banner-detik
LIFESTYLE

Stop! Hindari 15 Makanan Ini Kalau Nggak Mau Cepat Tua!

author

Mommies Daily20 Mar 2024

Stop! Hindari 15 Makanan Ini Kalau Nggak Mau Cepat Tua!

Penuaan memang tak bisa dihindari, tapi kalau konsumsi deretan makanan ini bisa membuat Mommies cepat tua, loh. Kurangi mulai sekarang, yuk!

Penuaan tidak dapat dihindari dan akan terjadi pada kita semua suatu hari nanti. Namun, jika Mommies mengonsumsi makanan yang salah, hal itu bisa terjadi lebih cepat dari yang seharusnya.

“Penuaan biologis mengacu pada kemunduran karakteristik fungsional secara bertahap di tingkat sel dan molekuler, yang dapat dipengaruhi oleh faktor gaya hidup, termasuk pola makan,” kata Danielle Crumble Smith, RD, seorang ahli diet dari Top Nutrition Coaching, seperti dikutip dari EatThisNotThat.

Ya, gaya hidup khususnya makanan memang bisa membuat penuaan dini dan masalah kulit lainnya. Misalnya saja, kalau Mommies gemar makan gorengan dan fast food maka akan rentan berjerawat. Untuk itu, yuk jauhi 15 makanan yang bisa mendorong penuaan ini.

Makanan yang Menyebabkan Cepat Tua

Jika terlalu sering dikonsumsi, beberapa makanan ini bisa bikin Mommies cepat tua dan wajah keriput sebelum waktunya.

1. Gula

Foto: Suzy Hazelwood on Pexels

Gula adalah pemicu terkenal dari banyak masalah kesehatan, termasuk peningkatan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2. Gula juga merupakan penyebab utama penuaan pada kulit.

Hal ini karena ia bereaksi dengan protein dalam tubuh untuk menciptakan senyawa yang disebut advanced glycation end products atau AGEs. Senyawa ini telah ditemukan berperan dalam penuaan dengan merusak kolagen dan elastin tubuh.

BACA JUGA: 8 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin K, Bagus untuk Tulang!

2. Kedelai

Kedelai memiliki kandungan senyawa tanaman yang disebut fitoestrogen yang tinggi, yang memiliki struktur kimia yang mirip dengan hormon estrogen. Hal ini dapat membingungkan tubuh karena mengira senyawa ini adalah estrogen, yang dapat menyebabkan efek samping hormonal yang tentu saja dapat membuat Mommies merasa seperti menua.

3. Sosis

Tingginya kadar lemak dan natrium yang ditemukan dalam sosis dan daging olahan dapat menyebabkan masalah sirkulasi dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Karbohidrat olahan

Karbohidrat tak selalu buruk karena masih ada yang baik untuk tubuh. Justru yang harus Mommies hindari adalah karbohidrat olahan yang sangat diproses seperti roti putih kemasan, donat, kue kering, biskuit, keripik, dan makanan “instan”.

Makanan ini memicu peradangan, tidak memiliki nilai gizi, dan mengandung sedikit atau bahkan tidak ada serat. Meningkatkan serat dapat meningkatkan produksi bakteri usus yang menguntungkan, yang dapat bermanfaat bagi seluruh sistem tubuh dan menghasilkan kulit yang lebih sehat, loh!

5. Gorengan

Foto: Pixabay on Pexels

Gorengan memang enak, ya, tapi jangan makan kebanyakan Mommies karena bisa memicu penuaan dini. Pasalnya, ketika makanan digoreng dengan minyak panas, makanan tersebut melepaskan radikal bebas yang merusak kulit dan menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya dengan cepat.

Yang lebih buruk lagi, makanan ini mengandung lemak trans dan lemak terhidrogenasi yang berbahaya, yang mengurangi fluiditas sel, membebani kerja hati, dan meningkatkan peradangan.

6. Saus dan bumbu olahan

Saus dan bumbu olahan seperti saus tomat, mayones, saus salad yang dibeli di toko, dan lain-lain mengandung banyak gula, garam, dan pengawet, yang diketahui dapat menyebabkan penyakit. Semua itu tidak akan membuat tubuh tetap awet muda dan sehat!

7. Buah kaleng

Memang buah-buahan itu sehat, tetapi buah kalengan yang dikemas dengan sirup, kurang begitu sehat, karena mengandung banyak gula yang dapat membuat tubuh stres dan membuat Mommies menua lebih cepat.

8. Alkohol

Alkohol membuat tubuh dehidrasi, sehingga ketika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, dapat menyebabkan percepatan penuaan. Selain mengeringkan kulit, racun dapat menumpuk di hati dan menyebabkan kulit kusam serta keriput.

9. Tepung

Termasuk dalam makanan olahan dan advanced glycation end products atau AGEs, tepung menjadi salah satu bahan dasar dari banyak makanan. Tepung putih biasa memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang menyebabkan inflamasi di seluruh tubuh.

Inflamasi secara langsung terkait dengan penuaan, jadi sebisa mungkin pilihlah tepung gandum utuh atau tepung lain yang tidak dimurnikan.

BACA JUGA: 8 Bahan Makanan Wajib Ada di Rumah Selama Puasa, Mudah Diolah dan Tahan Lama!

10. Roti putih

Foto: Cats Coming on Pexels

Karena kandungan olahan yang tinggi, roti putih dapat menyebabkan peradangan atau inflamasi pada tubuh yang berkaitan dengan proses penuaan. Jika Momies pencinta roti, cobalah alternatif lain dari roti tradisional, seperti gandum utuh dan pilihan biji-bijian, serta yang tidak mengandung gula.

11. Minuman bersoda

Minuman bersoda biasanya mengandung gula dalam jumlah tinggi, yang dapat menyebabkan masalah sistem saraf dan obesitas. Stres yang ditimbulkan oleh masalah-masalah ini pada tubuh membuat segalanya menua lebih cepat dan melemahkan pertahanan terhadap penyakit.

12. Makanan cepat saji

Tidak mengherankan jika makanan cepat saji seperti burger dan pizza adalah penyebab utama dalam mempercepat proses penuaan. Banyak dari menu-menu fast food mengandung banyak gula, lemak, bahan buatan, dan bahan kimia, yang semuanya berkontribusi terhadap obesitas, serangan jantung, dan diabetes.

13. Makanan pedas

Karena panas dari rempah-rempah meningkatkan peradangan dalam tubuh, makan makanan pedas dapat membuat kulit menjadi merah dan rentan terhadap noda atau flek hitam. Hal ini juga dapat menyebabkan jerawat dan berjerawat serta mempercepat proses penuaan.

14. Makanan asin

Meskipun garam sangat penting bagi tubuh kita, mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh yang dapat mempercepat penuaan. Selain itu, konsumsi makanan asin secara teratur dapat menyebabkan hilangnya air dari kulit sehingga membuatnya menua lebih cepat.

15. Produk susu

Produk susu termasuk keju bisa meningkatkan peradangan pada beberapa orang, yang dapat menyebabkan stres, salah satu penyebab utama penuaan. Beberapa penelitian bahkan mengaitkan diet rendah susu dengan berkurangnya kerutan akibat sinar matahari.

BACA JUGA: Bikin Lemot, Ternyata 4 Makanan Ini Bisa Menurunkan Kecerdasan Otak

Meskipun ada beberapa makanan tertentu yang dapat menyebabkan penuaan lebih cepat, perlu diingat bahwa moderasi adalah kunci dari diet sehat. Melakukan perubahan sederhana dan makan dengan penuh kesadaran dapat sangat membantu Mommies untuk tetap awet muda.

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: wayhomestudio on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan