banner-detik
SELF

10 Suplemen Terbaik untuk Wanita Usia 50 Tahun ke Atas, Bikin Bugar dan Berenergi

author

Fannya Gita Alamanda25 Mar 2024

10 Suplemen Terbaik untuk Wanita Usia 50 Tahun ke Atas, Bikin Bugar dan Berenergi

Suplemen terbaik ini akan bantu Anda menjalani hidup dengan lebih berkualitas dan tubuh lebih bugar di usia 50 tahun ke atas.

Seiring bertambahnya usia, kebutuhan nutrisi Anda berubah. Anda memerlukan lebih banyak vitamin dan mineral tertentu dan lebih sedikit vitamin dan mineral lainnya. Inilah sebabnya mengapa suplemen yang diformulasikan untuk wanita dewasa berbeda dengan rata-rata multivitamin harian Anda.

Misalnya untuk wanita usia 50 tahun ke atas akan memerlukan asupan kalsium, magnesium, dan vitamin D3 harian yang lebih tinggi.

National Institutes of Health menjelaskan, vitamin D dan kalsium memastikan tulang Anda tetap kuat dan sehat, asam lemak omega-3 yang diperoleh dari minyak ikan dapat bermanfaat bagi Anda yang menderita penyakit jantung, dan magnesium akan membantu Anda menikmati tidur yang lebih nyenyak.

BACA JUGA: Skincare dan Perawatan Wajah Terbaik untuk Usia 50-an, Rekomendasi Pakar!

10 Suplemen Terbaik untuk Wanita Usia 50 Tahun ke Atas

Idealnya, Anda akan mendapatkan semua nutrisi dari diet seimbang dari makanan yang Anda santap, tetapi saat Anda memasuki usia 50 tahun ke atas, perubahan hormonal membuat pencapaian jumlah target vitamin dan mineral tertentu menjadi lebih sulit.

Sepuluh suplemen ini akan membantu tubuh Mommies melalui masa-masa sulit dengan lebih mudah dan sehat.

1. Magnesium – Nature Made Magnesium Glycinate

Suplemen terbaik pertama untuk wanita di atas 50 tahun adalah magnesium. Magnesium adalah kunci untuk banyak fungsi tubuh, seperti fungsi otot dan saraf, produksi energi, dan membantu Anda tidur dengan pulas.

2. Probiotic – HUM Gut Instinct

Mikrobioma usus berdampak besar pada kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Jadi, sangat masuk akal jika Anda perlu suplemen pendukung seiring bertambahnya usia. Penelitian menunjukkan bahwa mikrobioma usus dapat menjadi indikator utama penuaan yang sehat.

50 tahun ke atas

3. Omega 3 – Centrum Multi + Omega-3

Asam lemak omega-3, yang dapat ditemukan dalam minyak ikan, ikan berlemak, dan telur akan meningkatkan aliran darah, mengatasi peradangan kronis yang berhubungan dengan diabetes, kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer. Suplemen omega-3 yang berkualitas sebagian besar akan mengandung DHA dan EPA yang menjaga kesehatan jantung dan mata, serta otak.

50 tahun ke atas

4. Kalsium – Nature’s Way Alive! Women’s 50+ Complete Multivitamin

Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, spesialis bersertifikat di bidang dietetika olahraga, penulis The Sports Nutrition Playbook, berbagi manfaat mengonsumsi suplemen kalsium saat usia Anda melewati 50. Setelah menopause, tulang Anda rusak lebih cepat dibandingkan proses pemulihannya. Hal ini dapat menyebabkan osteoporosis, oleh karena itu penting untuk tetap mengonsumsi kalsium harian yang direkomendasikan.

5. Vitamin D – Pure Encapsulations Vitamin D3 250 mcg (10,000 IU)

Untuk meningkatkan kesehatan tulang, vitamin D adalah nutrisi penting dan merupakan salah satu suplemen terbaik untuk wanita berusia di atas 50 tahun. Selain itu, kecukupan vitamin D dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti penyakit autoimun, penyakit jantung, dan kanker.

Asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita di atas 50 tahun berkisar antara 600-800 IU, atau 15 hingga 20 mcg.

6. Kolagen – Oweli Multi Collagen Peptides

Suplemen terbaik berikutnya untuk wanita usia 50 tahun ke atas adalah kolagen. Kolagen adalah penting untuk kesehatan sendi, tulang, dan kulit Anda. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen menurun—terutama setelah Anda menopause. Hal ini dapat mempercepat proses penuaan dengan menyebabkan sendi kaku, keriput, dan penurunan kepadatan mineral tulang.

7. Protein – Dymatize ISO 100 Whey Protein Powder

Menurut penelitian, Anda bisa kehilangan 3% hingga 8% massa otot setiap dekade setelah menginjak usia 30. “Meskipun dianjurkan untuk mengonsumsi protein berkualitas tinggi dari makanan hewani seperti daging sapi, ikan, daging babi, unggas, telur, dan susu, beberapa wanita berusia 50-an dapat memilih suplemen bubuk protein untuk meningkatkan asupan protein secara keseluruhan.

Bubuk protein dapat membantu meningkatkan protein pada makanan yang secara alami tidak mengandung protein dalam jumlah tinggi seperti smoothie buah, oatmeal, dan berbagai makanan yang dipanggang.

50 tahun ke atas

8. Vitamin E – Solgar Natural Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel Anda. Vitamin E melindungi kulit dari penuaan, peradangan dan kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin E juga bagus untuk kesehatan rambut dan kulit kepala dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

50 tahun ke atas

9. Lutein & Zeaxanthin – Pure Encapsulations Lutein/Zeaxanthin

Jika Anda berusia 50 tahun ke atas, maka sekaranglah saatnya untuk melindungi mata dari berbagai masalah seperti degenerasi makula, yaitu penyebab utama kebutaan dan gangguan penglihatan, sekaligus melakukan apa yang Anda bisa untuk meningkatkan penglihatan sehari-hari.

Suplemen berkualitas yang dirancang untuk meningkatkan dan melindungi penglihatan mengandung bahan-bahan seperti zeaxanthin dan lutein. Sayangnya, tubuh manusia tidak secara alami menghasilkan lutein dan zeaxanthin yang dibutuhkan, sehingga mengonsumsi suplemen ini setiap hari adalah cara efektif untuk melindungi kesehatan mata Anda.

10. CoQ10 / Ubiquinol – Qunol Ultra CoQ10, 100mg softgels

Co-Enzyme Q10 penting untuk fungsi tubuh yang optimal dan dibutuhkan oleh setiap sel di tubuh kita. Salah satu manfaat paling penting dari Co-Enzyme Q10 adalah kemampuannya untuk meningkatkan produksi energi.

Co-Enzyme Q10 juga merupakan antioksidan yang sangat kuat, yang membantu menetralisir radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif, dapat merusak jaringan dan kemungkinan materi genetik di dalam sel. Co-Enzyme Q10 telah terbukti bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung, regulasi gula darah, serta membantu menurunkan tekanan darah.

50 tahun ke atas

BACA JUGA: 5 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba untuk Usia 50-an ke Atas, Cocok untuk Para Pensiunan

Cover: Freepik

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan