banner-detik
EDUCATION

6 Rekomendasi SLB untuk Anak Tunanetra di Indonesia

author

Mommies Daily30 Jan 2024

6 Rekomendasi SLB untuk Anak Tunanetra di Indonesia

Untuk mencapai pendidikan setara, kini hadir SLB atau sekolah luar biasa untuk anak berkebutuhan khusus di Indonesia, termasuk untuk anak tunanetra.

Di Indonesia, terdapat pilihan sekolah luar biasa atau SLB untuk anak dengan kebutuhan khusus, seperti tunanetra. Hal ini karena pendidikan adalah hak bagi semua anak, termasuk mereka yang memiliki hambatan penglihatan.

Sekolah luar biasa untuk anak tunanetra dikenal sebagai SLB A. Beberapa SLB A dikenal telah menyediakan lingkungan belajar yang mendukung dan program pendidikan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan anak-anak tunanetra.

BACA JUGA: 9 Sekolah yang Punya Program Akselerasi di Pulau Jawa, Ada Sekolahmu?

Rekomendasi SLB untuk Tunanetra

Berikut adalah deretan sekolah luar biasa yang setara dan berkualitas bagi anak-anak tunanetra di Indonesia.

1. SLB-A Pembina Tingkat Nasional

Alamat: Jl. Pertanian Raya No.12, RT.10/RW.4, Lb. Bulus, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Website: slbapembinajakarta.sch.id

Rekomendasi SLB untuk tunanetra yang pertama adalah SLB-A Pembina Tingkat Nasional yang khusus melayani peserta didik tunanetra di Jakarta. Sekolah yang ini diresmikan pada tanggal 9 Desember 1981 memiliki berbagai fasilitas ruang kelas, ruang braillo, ruang musik, ruang lab komputer, ruang massage, dapur sehat, dan lain-lain.

Sekolah Pembina Tingkat Nasional juga menyediakan berbagai ekstrakulikuler, dari musik, pramuka, sampai tenis meja. Sekolah ini berdedikasi menghasilkan murid yang beriman, bertaqwa, terampil, dan mandiri.

2. SLB G-AB Helen Keller Indonesia

Alamat: Jl. R. E. Martadinata No.114, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Website: slbhelenkellerindonesia.sch.id

SLB G-AB Helen Keller Indonesia merupakan salah satu lembaga pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus tunanetra yang disertai dengan hambatan lainnya (MDVI).

Beberapa program sekolah yang diadakan yaitu identifikasi dan asesmen siswa baru, home visit, after care, program transisi, upacara bendera, dan field trip (rekreasi). Sekolah ini berdedikasi mengembangkan bakat dan minat murid, sekaligus mengaplikasikan budaya daerah dan nasional.

3. SLB Negeri A Pajajaran

Alamat: Jl. Pajajaran No.50, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat
Instagram: @slbnapajajaran

SLB Negeri A Pajajaran adalah salah satu sekolah untuk tunanetra terbaik di Jawa Barat. Sekolah yang awalnya bernama Bandoengsche Blinden Instituut ini juga salah satu sekolah luar biasa tertua di Asia Tenggara. Sekolah ini juga sudah terakreditasi A dan menerapkan kurikulum 2013 dan kurikulum Merdeka.

Foto: Unsplash

4. SLB Negeri Semarang

Alamat: Jl. Elang Raya No.2, Mangunharjo, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah
Instagram: @slbnegerisemarang

SLB Negeri Semarang memiliki visi untuk menjadikan anak berkebutuhan khusus sebagai pelajar Pancasila yang Berbudi Pekerti Luhur, Terampil dan Mandiri. Ada banyak fasilitas di sekolah ini yang bisa menunjang bakat dan minat murid, seperti Ruang Keterampilan Jahit, Ruang Otomotif, Lab. Komputer, beberapa Ruang Keterampilan, seperti keterampilan Tata Kecantikan, Tata Boga, Handicraft, Seni Tari, dan lainnya. Sekolah ini juga rutin mengadakan kegiatan akademik maupun non-akademik.

5. SLB Negeri 2 Jakarta

Alamat: Jl. Lenteng Agung Raya No.1, RT.6/RW.1, Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Website: slbnegeri02jakarta.sch.id

Sekolah yang terletak di Jakarta ini memiliki visi untuk mencetak generasi berakhlak mulia, berpengetahuan, terampil, dan kompetitif menuju tercapainya kemandirian. SLB Negeri 2 Jakarta melayani pembelajaran akademik yang komprehensif, serta keterampilan pilihan yang bisa menunjang skill murid. Beberapa keterampilan tersebut adalah tata busana, tata boga, TIK, membatik, otomotif, dan lain-lain.

6. SLB Negeri 7 Jakarta

Alamat: Jl. Griya Wartawan No.8, RT.8/RW.5, Cipinang Besar Sel., Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Website: slbn7jakarta.sch.id

Sekolah Berkebutuhan Khusus ini memiliki visi untuk menjadikan murid bertakwa, berakhlak mulia, cerdas terampil dan mandiri. Selain murid tunarungu, sekolah ini juga menerima murid tunagrahita ringan dan sedang, serta autisme. Sekolah negeri ini juga memiliki berbagai fasilitas seperti ruang kelas, perpustakaan, dan lapangan yang luas.

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: Mengenal Sekolah Kedinasan, Serta Biaya Seleksinya

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS