banner-detik
EDUCATION

Syarat, Aturan dan Jadwal Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2024

author

Mommies Daily14 Dec 2023

Syarat, Aturan dan Jadwal Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2024

Jangan sampai salah info! Berikut syarat masuk, aturan, dan jadwal seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2024. Siap-siap yuk!

Menjelang akhir tahun, murid-murid kelas 12 di Indonesia bersiap-siap memasuki bangku kuliah. Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahamurid Baru (SNPMB) 2024 secara resmi telah mengumumkan informasi seputar pendaftaran masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di tahun 2024. 

Dilansir dari Detik.com, Ketua Umum Penanggung Jawaban SNPMB 2024 Prof Ganefri mengatakan bahwa skema penerimaan mahamurid baru pada tahun 2024 sama dengan tahun 2023. Skema jalur masuk terdiri atas tiga yakni Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Mandiri.

“Kuota tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, kita tetap menggunakan tiga skema,” ucapnya dalam konferensi pers yang disiarkan lewat Youtube SNPMB BPPP, Jumat (8/12/2023).

BACA JUGA: Libur Tahun Baru 2024, Ini Jadwal Masuk Sekolah Siswa

3 Jalur Masuk PTN 2024

Apa saja sih jalur masuk PTN 2024, syarat masuk, serta jadwalnya? Simak bersama disini, Mommies.

1. Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP)

Jalur ini menyediakan kuota minimum sebanyak 20% bagi masing-masing PTN. Mahamurid jalur ini akan didaftarkan oleh pihak sekolah dan membayar secara gratis karena sudah ditanggung pemerintah sepenuhnya.

“Penerimaan berbasis prestasi ini berdasarkan nilai akademik atau prestasi lainnya yang ditetapkan PTN masin-masing,” tutur Ganefri.

2. Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)

Jalur SNBT memiliki kuota yang lebih banyak dibandingkan SNBP yakni 40%. Namun, bagi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH), kuota jalur ini adalah 30%.

Bagi calon mahamurid yang akan mendaftar SNBT ini dikenakan biaya pendaftaran yang sudah disubsidi pemerintah dan akan diumumkan kemudian hari.

3. Mandiri

Jalur Mandiri ini memiliki kuota 30%. Pendaftaran jalur ini pun bisa dilakukan dengan menggunakan nilai UTBK.

“Jalur Mandiri ini dapat menggunakan nilai UTBK. Jadi berbagai perguruan tinggi memanfaatkan nilai UTBK bagi yang ikut tahun 2024 tentunya,” tutur Ganefri.

BACA JUGA: Kasih Bingkisan ke Guru, Iya atau Tidak? Ini Kata Para Orang Tua

Syarat dan Aturan Masuk PTN 2024

1. SNBP

SMA/SMK/MA harus memiliki NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional dan menginputnya di Pangkalan Data Sekolah dan murid (PDSS). Sekolah dengan akreditasi A dapat mendaftarkan sebanyak 40% murid terbaik di sekolahnya, sekolah dengan akreditasi B dapat mendaftarkan sebanyak 25% murid terbaik di sekolahnya, sedangkan sekolah dengan akreditasi C dapat mendaftarkan sebanyak 5% murid terbaik di sekolahnya

Pemeringkatan murid dilakukan oleh sekolah dengan memperhitungkan nilai rerata semua mata pelajaran semester 1 sampai semester 5 Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat murid bila ada nilai yang sama. Pada sekolah implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), kriteria lain dapat menggunakan capaian murid dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Terakhir, jumlah murid yang masuk dalam pemeringkatan dan dapat daftar SNBP disesuaikan dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah.

2. SNBT

Ada syarat usia murid yang dapat mengikuti SNBT. Yaitu murid SMA/MA/SMK Kelas XIII atau kelas terakhir pada tahun 2024 dengan umur maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024). Ataupun lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2022 dan 2023 atau lulusan paket C tahun 2022 dan 2023 dengan umur maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024)

Murid yang ingin mengikut SNBT diwajibkan membayar biaya UTBK (kecuali penerima KIP Kuliah). Peserta SNBT ini hanya diperbolehkan mengikuti satu kali UTBK 2024. Adapun hasil dari UTBK ini nantinya dapat digunakan untuk mendaftar ujian Mandiri pada tahun 2024.

Salah satu ketentuan terbaru dalam SNPMB 2024 adalah peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi SNBP 2024 atau 2023 tidak diperkenankan mendaftar pada SNBT 2024. Peserta yang lulus pada jalur SNBT 2024 dan telah melakukan daftar ulang atau pendaftaran di PTN yang dituju tidak bisa diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024 di PTN mana pun.

Peserta SNBT akan mengikuti UTBK yang terdiri dari rangkaian Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika. Bagi peserta SNBT 2024 yang memilih program studi seni atau olahraga, maka harus menyertakan portofolio.

3. Mandiri

Terakhir, aturan masuk jalur mandiri ini akan ditentukan oleh masing-masing PTN. Namun, panitia SNPMB 2024 menegaskan bahwa salah satu aturan yang harus diperhatikan adalah jalur mandiri di PTN mana pun tidak bisa diikuti oleh peserta yang telah diterima lewat jalur SNBP maupun SNBT.

Lalu, bagaimana jadwal seleksi masuk PTN 2024 berdasarkan ketiga jalur masuk tersebut? Mommies yang pensaran bisa langsung klik di sini, ya!

BACA JUGA: Peringkat Kampus Indonesia di QS Wur Sustainability 2024, Apa Saja?

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Photo by Pixabay on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan