banner-detik
PARENTING & KIDS

Nutrisi Untuk Anak di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Sakit

author

dewdew26 Feb 2024

Nutrisi Untuk Anak di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Sakit

Sebenarnya, ada nggak sih tambahan nutrisi yang harus dikonsumsi agar di musim hujan anak tidak mudah sakit? Perlu nggak suplemen tambahan?

Musim hujan biasanya dibarengi juga dengan absensi anak sekolah yang ganti-gantian sakitnya. Hari ini si A, besok si B, lusa gantian anak C. Gitu aja terus muter-muter tiada habisnya. Memang bakteri dan virus sepertinya berkembang biak dengan drastis saat musim hujan, ya? Lantas gimana, dong, supaya anak tidak mudah sakit saat musim hujan?

Perubahan cuaca dan udara yang cepat dari panas ke dingin membuat tubuh, terutama anak-anak, sulit menyesuaikan diri. Itulah sebabnya bakteri dan virus dapat lebih mudah menyerang. Karenanya, penting banget menjaga daya tahan tubuh anak jadi lebih kuat dan nggak mudah 

Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah dengan memastikan kebutuhan gizi anak terpenuhi. So, selama musim hujan anak tidak mudah sakit.

Baca juga: MPASI Bisa Mencegah Stunting? Ini Bahan Makanan yang Harus Ada 

Zat gizi yang diperlukan anak selama musim hujan

Menurut Hersanti Sulistyaningrum, S.Gz, M.Gz  asupan gizi yang perlu diperhatikan pada anak saat musim hujan (maupun di semua musim) adalah sebagai berikut:

– Vitamin C: membantu membentuk antibodi, membantu memproduksi sel darah putih, dan sebagai anti inflamasi.
– Vitamin D: membantu dalam regulasi antimikroba dalam melawan sel patogen
– Vitamin E: sel imun membutuhkan vitamin E pada situasi stress oksidatif dalam tubuh
– Zinc: dibutuhkan dalam pembentukan dan perbaikan sel-sel dalam sistem imun tubuh

Berapa banyak yang harus diberikan pada anak untuk masing-masing zat gizi tentu harus disesuaikan dengan usianya.

Sementara itu zat-zat gizi yang berperan besar dalam menjaga sistem imun anak adalah vitamin A, C, D, E, B6, B12, zinc, selenium, dan zat besi. Jadi, mommies jangan lupa untuk kembali meneliti makanan yang diberikan pada si kecil ya. Sudahkah mengandung zat-zat gizi di atas?

Baca juga: Serba-Serbi MPASI. Mulai Dari Jenis Hingga Rekomendasi MPASI Frozen

Suplemen tambahan perlu atau tidak?

Hersanti mengatakan bahwasanya bila kebutuhan gizi harian terpenuhi, suplemen tambahan sudah tidak diperlukan lagi. Kecuali bila sudah terbukti anak tidak mendapatkan asupan gizi yang ia butuhkan, barulah Mommies bisa berkonsultasi ke dokter kalau memang harus mengkonsumsi suplemen tambahan.

Pada dasarnya tambahan zat gizi yang dapat dipenuhi dari suplemen dan multivitamin tidak ditentukan dari musim, namun dari kondisi kesehatan dan riwayat asupan makanan. Jika anak Anda dalam keadaan sehat, asupan makannya baik, tidak perlu tambahan suplemen ataupun multivitamin. 

Anak-anak yang perlu diberi tambahan suplemen biasanya adalah anak-anak yang memiliki penyakit kronis. Anak yang nafsu makannya rendah dalam jangka waktu lama juga butuh. Termasuk anak picky eater, serta anak yang sering makan makanan rendah nilai gizi, dan juga anak yang gagal tumbuh.

Oya, mau musim hujan atau tidak, hindari makanan yang mengandung tinggi gula, lemak jenuh, hingga makanan tinggi natrium karena malah bisa bikin daya tahan tubuh anak menurun. Apalagi di musim hujan. Agar anak tidak mudah sakit, jangan lupa perhatikan asupan gizinya, ya, Mommies.

Photo cover by Pexel

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan