banner-detik
SELF

8 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin K, Bagus untuk Tulang!

author

Mommies Daily14 Feb 2024

8 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin K, Bagus untuk Tulang!

Pastikan makanan sumber vitamin K ini selalu ada di setiap menu makanan. Manfaatnya baik untuk kesehatan tubuh kita dan keluarga!

Baik dari anak-anak hingga dewasa membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah vitamin K. Vitamin yang satu ini punya banyak fungsi baik untuk kesehatan diri, mulai dari membantu pembekuan darah, membuat tulang sehat, dan menjaga kekuatan jantung.

Meski vitamin K kerap kali terlupakan dibanding dengan vitamin C, D, dan A, tetapi vitamin K memiliki gak kalah manfaatnya untuk tubuh kita. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan selalu ada vitamin K di setiap menu makanan harian, ya.

BACA JUGA: Mommies, Waspadai Tanda dan Gejala Anak Kekurangan Vitamin A, B, C, D Berikut Ini

Makanan yang Tinggi Vitamin K

Dilansir dari healthline, berikut 8 sumber makanan yang mengandung vitamin K dan baik untuk tubuh.

1. Lobak Hijau

Lobak hijau bisa menjadi pilihan untuk menu makanan yang mengandung vitamin K untuk anak yang bisa memperkuat tulang. Tak hanya itu, lobak hijau juga mengandung kalsium yang tinggi untuk menjaga kesehatan tulang.

2. Bayam

Bayam sangat membantu menjaga kesehatan tulang kita dan keluarga. Sayuran ini juga bagus untuk proses tumbuh kembang anak, lho. Mommies bisa mendapatkannya dari setengah cangkir bayam matang, yang kandungan vitamin K di dalamnya tiga kali lebih banyak dibanding secangkir bayam mentah.

makanan yang mengandung vitamin k

Foto: Medical News Today

3. Collard Greens

Selanjutnya, makanan yang mengandung vitamin K adalah collard greens. Collard greens termasuk sejenis sawi yang memiliki kandungan vitamin K sebanyak 530 mkg tiap setengah cangkir yang direbus. Selain itu, sayuran ini juga berguna untuk memperkuat tulang.

4. Kale

Kale dikenal sebagai sayuran yang punya kandungan vitamin K paling tinggi. Itu karena makanan sumber vitamin K yang satu ini kaya akan kalium, kalsium, dan folat yang bisa membantu penyerapan kalsium sehingga membantu menjaga kesehatan tulang.

5. Brokoli

Anda juga bisa mengolah brokoli dalam menu makanan keluarga dengan minyak canola atau minyak zaitun. Karena satu sendok makan brokoli dicampur minyak tersebut mengandung sekitar 10 mkg vitamin K yang baik untuk tubuh.

makanan yang mengandung vitamin k

Foto: Southern Living

6. Asparagus

Selain brokoli, empat batang asparagus juga mengandung sekitar 40 mkg vitamin K. Anda bisa mengolahnya dengan menambahkan sedikit minyak zaitun sehingga vitamin K yang dibutuhkan tubuh terpenuhi.

7. Kedelai

Daftar makanan yang mengandung vitamin K lainnya adalah kedelai. Perlu diketahui bahwa kedelai dan minyaknya mengandung menakuinon atau vitamin K2, karena dalam setiap setengah cangkir kedelai terdapat 43 mkg vitamin K.

8. Edamame

Makanan sumber vitamin K yang terakhir adalah edamame. Edamame merupakan salah satu makanan populer dalam masakan Jepang yang bisa menjadi camilan enak dan bergizi. Setelah direbus, Anda bisa menambahkan sedikit garam dan merica pada edamame tersebut.

makanan yang mengandung vitamin k

Foto: The Meatwave

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

BACA JUGA: 10 Makanan dan Minuman yang Mengandung Vitamin D

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan