banner-detik
LIFESTYLE

Liburan Seru dan Hemat, Ini 12 Tempat Wisata Terbaik di Jawa Tengah

author

Mommies Daily07 Apr 2024

Liburan Seru dan Hemat, Ini 12 Tempat Wisata Terbaik di Jawa Tengah

Sedang berpikir untuk mengunjungi beberapa tempat wisata Jawa Tengah? Berikut rekomendasi wisata terbaik di Jawa Tengah, biaya masuk ada yang gratis!

Jawa Tengah menyimpan pesona tersendiri yang membuatnya layak dikunjungi. Wilayah yang masih sejuk dan asri di beberapa kabupaten juga menjadi daya tarik jika Mommies dan keluarga ingin melepas penat dari ibu kota.

Karena luasnya wilayah Jawa Tengah, ada banyak pilihan wisata yang bisa dipilih untuk didatangi. Mulai dari wisata pegunungan hingga wisata laut. Selain itu, provinsi ini juga kaya akan sejarah sehingga banyak wisata edukasi yang cocok untuk anak. Kemajuan ekonomi dan pembangunan di Jawa Tengah juga memberikan beberapa opsi wisata kekinian seperti taman bermain atau wisata kuliner di restoran yang instagramable.

Destinasi Wisata di Jawa Tengah

Berikut beberapa tempat wisata Jawa Tengah terbaik yang bisa Mommies dan keluarga kunjungi.

1. Rumah Atsiri

Foto: Instagram @rumahatsiri

Salah satu wisata edukasi anak dan keluarga yang asri dan populer adalah Rumah Atsiri. Ini adalah tempat wisata di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Dulunya wilayah tersebut adalah pabrik citronella atau minyak atsiri yang jadi bahan dasar banyak produk aromatik.

Mommies dan keluarga bisa melihat banyak tanaman yang mempunyai fungsi aromatik, mengikuti berbagai workshop, dan juga tur museum Rumah Atsiri. Wilayahnya yang asri makin bikin betah untuk berlama-lama.

Alamat: Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Biaya tiket: Rp50.000 – Rp125.000

BACA JUGA: 7 Destinasi Wisata Edukasi Terbaik di Jabodetabek untuk Libur Lebaran Sekolah

2. Candi Umbul

Jawa Tengah punya banyak tempat historis yang manfaatnya masih bisa dipakai hingga saat ini. Salah satunya pemandian air panas di kabupaten Magelang, yaitu Candi Umbul. Candi ini dibangun sejak zaman Wangsa Syailendra, dan sampai sekarang sisa-sisa peninggalannya masih tetap dilindungi, loh.

Tempat pemandiannya memang tak begitu besar tapi juga tidak begitu dalam sehingga anak-anak masih bisa berendam dengan bebas.

Alamat: J7RW+5R2, Jl. Candi Umbul, Perkebunan, Kartoharjo, Kec. Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Biaya tiket: Rp5.000 – Rp10.000

3. Omah Kembang Merbabu

Masih di kawasan Magelang, ada destinasi wisata Jawa Tengah yang sedang viral di media sosial. Viral karena suasananya mirip seperti di Swiss, lengkap dengan langit biru cerah dan rumah mungil bergaya arsitektur Skandinavia.

Dikenal juga denan nama Omah Kembang Kopeng, sebenarnya wilayah ini adalah sebuah hotel dan cafe. Mommies bisa masuk secara gratis jika ingin foto-foto dan hanya membayar biaya makan dan minum di cafe.

Alamat: Jl. Ngablak – Grabag, Krangean, jogoyasan, Kec. Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Biaya tiket: Gratis

4. Pulau Menjangan Besar, Karimun Jawa

Tak perlu jauh-jauh ke Maldives, Indonesia juga punya keindahan pantai dan laut yang setara dengan wisata luar negeri tersebut yaitu Karimun Jawa. Pulau Menjangan Besar di Karimun Jawa cukup sering dikunjungi oleh para wisatawan asing dan domestik, karena ada tempat penangkaran hiu di tempat ini.

Alamat: Jl. Pelabuhan Jepara Jawa Tengah
Biaya tiket: Rp15.000

5. Candi Borobudur

Foto: wirestock on Freepik

Tak lengkap rasanya kalau main ke Jawa Tengah dan tidak mampir ke salah satu situs dunia yang terkenal. Salah satu candi Buddha terbesar di dunia ini memiliki arsitektur megah dan penting secara sejarah, serta menawarkan pemandangan indah terutama saat matahari terbit. Mommies juga bisa mengikuti tur yang mengajarkan sejarah lengkap tentang Borobudur.

Alamat: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Biaya tiket: Rp50.000 – Rp200.000

6. Saloka Park

Kalau Mommies bosan dengan wisata alam, bisa banget mengunjungi salah satu taman bermain tematik terbesar se-Jawa Tengah yaitu Saloka Park di Semarang. Ada 25 wahana dengan sentuhan kearifan lokal seperti wahana Kumbang Layang yang berbentuk sepeda udara yang dapat berputar 360 derajat.

Alamat: Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Biaya tiket: Rp120.000 – Rp150.000

BACA JUGA: MD Editorial Curated Picks: Serunya Wisata Kuliner di Kedai Kita

7. Museum De Tjolomadoe

Wisata bersejarah ini juga sempat viral karena keunikan arsitekturnya. Pabrik Gula Colomadu yang berhenti berproduksi pada 1998 kini telah direvitalisasi menjadi tempat wisata dan kawasan komersial populer yang hits bernama De Tjolomadoe. Untuk masuk ke sini gratis, tapi Mommies dikenakan biaya untuk menyewa scooter untuk berkeliling di sini.

Alamat: Jl. Adisucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Biaya tiket: Gratis

8. Museum Kereta Api Ambarawa

Bagi Mommies yang punya anak laki-laki dan gemar akan segala hal yang berhubungan dengan kereta api, wajib datang ke museum ini. Letaknya di kota Ambarawa, Jawa Tengah dan menyimpan banyak sekali koleksi lokomotif tua. Di jadwal-jadwal tertentu, ada juga layanan untuk naik lokomotif tua atau kereta api wisata dengan rute Ambarawa-Tuntang PP.

Alamat: Jl. Stasiun No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Biaya tiket: Rp30.000 – Rp150.000

9. Dairyland on the Valley

Wisata Jawa Tengah untuk anak ini terletak di kabupaten Semarang. Salah satu daya tarik utama Cimory Semarang adalah Dairyland Mini Zoo, yang menawarkan pemandangan indah peternakan dan perkebunan. Mommies dan keluarga juga dapat berinteraksi dengan hewan ternak, memberi makan, serta naik kuda atau kereta.

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Kec. Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Biaya tiket: Rp15.000 – Rp35.000

10. Umbul Ponggok

Foto: Instagram @ditayputri

Sempat viral di media sosial tentang foto-foto orang yang berada di dalam air. Rupanya itu diambil di Umbul Ponggok, Klaten. Merupakan kolam dengan mata air yang jernih, Mommies dan keluarga bisa mengambil foto di dalam air dengan berbagai properti yang unik.

Tak perlu takut tak bisa berenang karena kolam ini tak begitu dalam dan pengambilan foto juga ditemani orang profesional.

Alamat: Jl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten
Biaya tiket: Rp10.000 – Rp15.000

11. Mangrove Park Pekalongan

Mangrove Park Pekalongan merupakan tempat wisata edukasi hutan bakau yang diresmikan pada akhir tahun 2013 oleh Menteri Kehutanan kala itu. Saat berada di Mangrove Park Pekalongan Mommies bisa melihat tumbuhan tembakau dari dekat dengan mengitari kawasan naik banana boat.

Alamat: 4MRG+M27, Kandang Panjang, Pekalongan Utara, Jawa Tengah
Biaya tiket: Rp4.000

12. River Moon Klaten

Mau wisata alam yang agak menantang? Bisa mengikuti river tubing di River Moon Klaten. Aktivitas river tubing ini adalah menjelajahi sungai dengan menggunakan ban. Menyenangkan dan seru! Di kawasan ini juga tersedia banyak restoran yang bisa jadi pilihan wisata kuliner keluarga.

Alamat: Kali, Pusur, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Biaya tiket: Rp65.000 – Rp85.000

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata di Bandung, Seru Sekaligus Mendidik!

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: jcomp on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan