banner-detik
EDUCATION

Daftar Lengkap 10 Olimpiade Pendidikan untuk SD, SMP, dan SMA di Indonesia

author

Mommies Daily26 Feb 2024

Daftar Lengkap 10 Olimpiade Pendidikan untuk SD, SMP, dan SMA di Indonesia

Jangan sampai kelewatan, segera daftarkan anak Mommies ke olimpiade pendidikan ini untuk mengasah kemampuannya. Cek pilihannya di sini!

Olimpiade pendidikan menjadi ajang yang paling ditunggu pelajar untuk mengukir prestasi baru. Dengan mengikuti olimpiade, minat anak terhadap keilmuan akan terus meningkat serta mereka akan terbiasa berkompetisi secara sehat untuk mendapatkan prestasi baru dalam bidang akademik.

Ajang talenta dalam bidang pendidikan yang paling dikenal adalah OSN atau Olimpiade Sains Nasional. Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah sebuah ajang di bidang sains yang bisa diikuti oleh peserta didik SD/MI/Sederajat, SMP/MTS/Sederajat, dan SMA/MA/Sederajat. Para pelajar yang unggul di bidang matematika dan sains, bisa mengasah kemampuan mereka di Olimpiade Sains Nasional ini.

Namun, selain OSN ada juga olimpiade pendidikan lainnya yang bisa diikuti oleh pelajar. Berikut Mommies Daily rangkum 10 olimpiade pendidikan untuk SD, SMP hingga SMA.

BACA JUGA: 11 SMA Semi Militer di Indonesia, Lengkap dengan Biaya Pendidikan

10 Olimpiade Pendidikan untuk SD, SMP hingga SMA

Berikut daftar 10 olimpiade pendidikan untuk SD, SMP hingga SMA yang bisa diikuti oleh anak Mommies.

1. Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD/MI

Pendaftaran Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk SD/MI kembali dibuka oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbud mulai 22 Januari 2024. Olimpiade ini cocok untuk anak Mommies yang memiliki kemampuan di bidang matematika dan sains.

Ajang OSN ini akan dilaksanakan secara bertahap, mulai dari sekolah, kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. Nantinya, setiap provinsi akan mengirim peserta terbaik ke OSN tingkat nasional.

2. Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP/MTS

Selanjutnya, untuk OSN tingkat SMP akan dilaksanakan mulai tanggal 1 – 2 April 2024 mendatang. Bagi siswa yang ingin mengikuti OSN tingkat SMP, pihak sekolahnya harus melakukan seleksi tingkat sekolah terlebih dahulu dan mendaftarkan peserta didiknya pada tanggal 22 Januari hingga 3 Maret 2024.

Sama seperti OSN pada umumnya, Olimpiade Sains Nasional tingkat SMP juga diselenggarakan secara bertahap, mulai dari sekolah, kabupaten/kota, provinsi hingga nasional.

3. Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA/MA

Berbeda dengan Olimpiade Sains Nasional tingkat SD dan SMP, pada OSN tingkat SMA terdapat lebih banyak cabang lomba yang bisa diikuti, seperti matematika, fisika, kimia, informatika atau komputer, biologi, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi.

OSN tingkat SMA dilaksanakan mulai Januari pekan ke-4 sampai 1 September 2024 mendatang.

4. FLS2N 2024

FLS2N merupakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional tahun 2024 yang akan diselenggarakan untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. Dalam FLS2N, siswa dapat mengikuti beberapa cabang lomba, seperti komik digital, film pendek, desain poster, kriya, dan cipta lagu. Dengan mengikuti FLS2N, siswa dapat meningkatkan kreativitasnya dalam bidang seni.

Untuk pendaftaran FLS2N tingkat SD dibuka mulai tanggal 16 Februari – 31 Maret 2024.

5. Olympicad 2024

Olympicad adalah ajang pengembangan potensi siswa dan guru Muhammadiyah di seluruh Indonesia. Dengan mengikuti Olympicad, sekolah atau madrasah Muhammadiyah dapat meningkatkan kualitasnya. Olympicad dibuka untuk beberapa cabang lomba, yaitu olimpiade mata pelajaran, olimpiade kreativitas siswa, olimpiade guru berprestasi, olimpiade kepala sekolah berprestasi, olimpiade sekolah, dan olimpiade Al-Qur’an.

Sekolah Muhammadiyah se-Indonesia bisa langsung daftar melalui laman olympicad7.unmuhbandung.ac.id mulai 8 Januari sampai 8 Februari 2024.

olimpiade pendidikan

Foto: Pexels

6. Garuda National Competition 2024

Garuda National Competition adalah olimpiade tingkat nasional yang diselenggarakan oleh @pateron.olympiad. Olimpiade pendidikan ini bisa diikuti oleh siswa SD, SMP, SMA sampai mahasiswa. Garuda National Competition membuka beberapa cabang lomba, seperti matematika, IPS, sains, pengetahuan umum, biologi, pengetahuan umum, dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut, Mommies bisa langsung mengunjungi laman berikut ini.

7. CRSO 2024

CRSO 2024 adalah olimpiade sains yang diselenggarakan oleh SMP dan SMA Cahaya Rancamaya. Untuk siswa yang berhasil memenangkan kompetisi akan mendapatkan medali, uang tunai, dan sertifikat. Periode registrasi akan dibuka mulai tanggal 25 Februari – 10 April 2024.

8. Nusantara Sains Festival 2024

Nusantara Sains Festival merupakan olimpiade yang dinaungi Yayasan Berhati Mulia dengan menawarkan berbagai cabang lomba untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan mahasiswa. Olimpiade ini akan diselenggarakan pada tanggal 3 Maret 2024 via online melalui app.puskanas.id.

Untuk informasi selengkapnya, Mommies bisa mengunjungi akun Instagram resmi mereka @fosnas.id.

9. Inspiranesia

CV. BEE Digital Nusantara kembali menyelenggarakan olimpiade pendidikan inspiratif yang bisa diikuti oleh siswa SD, SMP hingga SMA. Olimpiade ini juga menawarkan berbagai hadiah yang menarik, seperti uang pendidikan, medali, piagam, dan naskah soal.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di sini!

10. Olimpiade Talenta Muda Ramadan Festival

Selanjutnya, masih dari CV. BEE Digital Nusantara yang menyelenggarakan olimpiade tingkat SD, SMP, dan SMA dengan menawarkan berbagai cabang lomba seperti bahasa Arab, Al-Qur’an Hadits, sejarah dan kebudayaan Islam, geografi, dan masih banyak lagi.

Registrasi dibuka mulai dari tanggal 7 Februari – 15 Maret 2024 dan informasi selengkapnya bisa dilihat melalui website mereka di sini!

olimpiade pendidikan

Foto: Pexels

Silahkan Mommies dan Daddies bantu anak untuk memilih olimpiade pendidikan mana yang akan diikuti untuk masa depannya.

BACA JUGA: Berkenalan dengan 6 Atlet Muda Berprestasi Peraih Medali di Olimpiade Tokyo 2020

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan