banner-detik
SELF

9 Hobi yang Bisa Bikin Semakin Pintar, Termasuk Main Game!

author

Mommies Daily05 Jan 2024

9 Hobi yang Bisa Bikin Semakin Pintar, Termasuk Main Game!

Punya hobi nggak hanya buat Anda merasa senang, karena ada juga hobi yang bisa bikin semakin pintar dan mengasah otak! Ini daftarnya!

Hobi tidak hanya bagus untuk membuat kita terhibur, teralihkan dari kekhawatiran akan pekerjaan dan membantu kita bertemu dengan orang-orang baru, tetapi hobi juga dapat membuat Anda lebih pintar.

Apakah sesuatu yang Anda lakukan untuk bersenang-senang bisa membuat Anda lebih pintar? Nah, ternyata hobi favorit Anda mungkin memiliki manfaat selain menghabiskan waktu. Menurut penelitian ilmiah, semakin sering Anda menggunakan otak Anda, mengenalkannya pada rangsangan baru, otak akan menjadi lebih kuat – tidak berbeda dengan otot Anda.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Buku Bacaan untuk Anak Perempuan yang Pintar dan Berani

Hobi yang Bisa Bikin Semakin Pintar

Menakjubkan, bukan? Daftar hobi berikut ini bisa membuat kita semakin pintar.

1. Memainkan alat musik

Dengan memainkan alat musik apa pun, Anda akan membuat koneksi baru antara kedua sisi otak, memperkuat corpus callosum. Tidak peduli apakah Anda berusia lima atau 55 tahun, meningkatkan corpus callosum Anda diketahui dapat membantu dalam keterampilan pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan memperkaya ingatan Anda.

2. Bermain game

Anda mungkin pernah mendengar dari kakek dan nenek Anda, bahwa bermain catur atau bermain Scrabble akan membuat Anda lebih cerdas. Mereka benar sekali. Teka-teki silang dan permainan yang merangsang lainnya akan mengembangkan neuroplastisitas Anda, mengasah kemampuan otak Anda.

Pikirkan otak Anda seperti halnya tubuh Anda; Anda harus menjaganya tetap aktif dan menyempurnakannya agar dapat bekerja dengan baik. Jadi, selami permainan Sudoku, Monopoli, dan bahkan teka-teki visual.
Bahkan main video game untuk permainan tertentu juga membuat Anda melatih strategi. Semua itu akan membuat Anda terhibur, dan bahkan membuat Anda merasa semakin pintar.

3. Membaca buku

Membaca sangat membantu dalam meningkatkan tingkat kecerdasan Anda. Hal ini lebih baik lagi jika Anda rajin membaca berbagai topik yang berbeda, mulai dari fiksi dan biografi, bahkan parenting.

Membaca dapat mengurangi stres, membantu Anda merasakan berbagai emosi, dan mengajarkan Anda banyak hal tentang berbagai topik. Semua faktor ini membantu Anda merasa lebih baik tentang diri Anda sendiri.

Tahu sendiri kan, jika berdamai dengan diri sendiri adalah salah satu fondasi terpenting untuk kesejahteraan yang positif.

Membaca juga sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang suatu subjek, mempersiapkan diri untuk segala macam situasi, dan menjadi lebih produktif dalam mencapai tujuan Anda.

Nah, kalau Anda mencari rekomendasi buku yang bisa buat pintar, coba beberapa buku bagus untuk dibaca berikut:

  • Thinking Fast and Slow

Buku terlaris tahun 2011 karya peraih Nobel Kahneman ini merupakan kisah menarik tentang cara kerja otak manusia, dengan dua cara utama berpikir dan mengambil keputusan: cepat dan lambat. Apa perbedaan keduanya?

  • A Brief History of Time

Stephen Hawking menulis catatan definitif tentang kosmologi ini untuk orang awam yang ingin tahu lebih banyak tentang ilmu pengetahuan yang menarik ini. Diperbarui selama bertahun-tahun, A Brief History of Time tetap tak tertandingi sebagai pengantar ke topik menarik mengenai dunia.

  • Sapiens: A Brief History of Humankind

Sebuah eksplorasi sejarah manusia yang sangat menarik, karya Yuval Noah Harari menggali evolusi spesies manusia, mulai dari saat Homo Sapiens berbagi bumi dengan yang lain, hingga manusia kontemporer. Rekomendasi buku satu ini melacak tiga revolusi besar yang mengubah perjalanan umat manusia, serta cara otak dan budaya kita berkembang dan meluas.

  • Smart Parenting, Smarter Kids: The One Brain Book You Need to Help Your Child Grow Brighter, Healthier, and Happier

Buku parenting satu ini juga jadi rekomendasi buku yang tak hanya buat Anda pintar, tapi juga anak Anda pintar. Didukung banyak data ilmiah, buku ini memberikan saran-saran praktis mengenai memori, bahasa, emosi, nutrisi, permainan, dan banyak lagi.

4. Rajin olahraga

Tubuh yang sehat membantu memastikan Anda memiliki otak yang sehat. Bagaimanapun juga, otak Anda seperti otot lain dalam tubuh Anda.

Berolahraga secara teratur membuat otak dan tubuh Anda berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini mengurangi ketegangan dan membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

5. Menulis

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menulis, termasuk meningkatkan tingkat kecerdasan Anda secara keseluruhan.

Menulis meningkatkan kemampuan linguistik Anda, tentu saja. Namun, menulis juga membantu Anda mengembangkan kemampuan seperti fokus, kreativitas, imajinasi, dan pemahaman.

6. Belajar masak atau buat menu baru

Banyak dari kita merasa bahwa memasak hanya membuang-buang waktu dan merupakan sesuatu yang sangat ingin kita hindari. Eits, jangan salah.

Setiap kali Anda memasak sesuatu, Anda belajar untuk melakukan banyak tugas, mengukur dengan presisi dan membuat keputusan dengan cepat. Dengan semua keterampilan yang Anda peroleh, Anda juga menjadi lebih pintar.

7. Belajar bahasa baru

Mempelajari bahasa baru mungkin tidak selalu menjadi tugas yang mudah, tetapi pasti memiliki banyak keuntungan-membuat Anda lebih pintar.

Proses belajar bahasa baru melibatkan tugas-tugas seperti menganalisis struktur tata bahasa dan mempelajari kata-kata baru, yang akan meningkatkan kecerdasan dan kesehatan otak Anda, loh.

8. Meditasi secara teratur

Manfaat meditasi yang paling utama adalah membantu Anda fokus pada diri sendiri dan membuat Anda mengenal diri Anda yang sebenarnya.

Meditasi secara teratur membantu Anda untuk memiliki kendali penuh atas diri Anda sendiri. Menyadari gangguan dan metode pengendalian diri yang efektif adalah hal yang sangat penting ketika bekerja untuk meningkatkan kecerdasan Anda.

9. Bepergian ke tempat baru

Liburan tidak hanya buat healing, loh! Ada banyak hal yang lebih dari itu. Liburan, terutama ke tempat baru benar-benar dapat meningkatkan kecerdasan Anda.

Latihan fisik dan mental yang terlibat dalam perjalanan, bisa menghilangkan stres dari pikiran Anda. Ketika Anda bebas dari stres, Anda akan lebih mampu untuk fokus pada tugas, observasi, dan memperdalam pemahaman Anda tentang suatu hal.

Ditulis oleh: Imelda Rahma

BACA JUGA: 7 Cara Melatih Anak Usia SMP Pintar Berkomunikasi

Cover: Unsplash

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan