banner-detik
LIFESTYLE

Didiagnosis Mengidap Kanker, Ini Riwayat Penyakit Raja Charles III

author

Mommies Daily06 Feb 2024

Didiagnosis Mengidap Kanker, Ini Riwayat Penyakit Raja Charles III

Raja Charles III, telah didiagnosis menderita kanker. Ketahui riwayat penyakit yang pernah diderita serta perjalanan pengobatannya selama ini.

Masyarakat Britania Raya dikejutkan dengan fakta bahwa Raja Charles III menderita kanker. Mengutip BBC, pihak Istana Buckingham telah mengkonfirmasi bahwa Raja didiagnosis menderita sejenis kanker.

Namun jenis kanker yang diidap belum diungkapkan ke publik. Selama perawatan rutin yang akan dijalankannya, sang Raja diketahui akan menunda semua tugas kerajaan.

Ternyata ini bukan pertama kalinya Raja Charles III mengidap penyakit kronis. Beberapa kali ayah dari Pangeran William dan Pangeran Harry itu diketahui sempat terbaring sakit.

Riwayat penyakit Raja Charles, yang sebelumnya jarang terungkap, kini menjadi sorotan dunia. Berikut Mommies Daily rangkum riwayat penyakit sang raja Inggris yang berhasil terungkap ke publik.

BACA JUGA: 7 Pola Pengasuhan Keluarga Kerajaan yang Unik dan yang Layak Dicontoh

Riwayat Penyakit Raja Charles III, dari Kanker sampai COVID

Dikutip dari ABC News, berikut adalah riwayat penyakit yang pernah diderita Raja Charles III.

1. Kanker

Pada 6 Februari 2024, Raja Charles III baru saja dikabarkan mengidap kanker setelah menjalani prosedur prostat di sebuah rumah sakit di London. Raja berterima kasih kepada tim medis dan pihak rumah sakit atas bantuan yang sigap.

Istana mengabarkan bahwa Raja tetap optimis tentang perawatannya dan berharap dapat kembali menjalankan tugas sesegera mungkin. Di sisi lain, Raja memilih untuk membagikan diagnosisnya untuk mencegah spekulasi dan berharap bisa menyebarkan pemahaman bagi penderita kanker di seluruh dunia.

2. COVID-19

Charles juga pernah terjangkit COVID-19 sebanyak dua kali, tetapi para pejabat mengatakan bahwa dia hanya mengalami gejala ringan pada kedua kasus tersebut. Pada Maret, 2020 lalu saat masa awal pandemi di Inggris dan sebelum vaksin tersedia, Raja telah melakukan isolasi mandiri di rumahnya di Skotlandia.

3. Cedera Olahraga

Raja Charles III dikenal hobi berolahraga saat waktu senggang. Akibat aktifitas fisik tersebut, Raja diketahui sempat mengalami berbagai cedera selama bertahun-tahun. Pada tahun 1980 dia terlempar dan ditendang oleh kuda poninya saat pertandingan polo di Windsor sampai-sampai harus dijahit di bagian pipinya.

Pada tahun 1990-an, dia juga pernah menjalani beberapa operasi setelah lengan kanannya patah saat terjatuh di pertandingan polo. Dia juga mengalami cedera di lutut kirinya saat pertandingan lain. Di tahun 2001, dia pingsan dan dibawa ke rumah sakit ketika dia terlempar dari kuda saat pertandingan polo bersama Pangeran William dan Pangeran Harry.

4. ‘Jari Sosis’

Publik sudah lama berspekulasi tentang “jari sosis” Raja Charles yang membuat jari-jarinya terlihat bengkak. Beberapa orang berpendapat bahwa jarinya bengkak akibat penumpukan cairan, radang sendi, atau kondisi lainnya.

Dalam film dokumenter BBC tentang pengobatannya, Charles terlihat meyakinkan putranya, Pangeran William, saat dia kesulitan mengencangkan salah satu jubah upacara. Sembari bercanda, dia berkata kepada William untuk tidak khawatir, karena “kamu tidak punya sosis seperti milikku.”

5. Perawatan Ringan

Terakhir, Raja Charles III juga pernah menjalani perawatan medis ringan lainnya selama bertahun-tahun. Pada tahun 2008, dia menjalani prosedur rutin untuk mengangkat pertumbuhan non-kanker dari jembatan hidungnya. Dia juga pernah menjalani operasi hernia di rumah sakit swasta pada tahun 2003.

Itu dia deretan penyakit yang pernah diderita oleh mertua Kate Middleton dan Meghan Markle tersebut. Mari kita doakan kesembuhan Raja Charles III!

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: 15 Tata Krama Istana yang Wajib Dipatuhi Keluarga Kerajaan

Cover: Instagram/theroyalfamily

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan