layak dan tidak layak pakai. Bisa juga menjual yang sudah tidak layak pakai dalam jumlah besar ke pasar loak.

Sementara untuk baju dan aksesoris yang masih bagus bisa dijual via online atau mengikuti banyak bazar vintage yang ada di kota-kota besar. Waktunya pun bisa sangat fleksibel, karena bisa dilakukan di akhir pekan saat Mommies tidak bekerja.

3. Jasa bersih-bersih

Jika Mommies lebih memilih pekerjaan secara langsung daripada secara online, pertimbangkan untuk menawarkan layanan pembersihan rumah. Terutama bagi Mommies yang suka ngga tahan kalau melihat rumah berantakan.

Daripada hanya membersihkan rumah dan tidak digaji, lebih baik menjual jasa pembersihan rumah, kan? Nah, Mommies bisa menjadwalkan layanan jasa di akhir pekan dan memiliki kendali penuh atas berapa banyak klien yang diterima.

Memang, sih, ada modal yang harus dikeluarkan karena mungkin perlu membawa perlengkapan bersih-bersih sendiri. Namun, ada banyak cara untuk menekan biaya. Misalnya, beli produk pembersih dalam jumlah besar dan berinvestasilah pada persediaan serbaguna dan dapat digunakan kembali, seperti handuk microfiber sebagai pengganti handuk kertas.

4. Konten Kreator

Foto: RDNE Stock project on Pexels

Jadi salah satu pekerjaan sampingan yang paling hits, konten kreator juga bisa jadi pilihan yang baik untuk mendapatkan uang tambahan. Kalau suka kecantikan, bisa jadi konten kreator yang melakukan ulasan kecantikan.

Kalau suka menonton, bisa juga jadi konten kreator hiburan yang mengulas film-film dan serial terbaru. Bahkan kalau Mommies malu untuk muncul di dalam video pun ada cara untuk tetap bisa jadi konten kreator.

Misalnya, menjadi konten kreator masak-masak. Di sini Mommies hanya perlu mengambil gambar tangan yang sedang memasak. Mudah, kan?

5. Virtual Assistant

Jika Mommies biasa melakukan pekerjaan administratif di kantor, gunakan keahlian tersebut sebagai freelance virtual assistant. Tanggung jawab pekerjaan termasuk membantu pemilik bisnis menjadwalkan pertemuan, penjangkauan, menghasilkan prospek, dan memberikan dukungan secara keseluruhan.

Mommies cuma perlu modal memasuki industri ini dengan koneksi internet yang stabil, kemampuan berorganisasi, dan kemauan untuk belajar. Yuk dicoba!

6. Tutor Online

Sudah punya pengalaman cukup banyak di pekerjaan dan merasa mampu bisa berbagi tips mengenai pekerjaan itu? Mengapa tidak menjadi tutor online, Mommies.

Saat ini banyak online course yang populer. Mereka juga selalu mencari sosok profesional yang memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi sebagai tutor. Untuk menjadi tutor, yang dibutuhkan hanya kemampuan presentasi dan koneksi internet yang lancar.

Mommies mungkin juga perlu memoles kemampuan public speaking agar tidak grogi saat berbagi ilmu di kelas online.

7. Social Media Manager

Media sosial adalah industri yang sangat baik untuk ibu bekerja yang paham digital. Posisi ini melibatkan penyusunan strategi pemasaran, merancang konten online, dan menjawab pertanyaan pelanggan. Tujuan utama Mommies adalah meningkatkan brand awareness.

Mommies tidak perlu pengalaman sebelumnya untuk menjadi manajer media sosial, namun mengetahui seluk beluknya akan membuat Mommies berbeda dengan pelamar lainnya. Bisa juga mempelajari lebih lanjut tentang pekerjaan ini melalui beberapa sumber online, seperti YouTube dan HubSpot.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Blazer untuk Perempuan, Mulai Harga Rp129.000!

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan