banner-detik
EDUCATION

Terpercaya, Ini 10 Bimbel yang Sudah Lama Ada di Indonesia

author

Mommies Daily18 Jan 2024

Terpercaya, Ini 10 Bimbel yang Sudah Lama Ada di Indonesia

Hadirnya bimbingan belajar atau bimbel sudah cukup lama di masyarakat, tetapi beberapa di antaranya bertahan berpuluh tahun dan jadi jaminan mutu.

Bimbel atau bimbingan belajar merupakan dukungan pembelajaran yang diperlukan oleh banyak anak. Terkadang belajar di sekolah saja tidak cukup dan waktu guru terbatas untuk memenuhi kebutuhan unik setiap siswa.

Namun di tempat les ini biasanya interaksi guru dan murid bisa lebih intens, sehingga kebutuhan pembelajaran murid bisa tersalurkan dengan tepat.

Selain itu, kelas-kelas bimbel biasanya mengikuti kurikulum terstruktur yang melengkapi sekolah. Hal ini memungkinkan siswa untuk memperkuat pengetahuan mereka dan mengejar ketertinggalan akademis.

Seiring dengan perkembangan zaman, muncul bimbel online. Walau begitu beberapa bimbingan belajar tradisional yang sudah lama ada di Indonesia ini tetap bertahan. Mereka mempunyai konsistensi kualitas yang membuat bimbel tersebut tetap dilirik.

BACA JUGA: Daftar Bimbel untuk Masuk SMA Favorit dan Kisaran Biayanya, Anak SMP Wajib Tahu!

Bimbel yang sudah Lama Ada di Indonesia

Jika Mommies sedang cari rekomendasi bimbel terbaik dan sudah terbukti, simak daftar berikut ini.

1. PRIMAGAMA

Salah satu bimbel legendaris yang sudah berdiri lama. PRIMAGAMA berdiri tepatnya pada tanggal 10 Maret 1982 di Yogyakarta. Kelas pertama PRIMAGAMA ini dimulai dengan hanya memiliki 2 orang siswa. Namun kini cabangnya sudah menyebar ke seluruh Indonesia.

Bisa dibilang Primagama adalah bimbingan belajar pionir sekaligus bimbel tertua di Indonesia yang sudah didirikan sejak tahun 1982. Program Primagama memiliki beberapa kategori dan sangat luas, terdiri dari (siswa 3,4,5,6 SD – 7,8,9 SMP, dan 10,11,12 SMA IPA/IPS) dengan target pendidikan adalah meningkatkan prestasi akademik di sekolah, Ujian Akhir Sekolah, Ujian Nasional, dan Sukses Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri/Favorit serta sekolah kedinasan (bagi SMA/SMK).

2. Nurul Fikri

Satu lagi bimbel legendaris yang sudah lama adalah Nurul Fikri. Bimbingan belajar ini dirintis sejak tahun 1985 oleh sekumpulan mahasiswa dan sarjana muslim Universitas Indonesia.

Mereka memberikan bimbingan belajar kepada siswa/siswi muslim yang memiliki semangat belajar tinggi dalam rangka mempersiapkan diri, untuk menghadapi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) yang dulu dikenal dengan SIPENMARU.

Dalam perkembangannya Nurul Fikri tak hanya diikuti oleh murid beragama muslim tapi sudah seluruh Indonesia.

3. Ganesha Operation

Ganesha Operation meramaikan pasar bimbel yang tampaknya semakin maju pada tahun 80-an. Ganesha Operation atau biasa disebut bimbel GO berdiri tanggal 1 Mei 1984 dan berlokasi di Bandung.

Banyak lulusan dari bimbingan belajar ini masuk universitas top di Bandung seperti ITB dan Universitas Padjajaran. Fokus pembelajaran bimbel ini memang lebih ke meloloskan ujian nasional universitas, walau ada juga kelas untuk SMP dan SMA.

4. INTEN

Bimbel Institut Teladan (INTEN) didirikan pada tahun 1987 oleh mantan pengejar-pengajar LBB OMEGA Jakarta yang dipimpin oleh Bapak Ir. Nelson Idris Silaban. Bimbel ini telah berhasil mencetak banyak siswa berprestasi dan diterima di perguruan tinggi negeri.

Bimbingan belajar ini termasuk yang berevolusi dan tidak hanya mengadakan kelas offline. Ada juga kelas online dan kelas hybrid yang memudahkan siswa untuk belajar.

5. Neutron

Salah satu bimbingan belajar yang sudah bertahan lama lainnya adalah Neutron. Bimbel ini didirikan tahun 1993 dan memiliki kantor pusat di Yogyakarta. Tidak hanya melakukan pembelajaran secara tatap muka dengan pengajar, melalui website resminya di laman “Ayo Bertanya” Neutron juga telah memfasilitasi para siswa untuk bertanya secara online di mana pun dan kapan pun.

6. Sonny Sugema College (SSC)

Sesuai namanya, bimbingan belajar ini mengambil nama dari sang pendiri yaitu Sony Sugema. Sony Sugema mendirikan bimbelnya di Jalan Dipati Ukur, Bandung, tahun 1990 silam dan akhirnya terus berkembang.

Pembelajaran dalam SSC membantu membentuk karakter siswa bermental juara. SSC menerapkan pengajaran secara komprehensif, lengkap dengan cara-cara menarik hingga mudah dipahami siswa.

7. Zenius

Zenius bisa jadi pelopor bimbel online di Indonesia. Zenius dimulai pada 2004, didirkan oleh Sabda PS dan Medy Suharta. Saat itu produk bimbingan belajar mereka dipasarkan dalam bentuk CD dan akhirnya berkembang menjadi online.

Zenius menawarkan bimbel live interaktif yang menemani siswa belajar dan mendalami materi pelajaran sekolah secara live dan interaktif. Sayang sekali saat ini Zenius sedang tutup sementara.

8. Ruang Guru

Ruang Guru merupakan bimbel online yang populer di kalangan siswa. Bimbingan belajar ini didirikan oleh Belva Devara dan Iman Usman pada April 2014 dan terus berkembang.

Saat ini Ruang Guru menawarkan lebih dari 100 bidang pelajaran. Siswa bisa mengunduh aplikasi lewat smartphone, sehingga bisa belajar kapan saja dan di mana saja.

9. Widya Medika

Widya Medika memang masih terhitung ‘cilik’, tapi bimbel yang berdiri sejak tahun 2017 ini sudah membuktikan kualitasnya. Selain itu materi pembelajarannya memang lebih kepada lulusan sekolah.

Bimbingan belajar ini memiliki program try out atau simulasi ujian berbasis computer (Computer Assisted Test/CAT) untuk persiapan CPNS dan tes PPPK yang sangat populer.

10. Bimbel DND

Mirip dengan Widya Media, bimbingan belajar DND juga punya fokus kepada pembelajaran lulusan sekolah yang ingin mencari kerja, terutama ingin menembus CPNS.

Peserta akan mendapatkan tips dan trik lulus ujian CPNS, manajemen waktu, cara-cara cepat, metode belajar dan pengerjaan, bahkan tips untuk memilih jabatan CPNS yang diinginkan.

Ditulis oleh: Imelda Rahma

BACA JUGA: 5 Daftar Bimbel untuk Masuk PTN, Beserta Program dan Biayanya

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan