banner-detik
PARENTING & KIDS

Super Mudah, Atasi Gondongan pada Anak dengan 8 Obat Rumahan Ini!

author

Katharina Menge03 Feb 2024

Super Mudah, Atasi Gondongan pada Anak dengan 8 Obat Rumahan Ini!

Kalau anak mengatali gondongan, coba pilih deretan obat rumahan ini untuk mengobatinya. Manjur dan bantu si kecil kembali sehat!

Penyakit gondongan tidak hanya dialami oleh orang dewasa, sebab tak jarang banyak juga anak-anak yang terserang sakit yang satu ini. Penyebab penyakit gondongan adalah karena virus dan diketahui sangat mudah menular.

Cara penyebaran penyakit godongan ini sama dengan penyakit flu dan pilek, yaitu lewat air liur yang menetes dan dapat terhirup, atau virusnya menempel di permukaann, terangkat, dan bermindah ke area mulut atau hidung.

Bagaimana ciri-ciri godongan, termasuk pada anak? Gondongan mudah dikenali lewat adanya pembengkakan pada salah satu sisi wajah, tepatnya di bawah telinga atau kelenjar parotitis. Bengkaknya menimbulkan rasa ngilu yang menyakitkan.

Selain bengkak, gondongan ada anak umumnya juga ditandai dengan demam serta kelenjar ludah di mulit dan di dekat telinga anak membengkak sehingga mereka kesulitan mengunyah dan menelan. Penyakit ini bisa pula disertai sakit kepala, hilang nafsu makan, hingga nyeri sendi. Namun, pada setiap anak gejala yang muncul bisa berbeda.

BACA JUGA:

Cara Atasi Gondongan pada Anak

Dilansir dari Mayo Clinics, berikut beberapa pertolongan pertama dan obat rumahan yang bisa membantu mengatasi gondongan pada anak!

Foto: FamilyDoctor.org

1. Cukup istirahat

Virus yang menginfeksi tubuh anak bisa membuat mereka kelelahan dan juga letih. Pertolongan pertama yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah membantu anak mendapatkan istirahat yang cukup, terlebih saat infeksi menyerang dan juga masa pemulihan. Penuhi juga kebutuhan cairan tubuh mereka agar tidak memicu dehidrasi.

2. Berikan obat pereda nyeri

Untuk mengatasi gondongan pada anak selanjutnya adalah memberikan obat penurun demam. Obat tersebut biasanya tak hanya efektif menurunkan demam tapi juga mengurangi rasa sakit yang dideritanya.

3. Ciptakan suasana nyaman

Saat gondongan, anak seringkali merasa tidak nyaman karena rasa nyeri dan kondisi wajah serta lehernya yang membengkak. Dia pun jadi kesulitan untuk beraktivitas dan bergerak. Untuk itu bantu mereka dengan menciptakan suasana yang nyaman, seperti mengatur suhu ruangan tetap sejuk, mempersiapkan selimut yang lembut, serta bantu agar area wajahnya yang bengkak tidak tertekan.

4. Pakaikan kompres dingin

Ada banyak orang yang merasa lebih nyaman mengoleskan sesuatu yang dingin di area yang mengalami nyeri otot atau bengkak. Nah, Mommies bisa mempersiapkan kompres dingin, karena mungkin saja si kecil membutuhkannya. Tempelkan kompres dingin tersebut di area yang nyeri atau di sekitar area kelenjang yang membengkak.

Kalau mau melihat pertolongan pertama dan obat rumahan untuk mengatasi gondongan anak berikutnya, klik di sini!

BACA JUGA:

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan