banner-detik
PARENTING & KIDS

Bikin Wawasan jadi Luas, Ini 15 Buku Bacaan Wajib untuk Anak Laki-Laki

author

Mommies Daily03 Jan 2024

Bikin Wawasan jadi Luas, Ini 15 Buku Bacaan Wajib untuk Anak Laki-Laki

Membaca buku memberi kesempatan anak laki-laki untuk memperluas wawasan mereka. Berikut ini buku bacaan untuk anak laki-laki yang cocok untuk segala usia.

Apa yang perlu kita tanamkan pada anak laki-laki kita adalah bahwa membaca buku adalah hobi penting yang harus menjadi kebiasaan. Mengapa? Karena jika mereka ingin sukses dalam segala hal, mereka harus membaca. Yuk, kita bahas dan jabarkan beberapa rekomendasi buku bacaan untuk anak laki-laki.

Membaca buku bisa memperluas wawasan anak laki-laki dan berdampak pada usia berapa pun. Misalnya, anak laki-laki Anda ingin bermain olahraga di perguruan tinggi? Dorong mereka untuk membaca tentang atlet favorit mereka dan membaca buku-buku tentang nutrisi dan kebugaran fisik.

Atau apakah anak-anak laki Anda ingin menjadi gitaris terkenal atau desainer grafis yang sukses? Berikan buku tentang biografi musisi atau artis favorit mereka. Anak-anak tidak hanya membutuhkan inspirasi dari orang-orang yang mereka kagumi dan cita-citakan, mereka juga perlu belajar dari kesalahan para pahlawan mereka.

Semua pelajaran di atas bisa didapat dari buku-buku bacaan anak. Yuk, Mommies berikan buku rekomendasi ini untuk anak laki-laki Anda. Ini dia beberapa rekomendasi buku bacaan untuk anak laki-laki yang bisa jadi jendela dunia mereka!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Buku Bacaan untuk Anak Perempuan yang Pintar dan Berani

Rekomendasi Buku Bacaan Anak Laki-laki Usia Balita

1. Tiko Bilang Tolong

Foto: Gramedia

Menanamkan kesopanan dan rasa menghargai baiknya dari umur dini. Dari buku yang mudah dibaca dan didukung ilustrasi lucu ini, anak laki-laki bisa belajar banyak tentang kesopanan dan cara meminta tolong jika ingin melakukan sesuatu.

2. Aku Anak Pemberani, Percaya Diri dan Mandiri

Buku berjudul “Aku Anak Pemberani, Percaya Diri dan Mandiri” terbitan Penerbit Kanak ini terdapat banyak kisah-kisah yang berisikan tips agar anak mampu menjaga dirinya saat sedang tidak bersama orangtua.

3. Mom, Dad, I Love You

Dengan cerita-cerita ini, anak akan memahami betapa besar kasih sayang orangtua kepada mereka. Selain itu, penggunaan dwibahasa dalam buku cerita anak ini juga bisa sekaligus mengenalkan anak pada bahasa inggris, tapi masih dalam kosakata yang sederhana, kok.

4. My Baby Reads! – I Love You Because

Buku ini mengajarkan koneksi kasih sayang antara ibu dan anaknya. Anak laki-laki yang membaca buku ini bisa mengembangkan kinerja sensoriknya, juga melatih kemampuan motorik halusnya dalam menggengam benda dan mengenal tekstur benda.

5. Seri Pengetahuan Anak Sehat: Hiaat! Jurus Melawan Flu

Buku ini mengangkat tma tentang perlunya waspada saat bermain di luar ruangan. Dalam cerita ini, anak laki-laki akan diajarkan tentang penyakit yang bisa menyerang saat bermain di luar rumah. Mereka juga diajar untuk bermain di luar dengan aman.

Rekomendasi Buku Bacaan Anak Laki-laki Usia 6-12 Tahun

1. Alvin Ho Series

Foto: Amazon

Di umur 6-12 tahun yang merupakan tahun-tahun pertama sekolah, anak laki-laki akan menemukan banyak persamaan di dalam bacaan ini. Siapa pun yang pernah merasa takut atau tidak percaya diri dapat memahami Alvin. Di sekolah, dia takut pada segala hal dan tidak mengucapkan sepatah kata pun meskipun dia percaya diri dan lantang di rumah.

2. Here’s Hank

Satu lagi buku bacaan ringan untuk anak si kecil. Buku ini menceritakan sosok Hank yang duduk di kelas dua dan selalu membuat orang tertawa – bahkan ketika dia tidak bermaksud melakukan sesuatu yang lucu. Perjuangannya di sekolah karena disleksia dan cara dia menghadapi setiap situasi dengan kebaikan membuatnya dicintai dan mudah dipahami.

3. Magic Tree House

Kakak beradik Jack dan Annie menemukan rumah pohon ajaib yang dapat menjelajahi waktu dan membawa mereka dalam petualangan seru sepanjang sejarah. Ini adalah cara yang sangat baik untuk belajar tentang orang dan tempat bersejarah.

4. Buku Belajar Membaca, Menulis Dan Berhitung Bersama Dinosaur

Buku ini adalah buku edukasi untuk si kecil belajar membaca sekaligus menulis dan berhitung, dengan tema dinosaur yang lucu! Terdiri dari 136 halaman, buku ini menggunakan bahasa yang ringan, Mommies.

5. 30 Jam Lancar Membaca Tanpa Mengeja

Sangat direkomendasikan untuk anak laki-laki yang baru masuk sekolah. Buku ini membantu mereka membaca dengan cepat dan lancar tanpa harus mengeja. Dengan ilustrasi yang lucu dan menggemaskan sehingga anak senang membacanya.

Rekomendasi Buku Bacaan Anak Laki-laki Usia Remaja

1. Harry Potter

Foto: Gramedia

Sebagai salah satu buku terlaris di dunia, Harry Potter akan sangat cocok dibaca untuk anak laki-laki di usia remaja. Ceritanya dibalut dengan sangat kaya dan melibatkan banyak karakter yang sangat menggambarkan anak remaja.

2. Enders Game

Di buku ini, lembaga pemerintah mengembangbiakkan anak-anak jenius dan melatih mereka sebagai tentara untuk mempertahankan dunia mereka dari serangan ras alien yang tidak bersahabat. Buku ini akan membawa anak laki-laki berpetualang melalui buku.

3. Guys Write for Guys Read: Boys’ Favorite Authors Write About Being Boys

Penulis Scieszka, yang juga menyusun Guys Read, mengumpulkan antologi tulisan menarik tentang masa kanak-kanak dari berbagai penulis pria. Format antologi berarti anak laki-laki remaja yang enggan atau mudah teralihkan perhatiannya dapat membaca buku kapan pun.

4. Ready Player One

Ready Player One adalah salah satu buku yang paling direkomendasikan untuk remaja laki-laki, terutama bagi mereka yang pada umumnya tidak suka membaca. Dalam yang berlatar belakang sciencefiction ini, Wade Watts melarikan diri dari kenyataan dengan menghabiskan waktu terjaga di OASIS, sebuah utopia virtual yang luas di mana Anda dapat menjadi apa pun yang Anda inginkan dan menjelajahi salah satu dari 10.000 planet.

5. Percy Jackson

Remaja yang ingin melakukan petualangan mendebarkan dengan karakter utama yang sangat mudah dipahami. Setengah manusia. Setengah dewa. Percy Jackson tidak pernah meminta untuk menjadi anak dewa Yunani, tapi inilah dia. Membaca buku ini, anak juga bisa belajar tentang legenda Yunani.

Ditulis oleh: Imelda Rahma

BACA JUGA: 7 Buku Sex Education yang Bagus untuk Anak Balita hingga Remaja

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan