banner-detik
PARENTING & KIDS

Ajarkan 6 Aturan Ini Saat Anak Ingin Punya Hewan Peliharaan di Rumah

author

Dhevita Wulandari28 Dec 2023

Ajarkan 6 Aturan Ini Saat Anak Ingin Punya Hewan Peliharaan di Rumah

Pastikan anak sudah benar-benar siap ketika ia ingin memiliki hewan peliharaan di rumah dengan terapkan beberapa aturan berikut ini.

Bermain bersama hewan peliharaan di rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk anak. Selain seru, mengasuh hewan di rumah ternyata dapat mengajarkan anak tentang kasih sayang, empati, hingga tanggung jawab.

Sebelum mengizinkan anak memelihara hewan di rumah, sebaiknya ajarkan dan ingatkan soal aturan-aturan yang harus ia jalani dan patuhi. Sebab, mengasuh makhluk hidup tentu saja membutuhkan komitmen dan kesungguhan.

Mengutip dari Michigan Medicine, dokter anak di C.S. Mott Children’s Hospital, Hannah King menjelaskan bahwa para orang tua harus mempertimbangkan semua penyesuaian gaya hidup dengan hati-hati, termasuk soal mengizinkan anak memiliki hewan peliharaan.

Aturan-aturan Memelihara Hewan di Rumah untuk Anak

Saat Mommies dan Daddies ingin mengizinkan anak untuk memelihara hewan di rumah, penting sekali untuk ajak anak mengobrol. Menurut psikolog Dr. Ann-Louise Lockhart, PsyD, ABPP, pikirkan mengenai jenis hewan yang akan dipelihara, usia anak, hingga gaya hidup.

BACA JUGA: 11 Tanda Anak Memiliki Kecerdasan Emosional Rendah, Serta Cara Atasi

Ini beberapa aturan memelihara hewan yang bisa Mommies dan Daddies terapkan pada anak.

1. Pastikan anak sudah siap dan konsisten

King berpesan, “Sangat umum bagi anak untuk tiba-tiba menginginkan hewan peliharaan karena mereka melihatnya di buku atau film. Khususnya bagi anak kecil, ini mungkin hanya sebuah fase, jadi pastikan mereka menunjukkan minat yang berkelanjutan.”

King juga menyarankan agar orang tua bisa melihat terlebih dulu apakah balita atau anak berusia di bawah empat tahun yang menunjukkan ketertarikan pada hewan, tetap bertahan keinginannya seiring berjalannya waktu atau hanya sesaat saja.

2. Komitmen untuk bertanggung jawab

Berkomitmen untuk bertanggung jawab dalam memelihara hewan peliharannya merupakan aturan yang paling penting dan perlu dimiliki anak. Saat anak sudah berkomitmen dan mau untuk bertanggung jawab, artinya anak siap dan mau untuk menanggung segala hal yang dilakukan dan dialami oleh hewan peliharaannya.

BACA JUGA: 9 Pola Asuh Ala Orang Jepang yang Bisa Ditiru Orang Tua Lainnya

Untuk tahu aturan-aturan apa lagi yang perlu dimiliki anak sebelum mengizinkannya memelihara hewan di rumah, Mommies dan Daddies bisa lanjutkan baca dengan klik di sini, ya!

Cover: Photo by Leah Kelley on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan