banner-detik
PARENTING & KIDS

Anak Terkena Panu, Ini Cara Menghilangkan Panu di Wajah dan Tubuh

author

Mommies Daily07 Feb 2024

Anak Terkena Panu, Ini Cara Menghilangkan Panu di Wajah dan Tubuh

Jangan khawatir dulu saat anak terkena panu, Mommies. Ini cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan panu di wajah dan tubuh.

Panu atau tinea versicolor adalah infeksi kulit yang biasanya muncul di tubuh, wajah atau leher. Penyakit yang disebabkan oleh jamur malassezia furfur ini biasanya menyerang anak-anak dan remaja. 

Secara normal, manusia memiliki sejumlah jamur di tubuhnya. Namun, jika berkembang secara berlebih akan menimbulkan panu. Kulit yang berpanu akan mengubah pigmentasi normal kulit sehingga menghasilkan bercak-bercak berwarna putih.

Panu terasa gatal dan agak panas serta bisa melebar jika tidak diatasi dengan cepat. Tak hanya itu, panu juga bisa bikin anak terganggu dan tidak percaya diri.

Cara Mengobati Panu

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut cara menghilangkan panu di wajah dan tubuh dengan cepat yang mudah untuk diikuti!

1. Minyak Kelapa

Pertolongan pertama untuk menghilangkan panu pada anak bisa menggunakan minyak kelapa dengan cara mengoleskannya di area yang terkena panu. Agar lebih efektif, Mommies bisa menggunakannya sebanyak tiga kali sehari.

2. Kunyit

Saat terkena panu, biasanya kulit akan merasakan gatal yang berlebih. Oleh karena itu, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi panu bisa dengan mengoleskan pasta kunyit ke area panu.

BACA JUGA: 10 Penyebab Perut Buncit Seperti Hamil pada Perempuan, Hindari!

3. Lidah Buaya

Untuk menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu, Mommies bisa mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit yang terkena panu secara rutin.

Photo by Jessica Lewis thepaintedsquare on Pexels

4. Cuka Apel

Cuka apel dikenal memiliki sifat anti jamur yang bisa melawan jamur penyebab panu. Caranya cukup mudah, Mommies bisa mencampurkan dua sendok makan cuka apel dengan air hangat lalu celupkan kapas ke dalamnya. Terakhir, oleskan ke area permukaan kulit yang terkena panu.

5. Madu dan Minyak Zaitun

Madu dan minyak zaitun bisa menjadi salah satu metode pengobatan alami untuk masalah panu. Mommies bisa membuat salep dengan campuran kedua bahan tersebut dengan cara mencampurkan keduanya secara merata, kemudian oleskan salep ke permukaan kulit yang terkena panu selama 30 menit. Setelah itu, cuci dengan air bersih.

6. Sampo Anti-Ketombe yang Mengandung Selenium

Cara selanjutnya yang bisa Mommies ikuti adalah menggunakan sampo anti-ketombe yang mengandung selenium sulfida. Mommies bisa mengoleskan sampo ke area panu saat mandi, lalu diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Namun, jika muncul respon tertentu Mommies bisa berhenti menggunakan sampo tersebut.

7. Soda Kue

Cara terakhir untuk menghilangkan panu di wajah dan tubuh adalah menggunakan soda kue. Soda kue mampu mencegah penyebaran panu dengan cara menyerap kelembapan dan keringat yang ada di permukaan kulit. Mommies bisa mencampurkan soda kue dengan sedikit air hingga teksturnya menyerupai pasta, lalu oleskan ke area yang terkena panu.

BACA JUGA: Gejala dan Penyebab Biduran, hingga Cara Mengobatinya yang Ampuh 

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Photo by Mikhail Nilov on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS