banner-detik
SELF

Bebas Kolesterol Saat Lebaran, Konsumsi 6 Buah Ini Pasca Makan Daging

author

Katharina Menge12 Apr 2024

Bebas Kolesterol Saat Lebaran, Konsumsi 6 Buah Ini Pasca Makan Daging

Setelah pesta daging saat Lebaran, maka akan baik jika mengonsumsi deretan buah-buahan ini untuk bantu turunkan kolesterol.

Di tengah momen Lebaran dan Idulftiri yang penuh bahagia, ada satu ketakutan yang menghantui, yaitu kolesterol. Yup, penyakit yang satu ini seringkali kembali muncul pasca mengonsumsi daging-dagingan dan makanan bersantan.

Apalagi saat bersilaturahmi dengan tetangga dan keluarga, godaan opor ayam dan daging rendang susah sekali untuk ditolak. Akibatnya kadar kolesterol dalam tubuh pun meningkat.

Hal ini semakin berbahaya, apalagi Kolesterol tinggi bisa memicu berbagai penyakit, mulai dari jantung, stroke, dan kondisi sirkulasi darah yang buruk. Tentu saja salah satu cara menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah dengan mengatur pola makan.

Namun gimana jadinya di saat Lebaran ini? Tenang, ternyata ada sederet buah yang baik dikonsumsi pasca makan daging untuk menurunkan kolesterol, lho.

BACA JUGA: Hindari Kolesterol Tinggi, Kenali Faktor Risiko Hingga Cara Mencegahnya

6 Buah yang Bantu Turunkan Kolesterol

Usahakan mengonsumsi buah berikut ini untuk membantu turunkan lemak jahat dalam tubuh, ya!

1. Apel

Mengonsumsi 100-150 gram apel utuh setiap hari bisa membantu membantu mengurangi risiko sakit jantung. Dikutip dari The Health Site, buah berwarna merah dan hijau ini adalah sumber serat larut, vitamin C, dan potasium yang baik.

Selain itu, apel juga kaya akan antioksidan tinggi sehingga dapat melindungi kesehatan jantung. Ditambah apel juga mengandung pektin yang sangat tinggi. Pektin diketahui berfungsi membantu mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan, lalu membawanya ke hati untuk dibuang.

kolesterol

Foto: Eat This Not That

2. Jeruk

Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung sekitar 2-3 g serat larut, serta nutrisi bermanfaat lainnya, seperti vitamin C, folat, potasium, dan juga pektin.

Seperti jenis serat larut lainnya, pektin membentuk massa lengket di perut yang memerangkap kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh Anda sebelum dapat diserap ke dalam aliran darah. Biasanya jika dibiarkan kondisi tersebut dapat berkontribusi terhadap penyumbatan arteri.

Penelitian observasional juga menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi jus jeruk secara signifikan dapat menurunkan kadar LDL total sebanyak 23 persen.

kolesterol

Foto: Healthline

3. Buah Beri

Menurut tim ilmuwan internasional dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, buah beri segar secara signifikan dapat mengurangi penumpukan LDL (low-density lipoprotein), penyebab penyakit jantung, stroke, dan aterosklerosis, suatu bentuk arteriosklerosis.

Blackberry memiliki efek penghambatan LDL tertinggi nomor satu. Dikuti oleh raspberry merah, ceri manis, blueberry dan stroberi, menurut Edwin Frankel, Ph.D., dari University of California di Davis.

kolesterol

Foto: Verry Well Health

Untuk melihat daftar buah lainnya, klik di sini!

BACA JUGA: 5 Resep Jus Penurun Kolesterol yang Sehat dan Enak

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan