banner-detik
LIFESTYLE

Fakta Lee Sun Kyun. Aktor A-List Korea Yang Baru Saja Dikabarkan Meninggal

author

dewdew27 Dec 2023

Fakta Lee Sun Kyun. Aktor A-List Korea Yang Baru Saja Dikabarkan Meninggal

Sungguh sebuah penghujung tahun yang menyedihkan. Bukan cuma Korea Selatan, dunia pun kehilangan aktor berbakat, Lee Sun Kyun.

Jujur pas baca beritanya, hati ini langsung patah, bun. Lee Sun-Kyun, salah satu aktor Korea Selatan yang drama dan film-filmnya selalu jadi jaminan mutu, hari ini tanggal 27 Desember 2023 dikabarkan meninggal. 

Penyebab kematiannya pun diduga karena bunuh diri. Sungguh sebuah kehilangan besar, bukan cuma bagi Korea Selatan tapi juga dunia. Yes, soalnya beliau  merupakan salah satu aktor yang bermain dalam film Parasite, film yang membawa nama Korea Selatan diperhitungkan di panggung Oscar. 

Lee Sun Kyun sendiri belakangan mendapat perhatian besar di negaranya, justru bukan karena karya terbarunya. Tapi karena kasus narkoba yang melibatkan pemerasan, mafia obat-obatan terlarang, hingga oknum-oknum ternama di belakang kasus ini. Sungguh kasus yang pelik, meski setelah beberapa kali dites, ia terbukti negatif narkoba. 

Oh, well. Apapun, nasi sudah jadi bubur. Tak ada hal yang mampu menghidupkan kembali aktor bersuara berat yang khas ini. Kita hanya bisa mengenang karya-karya besar yang pernah beliau tinggalkan. 

Baca juga: 10 Tanda Kecenderungan Bunuh Diri Pada Remaja, Orangtua Harus Peka

Drop out setelah setahun kuliah

Lahir pada tahun 1975, Lee Sun Kyun mulai mencintai akting saat bergabung di klub drama di kampusnya. Hasratnya untuk berakting pun semakin besar,  sehingga ia akhirnya memutuskan untuk keluar dari kampusnya setelah hanya satu tahun dan masuk ke Universitas Seni Nasional Korea yang baru didirikan pada tahun 1994. 

Debut melalui panggung teater

Pada tahun 2001, ia memulai debutnya di panggung drama musikal The Rocky Horror Show. Meski begitu ia juga mulai membintangi film-film pendek sepert Psycho Drama di tahun 2000. Nama Lee Sun Kyun mulai mendapat perhatian, ia pun mulai mendapat peran berulang dalam sitkom Lovers di tahun 2001.

Bertahun-tahun jadi second lead

Paras Lee Sun Kyun mungkin memang tak semenarik Gong Yoo atau Lee Dong Wook. Meski nggak bisa dibilang pas-pasan juga. Manis dan khas, kok, tampilannya. Sehingga pelan-pelan ia pun terdegradasi ke peran pendukung selama bertahun-tahun. Padahal semua mengakui kehebatan aktingnya. 

Namanya mulai diperhitungkan dan kemudian mulai diperhitungkan menjadi peran utama setelah muncul sebagai peran pendukung di drama romantis Coffee Prince bareng Gong Yoo dan drama medis yang mendapat pujian kritis White Tower. 

Baca juga: List Drama Park Seo Joon Sebelum Membintangin Film Marvel

Disahkan menjadi aktor Chungmuro

Setelah banyak drama dan filmnya yang kemudian melejit, sebut saja Pasta bersama Gong Hyo Jin, Office of The Year bareng Park Jong Hoon, hingga The Advocate bersama Kim Go Eun, aktor yang bernaung di bawah agensi Hodu & U Entertainment ini kemudian membintangi Parasite. 

Bukan tanpa alasan Bong Joon Ho, sutradara pemenang Oscar ini memilih Lee Sun Kyun ikut berperan dalam film yang kemudian membawa pulang piala Oscar, dan Palme d’or Festival Film Cannes tersebut. Karena Lee Sun Kyun pun membuktikan bahwa ia adalah aktor berkualitas dengan diganjar Best Ensemble Award dari Screen Actors Guild Award. Cap aktor chungmuro (aktor/aktris kelas A di Korea Selatan) pun sah diberikan padanya.

Dipanggil Ahjussi berkat dramanya bersama IU

Di Indonesia sendiri, beliau cukup mendapat tempat dan dijuluki Ahjussi berkat dramanya bersama IU berjudul sama, My Ahjussi. Drama ini ikut melejitkan IU sebagai aktris yang juga idol, setelah selalu dicemooh oleh sebagian besar Knetz. Hal ini karena ia dianggap aktingnya tak sebanding dengan akting suami dari aktris Jeon Hye Jin, sebagai aktor veteran. 

Main Image: By Hodu & U Entertainment Instagram

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan