banner-detik
SELF

Musim Hujan, Ini 25 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

author

Mommies Daily21 Jan 2024

Musim Hujan, Ini 25 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Hati-hati, musim hujan biasanya banyak yang terkena penyakit. Konsumsi beberapa makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini.

Musim hujan adalah musim di mana hujan turun dengan lebatnya, terkadang bahkan bisa banjir. Biasanya, nih, imun tubuh bakal drop dan membuat kita gampang sakit di musim hujan. Yuk perkuat tubuh dengan menyantap berbagai makanan peningkat imunitas tubuh!

Musim hujan adalah musim yang penuh dengan infeksi, dan penyakit yang paling banyak menyebar adalah batuk pilek, demam berdarah, tifus, hingga radang tenggorokan. Jadi, pada musim hujan makanan harus dimasak dengan segar, seimbang dan mudah dicerna supaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan tubuh tetap sehat.

Sebenarnya seberapa penting, sih, makanan untuk imunitas tubuh?

“Apa yang kita makan sangat penting dalam hal bagaimana sistem kekebalan tubuh kita merespons patogen dan seberapa baik sistem kekebalan tubuh dapat mempertahankan diri dari patogen,” kata Dr. Simin Meydani, ilmuwan senior dan pemimpin tim imunologi nutrisi di Tufts University’s Jean Mayer USDA, Amerika, seperti dikutip dari CNN.

Menurut Dr. Simin, makanan yang mengandung vitamin C, vitamin D, vitamin B kompleks, seng dan selenium bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dr. Simin menambahkan, cara terbaik untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat adalah dengan mengonsumsi berbagai macam buah dan sayuran yang segar setiap hari, serta biji-bijian berkualitas tinggi.

Jadi, sudah sadar kan kalau makanan punya peran penting dalam memperkuat imun dan mencegah Mommies atau keluarga cepat sakit. Yuk, cek daftar makanan penguat imun di musim hujan berikut ini.

BACA JUGA: Gejala dan Penyebab Biduran, hingga Cara Mengobatinya yang Ampuh

25 Makanan untuk Meningkatkan Imun di Musim Hujan

Ini beberapa pilihan menu makanan yang bisa Mommies dan keluarga konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan imun.

  1. Jagung. Jagung adalah makanan musim hujan terbaik bagi orang-orang yang suka menikmati cuaca dingin. Mudah dimasak dan harganya juga cenderung murah.
  2. Jahe. Tidak hanya membantu menghangatkan tubuh, jahe juga meningkatkan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh agar Anda tetap bergizi dan kuat dalam menghadapi musim hujan.
  3. Sup sayur. Makanan ini meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menjaga tubuh tetap hangat. Pilihlah sup berbahan dasar sayuran seperti wortel dan bayam, yang memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat baik.
  4. Kimchi. Makanan kaya probiotik ini meningkatkan kesehatan usus dan membantu pencernaan, serta membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.
  5. Dim Sum. Sepiring dim sum adalah makanan musim hujan terbaik dan wajib ada saat cuaca hujan. Camilan musim hujan ini dapat disajikan dengan mayones atau chilli oil.
  6. Wedang Ronde. Makanan asli Indonesia ini memang pas untuk menghangatkan tubuh di musim hujan. Wedang Ronde menggunakan bahan dasar dari tepung ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan tambahan kacang sangrai, kolang-kaling dan roti tawar. Kuahnya dari jahe yang bakal membuat perut hangat.
  7. Bubur kacang hijau. Biasa dimakan saat sarapan, bubur kacang hijau cocok disantap buat musim hujan. Rasanya manis dan hangat kuahnya bisa membantu meningkatkan suhu badan saat hujan.
  8. Mie rebus. Makanan ini jadi favorit banyak orang karena mudah dimasak. Mie rebus bisa menjadi pilihan terbaik sebagai makanan saat hujan. Namun, makannya jangan berlebihan dan setiap hari, ya!
  9. Sekoteng. Minuman khas Indonesia ini bisa jadi alternatif saat hujan. Sekoteng adalah minuman khas Jawa Tengah yang terbuat dari air jahe yang biasa dihidangkan dalam keadaan panas dan nikma dikonsumsi di waktu hujan.
  10. Brokoli. Sayur ini mengandung antioksidan kuat, seperti sulforaphane. Karena alasan ini, brokoli merupakan pilihan sayuran yang baik untuk dikonsumsi secara teratur untuk mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh.
  11. Sup Bayam. Bayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena mengandung banyak nutrisi penting seperti flavonoid, yang dapat membantu mencegah flu di saat hujan.
  12. Kayu manis. Biasanya juga disebut cinnamon sangat bagus untuk musim hujan karena membuat tubuh hangat. Sertakan lebih banyak rempah-rempah kayu manis dalam makanan Anda, bahkan hanya dengan sedikit taburan di atasnya.
  13. Soto. Berbahagialah Anda tinggal di Indonesia karena banyak pilihan makanan berkuah. Kalau tak suka sup sayur, masih ada soto! Soto merupakan salah satu makanan khas Indonesia bercita rasa gurih, yang juga bisa menjadi salah satu pilihan menu makanan saat musim hujan.
  14. Kunyit. Kunyit memiliki banyak manfaat. Selain membuat tubuh hangat saat dicampur ke makanan dan minuman, kunyit juga dikenal sebagai obat anti-inflamasi dan antioksidan.
  15. Dark Chocolate. Cokelat hitam mengandung antioksidan yang disebut theobromine, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Di musim hujan, Anda bisa meminum segelas cokelat hitam untuk kesehatan.
  16. Kefir. Salah satu superfoods yang memang super dalam meningkatkan imun tubuh. Kefir adalah minuman fermentasi yang mengandung bakteri, yang bermanfaat bagi kesehatan.
  17. Tekwan. Hidangan khas Palembang ini merupakan makanan yang banyak dicari ketika suhu sedang dingin. Bahannya sebenarnya sama dengan pempek tapi disajikan dengan kuah yang gurih.
  18. Paprika Merah. Sayuran ini sumber alternatif yang sangat baik untuk vitamin C. Sebaiknya Mommies mengolah paprika dengan menumis atau memanggangnya, agar nutrisinya tetap terjaga.
  19. Jeruk. Kebanyakan orang secara naluriah beralih ke buah jeruk jika mereka merasa masuk angin karena kehujanan. Tidak salah, karena jeruk kaya akan vitamin C, antioksidan dan nutrisi yang mendukung kekebalan tubuh.
  20. Kacang-kacangan. Kacang-kacangan adalah salah satu sumber vitamin E terbaik, antioksidan yang larut dalam lemak yang bagus untuk meningkatkan imun tubuh.
  21. Gandum. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, beta-glukan dalam gandum meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk menangkal berbagai macam patogen seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit.
  22. Teh hijau. Meminum segelas hangat teh hijau di musim hujan pasti membuat Mommies jauh dari penyakit. Pasalnya, teh hijau mendukung sistem kekebalan tubuh dengan menyediakan antioksidan yang melindungi dari radikal bebas dan kerusakan oksidatif.
  23. Makanan berbumbu cabe. Ya, Mommies nggak salah baca. Cabe memang bermanfaat bagi tubuh karena mengandung alkaloid yang dikenal sebagai capsaicin, yang menunjukkan sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba. Apalagi di musim hujan makan masakan bercabe bisa menghangatkan tubuh. Asal jangan kebanyakan saja ya, Mommies.
  24. Shabu-shabu. Makanan yang berasal dari Jepang ini juga cukup populer akhir-akhir ini dan tentunya akan sangat lezat disantap saat hari hujan. Makanan ini merupakan rebusan dari banyak bahan seperti tahu, daging, jamur, dan banyak lainnya.
  25. Bakso. Siapa di sini yang suka bakso? Hampir semua orang Indonesia pasti akrab dengan rasa bakso yang gurih dan lezat. Biasa disajikan hangat-hangat, makanan ini cocok disantap saat hujan dan dingin. Segar!

BACA JUGA: 6 Perbedaan Batuk Biasa dan Batuk TBC, Mommies Harus Tahu!

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Image by wayhomestudio on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan