banner-detik
LIFESTYLE

7 Tempat Makan Enak di Jalur Mudik Pantura 2024 yang Murah Meriah

author

Mommies Daily05 Apr 2024

7 Tempat Makan Enak di Jalur Mudik Pantura 2024 yang Murah Meriah

Jangan lupa mencicipi berbagai tempat makan enak yang ada di jalur pantura ketika Mommies dan keluarga berencana mudik di Lebaran tahun ini!

Mampir ke tempat makan enak yang ada di jalur pantura jadi salah satu momen yang menyenangkan. Kegiatan itu menambah keseruan perjalanan mudik atau pulang kampung bersama keluarga.

Jalur Pantai Utara atau Pantura adalah kawasan yang dilalui oleh pemudik dari ibu kota menuju kota-kota besar di Pulau Jawa, yaitu Cirebon, Tegal, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Kudus, Pati, Gresik, Surabaya, dan Banyuwangi.

Nah, kalau Mommies berencana pulang kampung lewat jalur Pantura, maka wajib banget mencicipi berbagai kuliner yang ada di jalur tersebut. Berikut Mommies Daily berikan 7 rekomendasi tempat makan enak di jalur Pantura yang wajib dicoba.

BACA JUGA: 10 Tempat Makan Enak di Jalur Mudik Non Pantura yang Wajib Dikunjungi

7 Tempat Makan Enak di Jalur Mudik Pantura 2024

Jangan lupa mampir ke 7 tempat makan ini saat melewati jalur Pantura.

1. Empal Gentong Cirebon

Empal Gentong Cirebon menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat di perjalanan mudik. Empal Gentong terkenal dengan rasanya yang sangat kuat serta kuah segarnya sehingga cocok untuk dimakan pada siang hari atau menjadi pilihan menu buka puasa. Selain itu, Mommies juga bisa memilih isiannya sesuai selera, mulai dari daging sapi hingga daging yang dicampur dengan jeroan.

Mommies bisa menemukan banyak restoran di Cirebon yang menawarkan menu empal gentong, salah satunya adalah Empal Gentong Mang Darma.

Kisaran Harga: Rp25.000 – Rp35.000

tempat makan

Foto: Instagram/empalmangdarma

2. Sate Blengong Brebes

Sate ini menggunakan daging blengong yaitu hewan yang berasal dari perkawinan bebek dan entok. Makanan ini bertekstur seperti daging bebek yang punya banyak serat tetapi saat dikunyah memiliki tekstur yang lebih lembut daripada daging bebek.

Ada banyak warung makan sate yang menyajikan sate blengong di Brebes, tetapi salah satu yang wajib dicoba adalah Warung Kupat Sate Blengong Kasturi Rajak di Jalan K.H. Hasyim Ashari, Brebes.

Kisaran Harga: Rp25.000 – Rp40.000

tempat makan

Foto: Instagram/jogjacarimakan

3. Kupat Glabed Tegal

Sajian selanjutnya yang wajib dicoba adalah Kupat Glabed Tegal. Selain teh poci, Kota Tegal juga terkenal dengan kupat glabednya yang rasanya enak dan juara. Kupat glabed berisi potongan ketupat dan daging ayam suwir dengan kuah kental berwarna kuning dan ditaburi kerupuk berwarna kuning.

Mommies bisa mencoba Kupat Glabed Randugunting yang berlokasi di Jl. Ayam No.26, Randugunting.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp12.000

tempat makan

Foto: Instagram/kulinerbrebes

4. Nasi Grombyang H. Warso

Nasi Grombyang H. Warso adalah salah satu tempat makan enak di Pemalang yang wajib dicoba. Meski hanya disajikan di atas mangkuk kecil tapi tempat makan ini tetap ramai dikunjungi oleh para pemudik. Mommies juga bisa menikmati isiannya yang melimpah, yaitu potongan daging sapi atau kerbau, cincangan daun bawang, dan kelapa sangrai.

Nasi Grombyang H. Warso terletak di Jalan R.E. Martadinata No. Kelurahan, Pelutan, Pemalang.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp14.000

tempat makan

Foto: Instagram/kulinerpemalang

5. Nasi Megono Pekalongan

Nasi Megono adalah nasi hangat yang disajikan dengan sayur nangka cacah halus serta kelapa parut dan kecombrang. Rasa gurihnya dijamin bisa menggugah selera makan. Mommies bisa menikmatinya dengan ayam goreng, tongseng sapi, ayam kecap, dan tumis terong.

Warung Mbak Ibah adalah salah satu tempat makan Nasi Megono Pekalongan yang terkenal dengan rasa lezatnya. Warung ini berlokasi di Jl. Teratai No.81, Kota Pekalongan.

Kisaran Harga: Rp5.000 – Rp16.000

tempat makan

Foto: Instagram/pekalonganculinary

6. Warung Kepala Manyung Bu Fat Semarang

Sesuai dengan namanya, menu andalan yang wajib dicoba adalah kepala ikan manyung yang diasap lalu dimasak dengan kuah mangut khas Semarang. Mommies bisa menikmati perpaduan rasa yang nikmat dari kuah mangut dan daging di kepala ikan manyung yang beraroma smokey. Kepala ikan manyung memiliki tekstur daging yang lembut dan sedikit kenyal saat dimakan.

Gerai pusatnya berada di Jl. Ariloka, Krobokan, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kisaran Harga: Rp50.000 – Rp100.000

tempat makan

Foto: Instagram/kepalamanyung.bufat.semarang

7. Restoran Pringsewu

Mommies pasti sudah enggak asing lagi dengan Restoran Pringsewu yang berada di kawasan Pantura. Restoran ini bisa ditemukan di berbagai titik, mulai dari jalur jalan raya Pantura sampai di rest area tol. Tingkat kenyamanan di restoran ini sudah tidak perlu diragukan lagi, karena restoran ini cukup nyaman dan luas untuk beristirahat sejenak dari jalanan yang ramai.

Mommies bisa mencoba berbagai menu lokal Indonesia, yaitu nasi rawon, pindang ikan, pepes, sate, dan lainnya.

Kisaran Harga: Rp40.000 – Rp100.000

tempat makan

Foto: Instagram/resto_pringsewu

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Kuliner di Pandeglang dan Pangandaran, Cocok Dikunjungi Saat Liburan

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan