banner-detik
LIFESTYLE

5 Cara Jitu Atur Keuangan dengan Belanja Hemat, Ada Cashback hingga Rp1 Juta!

author

Katharina Menge28 Mar 2024

5 Cara Jitu Atur Keuangan dengan Belanja Hemat, Ada Cashback hingga Rp1 Juta!

Harga kebutuhan pokok masih mengalami kenaikan dan perlu trik pintar bagi para Mommies untuk menyiasati pengeluaran dengan belanja hemat. Ini caranya!

Menjelang Lebaran, harga pangan terus mengalami kenaikan. Bahkan dilansir dari data Panel Harga Badan Pangan Nasional (Bapanas), per Senin (25/3) pagi harga beras premium mengalami kenaikan sebesar 2,26% menjadi Rp16.720 per kilogram, sementara harga beras medium naik 1,97% menjadi Rp14.490 per kilogram.

Tak hanya itu, harga kedelai biji kering hingga bawang juga mengalami kenaikan 4-10%. Sedangkan produk unggas, mulai dari daging ayam sampai telur ayam terkena kenaikan dari 6-9%.

Melihat kenaikan harga kebutuhan pokok ini tentu saja bikin kepala Mommies pusing, kan? Padahal semua itu yang paling dibutuhkan untuk kehidupan keluarga sehari-hari.

Untuk mengatasi harga kebutuhan pokok yang terus meningkat menjelang Lebaran ini, Blibli menggelar program Tiap Hari Rayain (THR) Ramadan yang berlangsung hingga 1 April 2024.

Mommies bisa belanja murah untuk deretan produk kebutuhan pokok di Bliblimart dengan harga terbaik, mulai dari beras Sumo, Hoki, Raja Platinum, dan Anak Raja. Dapatkan juga minyak Sania berbagai kebutuhan pokok lainnya dengan diskon maksimal.

Setiap harinya tersedia Voucher Gercep dengan potongan hingga 90%, gratis ongkir tanpa minimum belanja, diskon hingga Rp100 ribu dan cashback hingga Rp1 Juta. Bisa pilih opsi pengiriman cepat (instant, sameday, express) dan 2 jam sampai agar pesanan Mommies segera tiba. Cocok banget, nih, berburu diskon sambil menunggu waktu berbuka puasa.

BACA JUGA: 10 Tipe Ibu Saat Belanja Online, Nomor 3 Paling Relate!

Tips Jitu Mengatur Keuangan Saat Harga Kebutuhan Pokok Naik

Pastikan Mommies mengecek deretan tips ini supaya bisa menghemat pengeluaran keuangan di kala harga kebutuhan pokok meroket, terlebih menjelang Lebaran!

1. Buat daftar belanjaan dan menu

Baik belanja online atau offline, masalah yang sering timbul adalah belanja produk yang tidak dibutuhkan. Jadi penting sekali untuk membuat daftar produk yang perlu dibeli seperti sirup Marjan, biskuit Regal, stok Indomie goreng hingga bumbu rendang instan Munik. Dengan begitu keuangan Mommies tidak ada bolong dan jauh lebih hemat.

Selain itu, bisa jauh lebih hemat ketika sudah tahu akan masak apa. Jadi, sudah bisa mengira bahan makanan apa saja yang perlu dibeli lebih banyak atau dimanfaatkan untuk menu selanjutkan dengan dibekukan. Pertimbangan ini bisa membuat pengeluaran lebih hemat, lho!

2. Bandingkan harga

Jangan ragu untuk membandingkan harga kebutuhan pokok di beberapa toko atau platform online. Apalagi dengan belanja online Mommies bisa jauh lebih mudah untuk membandingkan satu produk dengan yang lainnya.

3. Dahulukan produk lokal

Selain karena berkualitas tinggi, produk impor biasanya punya harga yang lebih mahal. Mungkin jika Mommies dan keluarga biasa mengonsumsi bahan makanan impor maka tidak ada salahnya beralih ke produk lokal.

Sebab sudah ada banyak produk lokal, mulai dari beras hingga gula, yang kualitasnya tak kalah bagus tapi seringkali dipandang sebelah mata. Untuk harga tentu dijamin jauh lebih murah. Seperti beras, Mommies bisa beralih ke beras Sumo, Hoki, Raja Platinum, dan Anak Raja. Untuk minyak goreng, Mommies bisa coba Sania.

4. Cari diskon

Ini yang penting untuk diperhatikan. Cek dimana saja ada promo belanja sehingga membuat harga kebutuhan masak yang ingin dibeli jadi lebih murah dengan cashback hingga Rp1 Juta, hingga gratis ongkir tanpa minimum belanja. Buru semuanya untuk meminimalkan pengeluaran belanja kebutuhan pokok.

5. Manfaatkan cashback

Cashback adalah salah satu jalan keluar untuk berhemat, terlebih ketika harga sedang tinggi. Akan lebih baik jika Anda bisa menemukan cashback tanpa minimum pembelian. Apakah kembali dalam bentuk uang atau poin, semuanya masih bisa digunakan lagi untuk pembelanjaan berikutnya, lho!

Lebih nyaman, Mommies bisa gunakan Click & Collect di jaringan Ranch Market dan Farmers Market untuk Mommies yang ingin langsung mengambil belanjaannya dengan cepat. Jangan lewatkan kesempatan produk harga makin murah dengan Blibli Tiket Rewards di Blibli, tiket.com, Ranch Market & Farmers Market. Tukarkan poinnya saat transaksi produk yang diinginkan ya.

Sangat memudahkan dan bikin hemat waktu! Kalau begitu jangan ragu untuk langsung belanja di Bliblimart!

BACA JUGA: Belanja Bulanan Sering Boros? Ini Penyebabnya!

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan