banner-detik
LIFESTYLE

7 Film Inspiratif tentang Perempuan yang Penuh Perjuangan, Wajib Tonton

author

Mommies Daily08 Mar 2024

7 Film Inspiratif tentang Perempuan yang Penuh Perjuangan, Wajib Tonton

Rayakan Hari Perempuan Internasional dengan menonton film inspiratif tentang perempuan bersama keluarga dan sahabat di rumah.

Film bisa menjadi media yang tepat untuk menyampaikan pesan tertentu melalui audio visualnya. Para crew yang terlibat, seperti penulis, produser, sutradara, dan pemainnya memiliki peran penting dalam menyampaikan makna film kepada penontonnya. Ada beberapa genre yang paling disukai oleh para penonton, yaitu action, drama, komedi, dan horor.

Tak hanya itu, sekarang dunia perfilman juga mulai merepresentasikan perjuangan perempuan untuk mewujudkan keadilan dalam berbagai aspek kehidupan agar bisa setara layaknya pria. Dibuatnya film-film tentang perempuan ini bertujuan untuk memberikan wawasan pada masyarakat agar lebih aware dengan perjuangan perempuan dalam meraih cita-citanya.

Rekomendasi Film tentang Perempuan yang Menginspirasi

Bertepatan dengan hari perempuan nasional, Mommies Daily pun merangkum 7 rekomendasi film tentang perempuan yang inspiratif dan wajib ditonton bersama keluarga atau sahabat di rumah. 

1. Kartini

film inspiratif

Foto: Instagram @legacy.pictures

Film Kartini menceritakan seorang tokoh perempuan bernama Kartini yang hidup di era patriarki dan memperjuangkan hak perempuan Indonesia dalam menempuh pendidikan setinggi-tingginya, berkarya, dan pendapatnya didengar seperti pria. Film ini cocok untuk ditonton bersama keluarga atau sahabat di rumah untuk mengenang kembali perjuangan Kartini sampai perempuan bisa bekerja dan berkarya dengan bebas seperti sekarang. Mommies bisa menontonnya di Netflix ya.

BACA JUGA: Review Film Sound of Freedom: Senyum dan Kebebasan Anak Kita Tidak untuk Dijual

2. Bonnie

film inspiratif

Foto: Instagram @film.bonnie

Film Bonnie menceritakan tentang remaja perempuan bernama Bonnie yang memiliki masa lalu kelam. Meski begitu, ia tumbuh sebagai perempuan yang memiliki kemampuan bela diri sampai mampu melindungi orang-orang di sekitarnya terutama perempuan yang menjadi korban penindasan atau intimidasi. Film ini sudah tayang di bioskop dari tanggal 29 Februari 2024.

3. Sokola Rimba

film inspiratif

Foto: Festival Film Indonesia

Film yang dimainkan oleh aktris cantik bernama Prisia Nasution ini merupakan adaptasi dari catatan pengalaman aktivis perempuan bernama Butet Manurung saat mengajari masyarakat pedalaman di Jambi untuk membaca, menulis, dan menghitung. Film Sokola Rimba bertujuan untuk meningkatkan awareness terkait isu pendidikan dan isu lingkungan yang sering kali diabaikan. Mommies bisa menonton film ini di Netflix.

4. Sehidup Semati

Foto: Instagram @sehidupsematifilm

Film Sehidup Semati mengangkat kisah tentang perempuan bernama Renata yang mengalami kekerasan dalam rumah tangganya berupa kekerasan fisik, mental/psikis, seksual, hingga penelantaran. Alih-alih memilih berpisah dengan suaminya, Renata justru memilih bertahan karena doktrin yang diterimanya sejak kecil yaitu kalau sudah menikah maka dilarang untuk bercerai. Film yang diperankan oleh Laura Basuki ini bisa ditonton di Netflix.

5. Story of Dinda

Foto: IMDb

Film Story of Dinda menceritakan tentang perempuan bernama Dinda yang menjalani hubungan toksik dengan pacarnya. Selama pacaran, Dinda sering mendapatkan kekerasan fisik seperti dipukul dan menyakiti psikisnya. Dinda pun berjuang keras agar bisa lepas dari pacarnya dan mulai menjalani hubungan yang lebih sehat. Film ini bisa ditonton di Netflix.

6. Little Women

Foto: Wikipedia

Film Little Women merupakan film yang diadaptasi dari novel karya Louisa May Alcott dan disutradarai oleh Gretta Gerwig. Film ini bercerita tentang perjuangan 4 perempuan bersaudara dalam mendapatkan cinta, status terpandang, dan mengejar impian mereka. Mommies bisa menonton film Little Women di Netflix.

7. Nyad

Foto: IMDb

Terakhir, film Nyad merupakan film biografi yang menceritakan tentang perenang wanita bernama Diana Nyad. Dalam film tersebut, diceritakan perjuangan Nyad dalam mewujudkan mimpinya untuk berenang dari Havana, Kuba, hingga Florida. Di usianya yang sudah menginjak 60 tahun, Nyad tetap menunjukkan tekad dan semangat berenangnya. Simak keseruan filmnya di Netflix.

BACA JUGA: 7 Film Tayang di Bulan Maret 2024, Nomor 5 Paling Ditunggu!

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Donald Tong on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan