banner-detik
SELF

Jenis Makanan yang Bisa Membuat Mata Bengkak

author

Mommies Daily03 Jan 2024

Jenis Makanan yang Bisa Membuat Mata Bengkak

Hindari berbagai jenis makanan ini jika ingin kesehatan mata tetap terjaga dan terhindar bebas bengkak. Ini rahasianya!

Jenis makanan yang dikonsumsi ternyata memengaruhi bentuk wajah, dan ada yang bisa membuat mata jadi bengkak, lho.

Mata bengkak adalah suatu kondisi yang umum terjadi, tetapi bisa mengganggu penampilan. Mata bengkak umumnya disebabkan oleh kurangnya tidur atau kondisi medis, seperti alergi dan tiroid.

Namun, ternyata makanan yang kita konsumsi dapat berperan dalam kesehatan mata, termasuk pembengkakan di area sekitar mata. Ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi berlebihan bisa berkontribusi pada pembengkakan di sekitar mata, lho!

BACA JUGA: Jangan Makan 6 Buah Ini Saat Sedang Diet, Ini Pro Dan Kontranya!

Jenis Makanan yang Bisa Membuat Mata Bengkak

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang bisa menyebabkan pembengkakan di area mata. Hindari, ya!

1. Junk Food

Junk Food atau makanan cepat saji memang dikenal tidak sehat bagi tubuh. Junk food memiliki kandungan natrium yang tinggi, yaitu mencapai hampir 2000 miligram per sajian. Natrium berlebih ini dapat menyebabkan penahanan air, sehingga menyebabkan peradangan di area mata.

2. Tomat

Tomat yang merupakan bagian dari keluarga terong-terongan ternyata mengandung solanine, yang dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan.

Meskipun belum terbukti secara ilmiah, menghilangkan tomat dari diet telah menunjukkan perubahan positif bagi mereka yang memiliki kondisi inflamasi seperti arthritis.

3. Terong

Sama seperti tomat, terong juga mengandung solanine. Zat ini dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan. Mommies bisa menghindari terong dari jadwal diet sementara dan jika ingin mengurangi pembengkakan mata.

4. Cabai

Jenis makanan yang bisa menyebabkan mata bengkak berikutnya adalah cabai. Senyawa capsaicin dalam cabai pedas dapat menyebabkan peradangan dan sensasi terbakar di jaringan di sekitar mata.

5. Makanan Kaleng

Umumnya makanan kaleng, seperti chickpeas dan kacang hitam kalengan, mengandung sodium untuk menjaga keawetannya.

Sodium dalam makanan kaleng merangsang retensi air di bawah mata, sehingga menyebabkan pembengkakan berlebihan pada jaringan mata. Mencuci dan membersihkan makanan kaleng sebelum dikonsumsi bisa membantu menghilangkan efek buruk tersebut.

6. Produk dengan Gluten

Bagi mereka yang intoleran terhadap gluten, produk berbasis gandum, seperti pasta dan roti, dapat menyebabkan mata bengkak. Tak hanya itu, produk dengan gluten juga bisa menyebabkan perut kembung pada beberapa orang.

7. Produk Susu

Keju, susu, dan yogurt bisa menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada orang yang alergi atau intoleran terhadap produk susu. Menghindari jenis makanan yang terbuat dari olahan susu dapat menjadi pilihan cerdas untuk mencegah pembengkakan yang tidak perlu, termasuk mengurangi pembengkakan di bawah mata.

8. Gula

Gula, baik alami maupun pemanis buatan, dikenal bisa menyebabkan peradangan. Asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan yang terlihat. Terutama di sekitar mata karena kulit di daerah mata cukup tipis. Mommies bisa beralih dari camilan manis ke buah-buahan untuk mengurangi pembengkakan di pagi hari.

9. Makanan dengan Garam Tinggi

Jenis makanan yang bisa menyebabkan mata bengkak yang terakhir adalah garam. Makanan dengan kadar garam tinggi, seperti keripik asin, memiliki banyak resiko, salah satunya adalah meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, mengkonsumsi banyak makanan asin bisa membuat tubuh menyimpan air dan menyebabkan pembengkakan, termasuk di area mata.

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: Ternyata Ada Makanan yang Bisa Membuat Kulit Kusam, Hindari Yuk!

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan