banner-detik
PARENTING & KIDS

Gondongan pada Anak: Gejala, Penyebab, hingga Cara Mengobatinya

author

Mommies Daily06 Mar 2024

Gondongan pada Anak: Gejala, Penyebab, hingga Cara Mengobatinya

Penyakit gondongan mulai kembali menyerang pada anak usia balita dan SD. Kenali gejala, penyebab, bahaya, hingga cara mengobatinya.

Gondongan adalah penyakit yang disebabkan oleh virus paramyxovirus yang dapat menyerang bagian tubuh mana pun khususnya kelenjar air liur yang terletak pada daerah pipi dan bawah telinga atau yang biasa disebut kelenjar parotis. Karena adanya infeksi virus tersebut, kelenjar dapat membengkak dan menimbulkan rasa nyeri pada anak.

Jika anak terkena gondongan, Mommies dan Daddies jangan khawatir dulu karena Mommies Daily punya jawabannya. Mommies Daily berkesempatan untuk bertanya pada dr. Reza Fahlevi, Sp.A mengenai penyakit gondongan pada anak serta cara mengobatinya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 7 Cara Agar Anak Mau Makan Sayur, Bikin Lahap dan Nagih

Gejala Gondongan pada Anak

Selain pembengkakan pada daerah pipi dan bawah telinga, orang tua juga wajib mengetahui gejala lainnya agar bisa segera diatasi. Berikut beberapa gejalanya.

  1. Demam hingga 38 derajat celcius
  2. Bengkak pada kelenjar ludah khususnya di bagian rahang
  3. Timbul rasa nyeri saat mengunyah makanan
  4. Muncul kemerahan pada pipi dan bawah telinga
  5. Nafsu makan anak berkurang
  6. Anak terlihat semakin lemas
  7. Muncul rasa sakit kepala pada anak

Penyebab Gondongan pada Anak

Umumnya, penyakit gondongan disebabkan oleh virus paramyxovirus yang terjadi 2-3 minggu sebelum gejala gondongan muncul. Penyakit gondongan biasanya menyerang anak usia 2-12 tahun yang tidak mendapatkan vaksinasi MMR (Measles, Mumps, Rubella) untuk mencegah penyakit campak, gondongan, dan rubella.

Bahaya Jika Terjadi pada Anak

Berdasarkan penjelasan dr. Reza, jika gondongan tidak diatasi dengan cepat bisa menyebabkan demam tinggi yang membuat anak merasa tidak nyaman serta mengalami kejang demam. Selain itu, menurunnya nafsu makan anak juga dapat menyebabkan anak menjadi lemas dan dehidrasi. Pada anak laki-laki dapat menyebabkan peradangan pada buah zakar (orchitis).

Cara Mengobati Gondongan

dr. Reza juga membagikan informasi cara mengobati gondongan pada anak. Jika gejala ringan dan dapat sembuh sendiri, Mommies bisa melakukan terapi bersifat suportif untuk memberikan nutrisi, cairan, dan obat penurun demam. Pada kondisi anak yang mengalami kejang atau sulit makan dan minum, maka harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih efektif.

BACA JUGA: Mengenal Wasting, Gizi Buruk pada Anak Selain Stunting

Itulah penjelasan terkait penyakit gondongan pada anak hingga cara mengatasinya. Semoga dapat membantu Mommies dalam mengatasi penyakit ini jika terjadi pada Si Kecil.

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Picas Joe on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan