banner-detik
SELF

Siap Berikan Dukungan, Ini Daftar 8 Komunitas dan Yayasan Kanker di Indonesia

author

Mommies Daily04 Feb 2024

Siap Berikan Dukungan, Ini Daftar 8 Komunitas dan Yayasan Kanker di Indonesia

Ada berbagai yayasan dan komunitas peduli kanker yang ada di Indonesia dan menawarkan bantuan bagi pasien dan juga keluarga mereka. Cek daftar di bawah ini!

Kanker adalah kelompok penyakit ganas yang bisa menyerang semua kalangan usia. Penyakit ini tak hanya mempengaruhi penderitanya, tetapi juga keluarga dan orang-orang terdekat mereka.

Dalam perjalanan panjang melawan kanker, dukungan dan pemahaman dari orang di sekitar sangat berarti. Anda pun juga bisa mendapatkan dukungan dan bantuan dari yayasan dan komunitas peduli kanker yang siap memberikan pertolongan.

Di Indonesia, terdapat sejumlah yayasan dan komunitas yang berkomitmen untuk memberikan dukungan, informasi, dan bantuan kepada pasien kanker dan keluarga mereka. Baik itu dalam hal dukungan emosional, edukasi mengenai penyakit, atau bantuan finansial.

BACA JUGA: Kanker Payudara Bisa Efektif dicegah dengan 9 Makanan Ini, Apa Saja?

Daftar Komunitas dan Yayasan Kanker di Indonesia

Berikut adalah rekomendasi yayasan dan komunitas peduli kanker di Indonesia. Semuanya memberikan dukungan bagi pasien dan keluarga penderita kanker. Di sana Anda bisa mendapatkan edukasi penting dan dukungan emosional yang dibutuhkan di saat-saat sulit.

1. Indonesia Cancer Care Community

Alamat: ICCC Center – Gedung KEM Tower Lt. 11, Jl. Landas Pacu Barat Blok B 10 Kav. 2, Gunung Sahari Selatan, Kemayoran
Website: iccc.id
Instagram: @iccc.id

Indonesia Cancer Care Community atau ICCC adalah komunitas yang memberikan dukungan dan kepedulian terhadap para Warrior, Survivor, dan Caregiver kanker. ICCC menghubungkan pasien, keluarga, pemerhati, dan semua orang yang memiliki semangat yang sama untuk melawan kanker.

Komunitas ini rutin mengadakan acara, webinar edukasi, serta layanan konsultasi informasi pencegahan dan deteksi kanker. Mommies yang ingin bergabung menjadi anggotanya bisa langsung mengunjungi website ICCC.

2. Lovepink Indonesia

Alamat: Jl. H. Salim 1 Jl. Radio Dalam Raya No.8C, Gandaria Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Website: lovepinkindonesia.org
Instagram: @lovepinkindonesia

Lovepink Indonesia adalah organisasi nirlaba yang berbasis komunitas warriors dan survivors kanker payudara. Berdiri secara legal dengan nama Yayasan Daya Dara Indonesia, organisasi ini rutin mengadakan donasi untuk pencegahan dan pengobatan kanker payudara.

Kegiatan utama Lovepink adalah pendampingan pasien (Pink Visit) dan sosialisasi publik untuk deteksi dini kanker payudara (Pink Talk). Yayasan ini juga meluncurkan Breastie App untuk melawan kanker payudara.

3. Lovely Pink Solo

Alamat: Jl. Doktor Moewardi No.4 Penumping, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Website: lovelypinksolo.org
Instagram: @lovelypinksoloraya

Lovely Pink Solo (LPS) merupakan komunitas penyintas kanker payudara yang berbasis di Surakarta (Solo), Jawa Tengah. Selain menjadi tempat berbagi dukungan antar pasien, LPS memiliki program untuk deteksi dini kanker dan memberikan pendampingan bagi pasien kanker. Komunitas ini sering berbagi pengetahuan lewat seminar dan webinar kesehatan.

4. Bandung Cancer Society

Alamat: Jl.Samiadji Dalam I no 98/66, Bandung
Facebook: BCS-Bandung Cancer Society
Instagram: @bdgcancersociety

Lalu ada Bandung Cancer Society atau BCS sebagai komunitas pejuang dan Survivor kanker di Bandung, Jawa Barat. BCS menjadi tempat bercerita, berbagi dukungan, dan pengetahuan bagi pasien dan pemerhati kanker. Komunitas ini rutin mengadakan seminar bersama tenaga kesehatan mengenai pencegahan dan pengobatan kanker.

Foto: Freepik

5. Yayasan Kanker Indonesia

Alamat: Jl. Dr. GSSJ Ratulangi No.35 2, RT.2/RW.3, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Website: www.yayasankankerindonesia.org
Instagram: @yayasankankerid

Yayasan Kanker Indonesia atau YKI adalah yayasan nirlaba yang bersifat sosial dan kemanusiaan di bidang kesehatan, khususnya dalam upaya penanggulangan kanker. YKI bertujuan untuk menanggulangi kanker dengan menyelenggarakan kegiatan di bidang promotif, preventif dan suportif.

Yayasan ini rutin mengadakan donasi kemanusiaan, penelitian, juga konferensi dan webinar edukatif untuk masyarakat. Beberapa bantuan sosial yang dilakukan YKI adalah program deteksi dini, program santunan sitostatika dengan kriteria tertentu, bantuan biaya radiasi di RSUPN Cipto Mangunkusumo, dan operasi bagi pasien kanker kurang mampu.

6. Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia

Alamat: Jl. Percetakan Negara XI No.129 4, RT.4/RW.5, Rawasari, Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Website: ykaki.org
Instagram: @ykakiwecare

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia atau YKAKI adalah yayasan sosial mandiri dan bisa menjalani berbagai program pelayanan membantu anak pejuang kanker dengan bantuan donasi dari berbagai pihak. Donasi yang diselenggarakan pun beragam mulai dari donasi minimal 10.000 sampai donasi non tunai.

Beberapa program YKAKI adalah Rumah Kita, yaitu rumah singgah untuk pasien anak pendamping, Sekolah-ku, fasilitas pendidikan pasien anak, dan Sosialisasi Edukasi untuk masyarakat umum. YKAKI juga memiliki berbagai cabang di kota lain, seperti Bandung, Semarang, hingga Yogyakarta.

7. Yayasan Kanker Payudara Indonesia

Alamat: Wijaya Grand Center, Jl. Wijaya II No.9 Blok H, RT.6/RW.1, Pulo, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Website: www.yayasankankerpayudaraindonesia.org
Instagram: @yayasankankerpayudaraindonesia

Sesuai namanya, Yayasan Kanker Payudara Indonesia atau YKPI adalah organisasi nirlaba mitra pemerintah untuk menggalakan kegiatan penyuluhan dan penanggulangan kanker payudara di Indonesia.

Beberapa program YKPI termasuk Pelatihan Pendamping Pasien Kanker Payudara, Sosialisasi Deteksi Dini, dan Rumah Singgah sebagai tempat menetap bagi pasien rawat jalan BPJS kelas 3. YKPI ini juga aktif mengadakan donasi dan edukasi mengenai kanker payudara.

8. Yayasan Pita Kuning

Alamat: Jl. Madrasah No.17. Kel, RT.2/RW.3, Gandaria Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Website: pitakuning.or.id
Instagram: @pita_kuning

Yayasan Pita Kuning adalah yayasan yang memberikan layanan psikososial bagi anak (usia 0-18 tahun) dengan kanker dari keluarga prasejahtera. Beberapa layanan Yayasan Pita Kuning adalah pendampingan psikososial bagi anak dan keluarga oleh pekerja sosial bersertifikasi dari kementerian sosial, juga penyaluran dana bantuan.

Yayasan ini juga menyediakan aktifitas, seperti sharing session orang tua, hospital homeschooling, sosialisasi penyakit, sampai piknik edukatif untuk anak. Masyarakat umum bisa berdonasi ke yayasan ini dengan donasi harian dan program donasi.

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: 8 Jenis Kanker Anak yang Paling Sering Dialami Si Kecil dan Harus Diwaspadai

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan