banner-detik
PARENTING & KIDS

Wajib Dimiliki Orang Tua Baru, Ini 9 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik

author

Fannya Gita Alamanda04 Jan 2024

Wajib Dimiliki Orang Tua Baru, Ini 9 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik

Sebagai orang tua baru, Anda pasti butuh rekomendasi buku parenting yang punya banyak informasi berguna. Berikut rekomendasi dari para psikolog anak.

Rekomendasi buku parenting adalah satu hal yang dibutuhkan oleh para orang tua baru. Pasalnya perasaan bahagia sekaligus was-was dan khawatir adalah perasaan yang mendominasi para orang tua baru. Hal itu merupakan sesuatu yang wajar karena tandanya Anda sangat ingin menjadi orang tua yang baik dan bertanggung jawab. Dan untuk memaksimalkan peran sebagai orang tua baru, Anda bisa mendapatkan bantuan dari sekitar, salah satunya dari buku parenting yang punya segudang informasi.

Mommies Daily pun merangkum rekomendasi buku parenting dari beberapa pakar, mulai dari Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S. Psi, Psikolog Klinis Anak dan Remaja, Febrizky, Konselor dan Sex Educator, dan Rahma Paramita M.Psi, Psikolog. Semuanya cocok untuk menambah ilmu para orang tua baru. Happy reading!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Buku Bacaan untuk Anak Perempuan yang Pintar dan Berani

Rekomendasi Buku Parenting untuk Orang Tua Baru

1. What to Expect the First Year Third Edition by Heidi Murkoff

rekomendasi buku

Rekomendasi buku parenting yang pertama adalah “What to Expect the First Year” oleh Heidi Murkoff bersama Sharon Mazel. Ini adalah buku berisi panduan terperinci dan informatif tentang mengasuh anak selama tahun pertama kehidupan mereka. Banyak orang tua baru kewalahan dengan perasaan khawatir dan berbagai pertanyaan tentang bagaimana memastikan bayi mereka yang baru lahir mendapatkan kehidupan yang sehat dan berkualitas.

“What to Expect the First Year” menekankan pentingnya memahami dan memenuhi kebutuhan dasar bayi. Buku ini mencakup berbagai topik termasuk pemberian makan, vitamin dan suplemen, tidur yang aman, perlengkapan kamar bayi, perkembangan emosional, pertumbuhan kognitif, pola asuh ramah lingkungan, perkembangan fisik, pembelajaran menggunakan toilet sejak dini, penyapihan, sampai dampak screen time (TV, tablet, aplikasi, komputer) terhadap bayi. Kebutuhan para ayah dan ibu juga dibahas, lho.

2. The Happiest Baby on the Block by Harvey Karp, M.D

rekomendasi buku

Dr. Harvey Karp tahu bahwa bahkan orang tua yang paling penyayang pun terkadang kewalahan saat bayi mereka terus-menerus menangis. “The Happiest Baby on the Block: The New Way to Calm Crying and Help Your New-born Baby Sleep Longer” adalah salah satu buku pengasuhan anak paling penting.

Dalam buku tersebut, Dr. Harvey Karp memberikan trik luar biasa yang selama ini dicari oleh para orang tua. Ini tentang tips untuk menenangkan tangisan bayi. Dengan membaca, memahami, dan menerapkan tips dari buku ini, orang tua tidak perlu lagi nelangsa berdiri sangat menangis.

3. Raising Good Humans by Hunter Clarke-Fields, MSAE

rekomendasi buku

Dunia yang lebih baik dan penuh kasih sayang dimulai dari anak-anak yang baik hati dan penuh kasih sayang. Dalam “Raising Good Humans”, Anda akan mendapatkan strategi ampuh dan praktis untuk membuang kebiasaan “mengasuh anak dengan reaktif.” Orang tua akan diajak membesarkan anak-anak yang baik hati, kooperatif, dan percaya diri.

Sebagai orang tua, banyak dari kita bereaksi tanpa berpikir saat stres. Seringkali bahkan dengan membentak. Namun bagaimana jika sikap pemarah dan meledak secara otomatis tadi dapat berubah menjadi respon yang lebih bijaksana, tenang, dan menghindarkan Anda dari tekanan darah tinggi?

Buku ini membantu orang tua baru mengelola emosi dan berpikir dengan tenang. Dalam prosesnya, Anda juga akan belajar untuk memeriksa pola asuh negatif yang sudah mendarah daging, yang berasal dari orang tua Anda dan generasi-generasi mereka sebelumnya.

Hasilnya Anda dapat memutus siklus tersebut. Ketika anak-anak merasakan orang tua bereaksi dengan baik dan sabar, mereka juga belajar untuk bertindak sama.

4. The Whole-Brain Child by Dr Daniel Siegel and Dr Tina Payne Bryson

rekomendasi buku

The Whole-Brain Child adalah buku yang praktis dan penuh wawasan untuk membantu orang tua menavigasi masa-masa sulit dalam menjadi orang tua. Dengan memberikan ‘dua belas strategi revolusioner untuk memupuk perkembangan pikiran anak Anda’, buku ini akan memungkinkan Anda untuk bertahan dalam perjuangan sehari-hari sebagai orang tua dan membantu keluarga berkembang.

Berdasarkan ilmu saraf, penulis membekali orang tua dengan seperangkat keterampilan dan alat untuk mengatasi kesulitan dalam mengasuh anak. Kita juga diberikan cara-cara praktis untuk membantu anak-anak dan diri sendiri berkembang.

5. How to Talk So Little Kids Will Listen by Joanna Faber & Julie King

rekomendasi buku

Jika Anda kesulitan membuat anak-anak mendengarkan Anda, ini adalah buku yang sangat direkomendasikan! Ada begitu banyak tips dalam “How to Talk So Little Kids will Listen” yang akan membantu. Tidak hanya membuat anak mendengarkan, tetapi juga mempererat hubungan Anda dengan mereka.

6. Parenting from the Inside Out, 10th Anniversary Edition by Daniel J. Siegel, MD dan Mary Hartzell, MEd

rekomendasi buku

Dalam Edisi 10th Anniversary buku klasik terlaris “Parenting from the Inside Out”, psikiater anak dan co-writer “The Whole-Brain Child” Daniel J. Siegel dan pakar anak usia dini Mary Hartzell, mengeksplorasi sejauh mana pengalaman masa kecil membentuk cara kita mengasuh anak.

Dari hasil penelitian penting di bidang neurobiologi interpersonal, Siegel dan Hartzell menjelaskan bagaimana hubungan orang tua-anak secara langsung memengaruhi perkembangan otak anak.

Buku ini juga membantu orang tua baru memahami lebih dalam tentang kisah hidup mereka sendiri dan cara mereka dibesarkan dulu untuk membantu mereka bertindak sama atau lebih positif.

7. No-Drama Discipline by Daniel J. Siegel, MD & Tina Payne Bryson, PhD

rekomendasi buku

David J. Siegel, psikiater, dan Tina Bryson, pekerja sosial dan spesialis psikoterapi anak, bekerjasama menulis panduan pengasuhan anak ini untuk membantu Anda mengasuh anak dengan memahami perkembangan otak mereka.

Meskipun judulnya mengandung kata ‘disiplin’, kedua penulis menekankan bahwa itu tidak boleh disamakan dengan hukuman. Ketika menukar ‘penderitaan’ dengan didikan atau mengajar, Anda dapat mengasuh sekaligus membangun hubungan yang baik dengan mereka.

“No-Drama Discipline” adalah pendekatan menyegarkan dalam mengasuh anak. Caranya dengan menerapkan ilmu saraf otak anak yang sedang berkembang yang bertujuan untuk memahami cara terbaik mendisiplinkan dan mengajar anak-anak, sekaligus membuat mereka merasa dicintai.

8. How to Talk So Kids Will Listen & Listen So Kids Will Talk by Adele Faber dan Elaine Mazlish

rekomendasi buku

Karena sangat membantu dalam hal pengasuhan si kecil, buku ini sampai dianggap sebagai Kitab Suci Pengasuhan Anak. Para orang tua baru akan mendapatkan banyak ilmu berharga tentang cara berkomunikasi secara efektif dengan anak-anak mereka.

9. Bagaimana Bersikap Pada Anak Agar Anak Bersikap Baik by Sal Severe, Ph.D.

rekomendasi buku

Rekomendasi buku bacaan parenting terakhir adalah buku yang satu ini. Mengajar orang tua cara bersikap terhadap anak, cara bertindak agar anak-anak mau bersikap baik da mau mendengarkan dulu apa yang orang tua inginkan, serta lebih mudah patuh.

Dengan memahami isi buku ini, orang tua terhindar dari perbantahan tanpa ujung yang melelahkan hati dengan anak-anak mereka. Anda juga jadi gampang menerapkan disiplin pada anak-anak. Intinya, buku ini membuat ‘pekerjaan’ Anda sebagai orang tua yang baik menjadi jauh lebih mudah.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Buku Bacaan untuk Anak Laki-Laki

Cover: Freepik

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan