banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

Suami Tolong Peka, Ini Arti Jawaban Terserah dan Gapapa dari Istri

author

Sisca Christina24 Mar 2024

Suami Tolong Peka, Ini Arti Jawaban Terserah dan Gapapa dari Istri

Buat suami yang sering dibuat bingung dengan jawaban terserah dan gapapa dari istri, cobalah mengerti arti jawaban terserah yang sebenarnya ini.

Kata “terserah” dan “gapapa” yang sering diucapkan istri kepada suami ini sering memicu pertengkaran suami istri. Betapa tidak? Suami nanya mau makan apa, istri bilang terserah. Tapi begitu suami sodorkan serangkaian opsi, istri nggak pernah approved! Istri nggak jelas, suami nggak paham. Familiar dengan situasi ini nggak, mommies?

Sebetulnya, di balik kata terserah dan gapapa, terkandung makna dan emosi tertentu. Bisa saja sedang malas, kesal, atau malah sedih. Pada saat itu, sebenarnya istri lagi pengen suami ambil alih urusan tertentu dan peka terhadap situasi atau perasaan yang sedang istri rasakan.

Buat bantu para suami agar lebih mengerti apa arti jawaban terserah dan gapapa ini, yuk simak penjelasan berikut.

Arti jawaban terserah dari istri

1. Ingin suami saja yang memutuskan

Terserah bisa berarti saat itu istri sedang malas untuk berpikir dan memutuskan sesuatu. Bisa saja lagi kelelahan, nggak bergairah, mood swing akibat PMS, dan berharap suami bisa mengambil alih untuk urusan dan keputusan yang di anggap udh biasa, seperti menentukan resto atau menu makan malam, atau harus pakai baju apa saat pergi.

2. Sebal karena suami nggak juga paham

Nah, penting nih buat para suami. Istri berharap suami juga bisa memerhatikan hal-hal yang berkaitan dengan anak-anak, rumah tangga, dan hal lainnya yang istri lakukan. Jadi bukan mentang-mentang porsi istri lebih banyak melakukannya, lalu suami cuek. Saat istri berhalangan, suami lalu kebanyakan nanya. Maka keluarlah kata “terserah” karena istri capek suami selama nggak memerhatikan.

3. Tidak peduli

Ini biasanya terjadi setelah perdebatan yang panjang, tak mencapai kesepakatan dengan suami. Akhirnya istri tak mau lagi menaruh perhatian pada persoalan tersebut.

4. Terbuka dengan usulan suami

Arti jawaban terserah nggak selamanya negatif. Saat sedang tenang berdiskusi, berbagai pilihan rencana biasanya muncul, dibahas plus minusnya. Jika usulan suami baik, istri pun terbuka dengan itu.

5. Memercayakan pada keputusan suami

Untuk hal-hal yang besar seperti membeli aset atau investasi untuk keluarga atau rencana suami pindah kerja, seringkali istri menyerahkan keputusan kepada otoritas suami. Tentunya didahului dengan diskusi bersama, ya. Terkadang istri menganggap suami lebih paham tentang investasi atau lebih paham situasi pekerjaannya, sehingga menyerahkan keputusan akhir pada sang suami.

Baca juga: 10 Ucapan Suami yang Bikin Istri Sakit Hati

Arti jawaban gapapa dari istri

1. Memang nggak ada apa-apa

Sebetulnya memang nggak ada apa-apa dari istri. Namun, bisa saja suami justru yang sedang sensitif, sehingga kalimat gapapa diartikan lain.

2. Malas bicara dan menjelaskan panjang lebar

Lagi nggak mood buat menjelaskan duduk perkara yang sebetulnya sudah jelas. Apalagi kalau endingnya udah jelas bakal gimana. Jadi, bilang “gapapa” adalah salah satu jalan ninja istri buat mengakhiri percakapan.

3. Sedang marah dan butuh waktu sendiri

Istri sedang butuh waktu untuk menyelami perasaannya dan kemarahannya pada suami. Baiknya, daddies kasih waktu sejenak buat istri tanpa diganggu. Kalau sudah tenang, baru ajak bicara lagi.

4. Ingin suami berusaha lebih untuk mengajak bicara

Tak semua istri mampu mengungkapkan perasaannya. Ada istri yang perlu ditanya berulang kali, baru bisa terbuka dan menjelaskan apa yang ia rasakan perlahan-lahan. Jangan mudah menyerah, ya dads!

5. Hanya butuh pelukan

Saat bilang gapapa, kadang istri sesimpel butuh pelukan hangat aja dari suami, tanpa perlu menjelaskan apa-apa. Kalau tangisan menyeruak, atau istri terlihat lebih lega dan tenang, fix, suami sudah memberi rasa aman yang dibutuhkan istri.

Gimana daddies, masih sulit menerjemahkan arti jawaban terserah dan gapapa dari istri, nggak, nih? Buat para istri, perlu juga belajar buat lebih komunikatif, karena jawaban terserah dan gapapa tak selalu bisa mewakili maksud yang sesungguhnya. Ingat, komunikasi selalu jadi kunci penting hubungan, bukan?

Cover: Image by tirachardz on Freepik

Baca juga: 7 Kalimat Gaslighting dalam Hubungan, Jangan Sampai Terucap!

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan