banner-detik
LIFESTYLE

8 Lip Serum Terbaik untuk Usia 30-an, Hindari Penuaan dan Kerutan Bibir!

author

Mommies Daily27 Mar 2024

8 Lip Serum Terbaik untuk Usia 30-an, Hindari Penuaan dan Kerutan Bibir!

Bukan hanya wajah, bibir juga perlu dijaga dari penuaan dini alias lip aging. Cek tanda dan cara mengatasinya, serta tips dan rekomendasi lip serum terbaik!

Ngaku deh, Mommies, kalau masalah skincare biasanya yang diperhatikan hanya, wajah, mata, dan tubuh. Jarang sekali ada yang memperhatikan kondisi bibir dan memberikan skincare khusus untuk bibir. Padahal, penelitian menunjukkan bahwa bibir adalah salah satu area pertama dan paling menonjol yang menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Penuaan pada bibir disebut lip aging. Apa yang menyebabkan lip aging? Seiring bertambahnya usia, kolagen pendukung, bantalan lemak, dan otot-otot di dalam dan di sekitar area bibir terus berkurang, menghasilkan bibir yang lebih tipis dan kerutan bibir.

Jika Mommies sudah memiliki bentuk bibir yang tips, maka lip aging bisa membuatnya semakin tipis. Tentu membuat kepercayaan diri Mommies berkurang, ya. Tenang Mommies, ada cara mengatasi lip aging, tapi lebih dulu kenali penyebabnya.

5 Penyebab Lip Aging

Ada 5 penyebab paling umum terjadinya lip aging.

  1. Kehilangan kolagen. Seperti sudah dijelaskan sedikit di atas, bibir tipis adalah bagian dari proses penuaan alami karena kadar kolagen yang menipis di kulit. Ketika bibir kehilangan kolagen, bibir akan mulai menipis dan berkerut.
  2. Paparan sinar matahari. Terlalu banyak paparan sinar matahari tidak hanya membuat bibir dehidrasi tetapi juga menyebabkan kerusakan kolagen.
  3. Gaya hidup juga berkontribusi, misalnya kebiasaan merokok atau menggunakan sedotan saat minum akan membuat kerutan pada bibir tampak lebih cepat.
  4. Masalah gigi. Masalah gigi, seperti kerusakan gigi, dapat merusak struktur pendukung gigi, yang dapat membuat bibir tampak lebih tipis.
  5. Kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, membuatnya tampak lebih tipis. Penting untuk mencapai tingkat vitamin B yang cukup, terutama B12, untuk kesehatan kulit.

Namun dari semua faktor tersebut, kerusakan akibat sinar UV dianggap sebagai yang paling mempercepat lip aging.

Foto: Racool_studio on Freepik

Tanda-tanda Lip Aging

Nah, biasanya tanda-tanda lip aging ini dimulai dari usia 30 hingga 40, Mommies. Biasanya tanda yang terlihat tidak signifikan tapi kalau dibiarkan bisa bahaya. Berikut adalah beberapa cara tanda-tanda lip aging yang muncul di bibir:

  • Bibir atas tampak memanjang
  • Ada garis-garis vertikal pada bibir atas
  • “Garis lipstik” vertikal atau kerutan yang muncul pada bibir itu sendiri
  • Sudut mulut (komisura oral) menipis, melebar, dan turun

Kalau tanda-tanda di atas sudah terlihat, segera lakukan perawatan untuk mencegah lip aging.

Cara Mengatasi Lip Aging dan Rekomendasi Skincare untuk Bibir

Ketika berbicara tentang cara mencegah lip aging, maka sudah pasti kita berbicara tentang lip care, lip serum terbaik, pokoknya segala macam skincare untuk bibir, deh! Namun Mommies juga harus mulai membiasakan tips cegah kerutan bibir ini.

  • Jaga bibir tetap terhidrasi. Memasukkan kebiasaan menghidrasi bibir ke dalam rutinitas harian Anda akan membantu mencegah keriput dan meningkatkan produksi kolagen.
  • Mengenakan pelembab bibir yang menghidrasi dan minum banyak air setiap hari akan membuat perbedaan dari waktu ke waktu.
  • Hindari merokok. Menghentikan kebiasaan merokok akan mengembalikan elastisitas dan kolagen pada kulit, sehingga membantu bibir tetap kenyal.
  • Jaga kebersihan gigi yang baik. Menyikat gigi dan menggunakan dentl floss serta mengunjungi dokter gigi untuk pembersihan gigi secara rutin dapat membantu menjaga bibir dari penuaan dini.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Lipstik yang Melembapkan dan Bikin Bibir Segar Seharian

Rekomendasi Lip Serum Terbaik

Biar lebih afdol, Mommies juga bisa menggunakan berbagai lip care. Ya, ternyata ada banyak produk anti aging untuk bibir yang terdiri dari lip serum dan lip care. Kuncinya, cari yang memberikan kelembapan sebagai ganti kolagen dan juga memiliki UV untuk menjaga bibir terpapar langsung sinar matahari.

Berikut ini rekomendasi lip serum terbaik untuk cegah kerutan bibir.

1. The Originote Lip Oil Serum

Kalau punya bibir hitam cocok untuk mencoba lip serum satu ini. Dilengkapi dengan UV filter, bibir akan terlindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu juga mengandung ekstrak grapefruit yang membantu mencerahkan warna bibir secara berkala. Harganya pun terjangkau, yaitu Rp65.000 tapi sering diskon, loh.

2. Y.O.U Colorland Icy Glow Lip Serum

Yang punya bibir kering juga bisa pakai lip serum satu ini. Berkat formula hyaluronic acid, bibir Mommies tetap terhidrasi sepanjang hari. Bisa didapatkan dengan harga murah, Rp45.500 saja.

3. Sulwhasoo Essential Lip Serum Stick

Lip serum dari Sulwhasoo ini dipercaya banyak perempuan karena langsung menghidrasi dan menutrisi bibir. Lip serum yang menjaga kelembapan bibir dengan pilihan warna natural, sehingga Mommies bisa memakainya kapan saja. Bisa dibeli seharga Rp560.000 di outlet resmi.

4. Indoganic Beauty Lip Oil Serum

Jika Mommies sering memakai lipstik, maka bisa pakai lip serum ini dulu sebelum pakai lipstik favorit. Diperkaya dengan vitamin c, minyak argan, dan ceramide untuk bibir yang sehat dan kenyal. Indoganic Beauty Lip Oil Serum dijual dengan harga Rp89.000.

BACA JUGA: Rahasia Wajah Terlihat Lebih Muda, dari Gaya Rambut hingga Makeup

5. Dermies Hello Glow by ERHA ft SOSRO FlirTEA Lip Serum

Kerja sama beauty brand satu ini sungguh menarik dan pas untuk atasi lip aging. Lip Serum yang diformulasikan dengan Ekstrak Teh Sosro asli serta dikombinasikan dengan Amino Acid dan Vitamin E. Sangat efektif membantu menyamarkan tampilan kerutan dan menjaga kelembapan di area bibir. Harganya pun hanya Rp72.800.

6. Rosé All Day Tripeptide Lip Care

lip serum terbaik

Lip care satu ini punya kemasan unik yang gampang dibawa ke mana-mana. Diformulasikan dengan 360° Lip Solution, Triple Advanced Peptides yang saling melengkapi untuk meningkatkan kilau bibir, meningkatkan hidrasi, dan meminimalkan garis-garis pada bibir Mommies. Buruan beli, hanya Rp79.000.

7. Gentle Hour Lip It Up Nourishing Lip Oil

lip serum terbaik

Terkadang lip care mempunyai kandungan oil yang lengket di bibir, tapi tidak dengan produk ini. Lip care ini dikemas dengan perpaduan unik dari 5 minyak bergizi, vitamin E, & filter UV yang menghaluskan, dan melindungi sekaligus menambah kilau ekstra pada bibir. Bisa didapatkan dengan harga Rp119.000.

8. Emina Watercolor Lip Serum

lip serum terbaik

Murah dan berguna, inilah lip serum yang tak hanya bisa Mommies pakai tapi juga belikan untuk putri tercinta. Dengan harga sekitar Rp30.000, Mommies bisa melindungi bibir dari paparan sinar UV sekaligus mempercantik warna bibir.

BACA JUGA: Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Skincare

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: rawpixel.com on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan