banner-detik
LIFESTYLE

Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta untuk Anak dan Keluarga

author

Mommies Daily22 Dec 2023

Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta untuk Anak dan Keluarga

Tak usah jauh-jauh ke Bali atau Jogja, ada, kok, tempat wisata terdekat di Jakarta yang ramah untuk anak-anak. Ini rekomendasinya!

Wisata bareng keluarga itu penting, terutama bagi anak-anak kecil karena memori selama liburan tersebut akan tersimpan sepanjang masa. Tak harus jauh dan tak harus mahal, wisata di Jakarta saja bisa, loh.

Bepergian bersama anak-ana tidak selalu mudah, tetapi meluangkan waktu untuk melakukan perjalanan bersama anak-anak Anda dan anggota keluarga lainnya merupakan pengalaman yang tiada duanya.

Saat memutuskan ke mana Anda akan berlibur, Anda bisa bertanya pada diri sendiri (dan anggota keluarga) untuk membantu Anda memilih tempat dan merencanakannya sejauh mungkin untuk menghemat biaya penerbangan, hotel, rumah, dan pengalaman.

Eh, tapi bagaimana jika terbentur waktu dan biaya, sehingga cuma bisa wisata di dalam kota, tepatnya di kota Jakarta? Untungnya saat ini sudah banyak tempat wisata di Jakarta untuk anak.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata Anak di Bandung, Seru Sekaligus Mendidik!

Tempat Wisata di Jakarta untuk Anak

Berikut rekomendasi tempat wisata di Jakarta untuk anak yang bisa jadi pilihan!

1. Kota Tua Jakarta

Dengan luas sekitar 320 hektar (1,3 km persegi), kawasan kuno di Jakarta ini memiliki pesona kuno dan memberi Anda dan anak Anda kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah kota ini.

Anda dan anak bisa berfoto-foto dan mengabadikan momen di beberapa spot instagramable. Atau mampir ke beberapa museum bersejarah yang ada di sekitarnya.

2. Como Park

Taman yang berlokasi daerah Kemang ini bisa jadi tujuan pas jika Anda dan anak Anda pencinta binatang, khususnya anjing. Di Como Park, anjing dan manusia dapat berkeliaran bebas dan bermain satu sama lain.

Kalau laper, bisa makan di salah satu restoran pizza Italia terbaik di Pizza Place, atau makan makanan organik di Lokal Deli.

3. Kidzania

Kidzania sudah lama jadi tempat tujuan wisata yang bagus untuk anak-anak. Dibangun sebagai replika kota seukuran gelas, anak-anak akan bersenang-senang dengan berpura-pura menjadi orang dewasa yang bekerja di ratusan profesi yang berbeda.

Di sini terdapat restoran, rumah sakit, pom bensin, bandara, kantor polisi, dengan banyak lowongan untuk koki, artis, pilot, pembalap F1, sehingga anak bisa jadi apa saja!

4. Museum Macan

Di area Jakarta Barat ada Museum of Modern & Contemporary Art in Nusantara, atau yang lebih dikenal dengan Museum MACAN. Ini adalah museum pertama di Indonesia di mana anak-anak dan orang dewasa dapat menjelajahi dan merasakan pengalaman seni kontemporer.

Ajaklah anak-anak dan biarkan mereka bersenang-senang di Ruang Seni Anak. Program di sini berubah-ubah sesuai dengan pameran yang sedang berlangsung dan memberikan akses masuk ke dalam karya seni yang dipamerkan, yang secara khusus ditujukan untuk anak-anak.

5. Hutan mangrove PIK

Suasana alam bisa jadi pilihan tepat untuk wisata bareng anak. Taman wisata ini merupakan tempat di mana Anda dapat menikmati alam yang indah, nyaman dan sejuk. Untuk menjelajahi hutan bakau, Anda dapat menyewa kano atau perahu mesin.

Ada juga beberapa jalan setapak yang berbeda untuk berjalan-jalan dan melihat pepohonan bakau. Seru, serasa bertualang di hutan kecil.

6. Ciputra Artpreneur

Selain museum MACAN, Anda yang ingin membangkitkan sisi seni anak Anda bisa wisata ke Ciputra Artprenur. Di tempat ini ada museum, galeri, dan teater. Museum ini memiliki koleksi lukisan maestro Hendra Gunawan yang telah dikurasi, dan galerinya terkadang mengadakan pameran, peragaan busana, dan acara lainnya.

Kalau Anda rajin memantau situs dan media sosial mereka, terkadang ada pertunjukan seni yang bisa ditonton bareng anak, loh.

7. Perpustakaan Nasional

Jalan-jalan ke perpustakaan kini tak lagi membosankan, Mommies. Perpustakaan Nasional di Jl. Medan Merdeka telah mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2017 dan sekarang memiliki area untuk anak-anak serta fasilitas untuk lansia dan penyandang disabilitas.

Perpustakaan ini juga memiliki koleksi buku yang sangat banyak untuk anak-anak.

8. Kebun Binatang Ragunan

Selalu menyenangkan untuk main ke Kebun Binatang Ragunan. Destinasi wisata di Jakarta ini ramah anak dan punya banyak atraksi, selain tentunya bisa melihat sekitar 300 satwa dan 180 spesies flora di area tropis yang rimbun.

Anda dan anak bisa memberi makan beberapa hewan yang ramah, berfoto dengan bayi harimau, atau jelajahi Pusat Primata Schmutzer. Ada juga Kebun Binatang Anak, di mana anak-anak dapat berinteraksi dengan hewan-hewan jinak.

9. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium Safari yang terletak di dalam salah satu mal di kawasan Jakarta Barat ini merupakan akuarium dan safari dalam ruangan terbesar di Indonesia. Ada lebih dari 3500 spesies akuatik dan non-akuatik yang bisa dilihat anak.

10. Aloha Pasir Putih

Kawasan Pantai Indah Kapuk yang selalu berkembang kini makin lengkap dengan kehadiran Aloha. Terletak di area PIK2, Aloha adalah kawasan hangout di tepi pantai yang isinya ada tempat makan, tempat nongkrong dan juga kolam renang untuk anak.

Ditulis oleh: Imelda Rahma

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Wisata Keluarga di Medan, Dijamin Seru!

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan