banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

50 Panggilan Sayang untuk Pasangan dari Berbagai Bahasa

author

Mommies Daily14 Dec 2023

50 Panggilan Sayang untuk Pasangan dari Berbagai Bahasa

Intip aneka panggilan sayang untuk pasangan dalam berbagai bahasa, dari yang biasa hingga yang unik. Semuanya bisa bikin Mommies jadi lebih mesra dengan pasangan.

Dalam hubungan romantis, panggilan sayang untuk pasangan memiliki daya tarik untuk mempererat hubungan dan menciptakan keintiman yang lebih dalam.

Setiap bahasa dan budaya memiliki cara unik untuk menyapa dan mengungkapkan kasih sayang. Rupanya, ada banyak isitlah untuk memanggil pasangan kita, selain dengan kata ‘sayang”, lho. Dari panggilan sayang yang manis hingga yang lucu, ada berbagai istilah yang bisa digunakan untuk memanggil orang terkasih.

BACA JUGA: 44 Panggilan Sayang dari Si Kecil ke Orang tua

Bahasa Korea

1. Jagi (자기) atau Jagiya (자기야)

Mommies yang suka menonton drama Korea, mungkin pernah mendengar panggilan sayang jagiya. Kata Chagiya atau Jagiya juga memiliki arti sayang. Dalam budaya Korea, jagiya digunakan untuk pasangan yang telah bertunangan atau saling berkomitmen untuk terus bersama.

2. Ae-in (애인)

Panggilan satu ini ternyata memiliki arti kesayangan atau sweetheart. Kata ae-in memang terdengar imut dan menggemaskan, oleh karena itu kata ‘ae-in’ lebih banyak digunakan untuk memanggil seorang perempuan yang disayangi. Ae-in bisa jadi pilihan panggilan sayang yang digunakan oleh suami ke istrinya.

3. Yeobo (여보)

Yeobo artinya “sayangku” atau “cintaku”. Yeobo umumnya digunakan oleh pasangan yang telah menikah. Panggilan ini menandakan hubungan yang resmi dan dapat digunakan untuk memanggil baik suami maupun istri.Panggilan yeobo bersifat universal, artinya panggilan yeobo dapat digunakan baik untuk laki-laki maupun perempuan.

4. Dangshin (당신)

Panggilan sayang dari bahasa Korea berikutnya adalah dangshin. Secara harfiah, dangshin berarti “kamu”. Namun, orang Korea jarang menggunakan “kamu” ketika memanggil seseorang. Oleh karena itu, dangshin hanya digunakan pada orang terdekat saja seperti pasangan suami istri.

5. Oppa (오빠)

Kata yang populer ini memiliki arti laki-laki yang lebih tua. Walau tidak bermakna, oppa juga bisa kamu digunakan untuk memanggil pacar atau suami, terutama jika dia lebih tua dari Mommies. Panggilan oppa tidak bisa digunakan pada sembarang laki-laki. Perlu diingat ada aturan yang berlaku saat menggunakan panggilan ini.

Bahasa Spanyol

1. Amor

Kata “amor” merujuk pada cinta dalam bahasa Spanyol. Ketika ditambahkan dengan “mi” di depannya, menjadi “mi amor,” yang bermakna “sayangku” atau “cintaku.” Penggunaan “amor” dapat ditujukan kepada siapa pun, tetapi kata “mi amor” bisa menunjukan kedekatan dan rasa sayang yang lebih intim antara pasangan.

2. Bebé

Panggilan yang satu ini memang terdengar menggemaskan. “Bebé” berarti “bayi” atau “baby” dalam bahasa Spanyol. Panggilan ini sering digunakan untuk memanggil pasangan yang manja ataupun menggemaskannya.

3. Cariño

Selanjutnya, ada “Cariño”, yaitu panggilan sayang yang manis dalam bahasa Spanyol yang menggambarkan perasaan cinta yang mendalam untuk pasangan. Kata ini secara khusus mengungkapkan rasa sayang dan kelembutan yang dirasakan seseorang terhadap pasangannya. Cariño memiliki arti “sayangku”. Berbeda dengan “amor” yang bisa ditujukan kepada siapa saja, Cariño biasa digunakan untuk pasangan.

4. Cielito

“Cielo” dalam bahasa Spanyol bermakna “langit” atau “surga.” Saat digunakan untuk memanggil pacar atau suami, Mommies bisa menggunakan panggilan “Cielito”, Sebutan ini adalah panggilan penuh kasih yang menggambarkan betapa spesialnya seseorang.

5. Mi Vida

Dalam bahasa Spanyol, “Mi Vida” berarti “hidupku.” Panggilan ini menunjukkan cinta dan hubungan yang erat antara sepasang kekasih. Ketika digunakan, “Mi Vida” mencerminkan harapan dan janji untuk selalu bersama sepanjang hidup. Saat digunakan, panggilan ini mengungkapkan betapa berharganya pasangan Mommies.

Bahasa Jepang

1. Anata (あなた)

Pertama, ada kata Anata yang secara harfiah berarti “kamu”. Banyak perempuan Jepang yang telah menikah menggunakan panggilan ini untuk berbicara dengan suaminya. Dalam bahasa Indonesia, あなた (Anata) mempunyai arti yang sama dengan ‘sayang’.

2. Koibito ( 恋人)

Koibito merupakan panggilan sayang untuk pacar dalam bahasa Jepang. Ketika seseorang memperkenalkan pacarnya sebagai Koibito, hubungan mereka telah mencapai jenjang serius dan berpotensi menuju pernikahan. Koibito dapat digunakan untuk perempuan maupun laki-laki.

3. Daarin (ダーリン)

Kata Daarin berasal dari kata Darling dalam bahasa Inggris yang berarti “tersayang” atau “orang terkasih:. Daarin adalah istilah sayang yang bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan. Pasangan yang sudah menikah juga menggunakan ini sebagai cara untuk memanggil pasangan mereka dengan sebutan menggemaskan.

4. Hanii (ハニー)

Selanjutnya, ada kata hanii yang berarti ‘madu’. Panggilan ini berasal dari kata honey di bahasa Inggris yang secara litertal berarti madu. Dalam hubungan romantis, honey berarti sayang. Panggilan Hanii Ini juga netral gender, sehingga pasangan dapat menggunakannya tanpa memandang jenis kelamin mereka.

5. Shujin (主人)

Shujin adalah panggilan sayang dalam bahasa Jepang yang digunakan untuk suami. Secara harfiah, Shujin berarti ‘tuan rumah’, dan digunakan secara sopan dalam situasi formal. Panggilan ini menunjukkan sistem patriarki Jepang di zaman dulu. Meski begitu, ini adalah panggilan yang tepat ketika Anda berasa dalam situasi formal.

Bahasa Prancis

1. Mon amour

Mon amour merupakan panggilan sayang dalam bahasa Prancis yang paling banyak digunakan. Panggilan ini bermakna ‘cintaku’. Selain untuk pasangan, panggilan ini juga dapat digunakan untuk memanggil anak. Buat kamu yang suka mengucapkan selamat pagi ke pasangan, kamu bisa mencoba panggilan mon amour untuk menyapa kesayanganmu, lho.

2. Mon cœur

Panggilan Mon cœur berarti ‘hatiku’ yang umumnya digunakan untuk memanggil pasangan perempuan dan memiliki fungsi yang sama dengan mon amour. Mon cœur bisa digunakan untuk memanggil perempuan dan laki-laki. Menariknya, Mon cœur tak hanya digunakan untuk memanggil pasangan tapi juga bisa untuk berbagai lawan bicara.

3. Ma chérie

Kata Ma chérie diterjemahkan sebagai ‘my darling’ atau ‘sayangku’, panggilan ini menunjukkan kedekatan yang intim, terutama saat memanggil pasangan perempuan. Selain itu, panggilan ini juga dapat digunakan untuk memanggil pasangan laki-laki dengan sebutan “mon chérie”.

4. Ma Belle

Tak menjadi sebuah nama, ternyata Belle seringkali dipakai secara khusus untuk memanggil pasangan perempuan. Kata belle memang sering digunakan untuk menyebut perempuan cantik. Secara literal, panggilan Ma Belle berarti ‘milikku yang cantik’ atau ‘perempuanku yang cantik’.

5. Mon petit chou

Panggilan yang satu ini memiliki makna unik, yaitu ‘my little cabbage’ atau ‘kubis kecilku’. Panggilan ini digunakan seperti ungkapan ‘sayang’. Namun, ada juga orang Prancis yang menggunakan istilah ini menjadi “mon petit chouchou”, dengan pengulangan kata “chou” untuk menambah kesan manis.

Ungkapan ‘mon petit chouchou’ merupakan panggilan mesra khusus untuk memanggil pasangan atau suami yang berarti ‘darling’. Sementara “mon petit chou” dipakai untuk memanggil kesayangan secara lebih luas lagi.

Bahasa Mandarin

1. Bao Bei

1Bao Bei berarti “Baby” atau ” Sayang”. Umumnya, panggilan hanya digunakan dalam bahasa perpesanan atau chat dan jarang diucapkan langsung depan umum.

2. Ai Ren

Ai ren berarti “Kekasih”

3. Qīnài de

Panggilan sayang yang satu ini paling umum digunakan orang-orang Cina, karena artinya” sayang” atau” kesayangan”.

Bahasa Arab

1. Habibi/Habibti

Dalam bahasa Arab, panggilan sayang yang umum digunakan adalah “Habibi” yang berarti “Sayang” atau “Kasih,”

2. Ya Amar

Panggilan ini berarti “Bulanku”. Biasanya panggilan ini ditujukan untuk sosok pasangan yang dinilai cantik dan bisa menerangi kehidupan.

3. Abi/Umi

Kedua panggilan ini mungkin sering kita dengar sehari-hari. Abi berarti ayah dan Umi berarti ibu. Panggilan ini cocok digunakan bagi pasangan suami istri yang sudah memiliki anak.

Bahasa Hindi

1. Pyara/Pyari

Dalam bahasa Hindi, panggilan sayang yang umum digunakan adalah “Pyara” untuk pria, yang berarti “Sayang” atau “Manis.” Untuk wanita, panggilan sayang yang sering digunakan adalah “Pyari,” yang juga mengandung arti “Sayang” atau “Manis.”

Bahasa Rusia

1. Милый/Дорогой

Dalam bahasa Rusia, panggilan sayang untuk pria bisa menggunakan “Милый” (Milyy) atau “Дорогой” (Dorogoy). Keduanya sama-sama berarti “Sayang” untuk orang terkasih.

2. Милая/Дорогая

Sedangkan, untuk wanita, bisa menggunakan “Милая” (Milaya), yang berarti “Sayang” atau “Дорогая” (Dorogaya). Keduanya sama-sama berarti “Sayang” untuk orang terkasih.

З. айчонок

Ada juga айчонок (Zaychonok) yang berarti kelinci kecil. Panggilan lucu ini digunakan untuk menyebut seseorang yang manis.

Foto: Pexels

Bahasa Portugis

1. Querido/Querida

Panggilan sayang dalam bahasa Portugis seringkali menggunakan kata-kata seperti “Querido” atau “Querida,” yang berarti “Sayang” atau “Kasih.”

Bahasa Swedia

1. Älskling

Älskling berarti “Sayang” atau “Kasih”. Cocok menjadi panggilan untuk pasangan yang dicintai.

2. Hjärtat

Hjärtat berarti “Hati.” Panggilan yang lembut ini digunakan untuk mengungkapkan kasih sayang penuh kepada pasangan.

Bahasa Jerman

1. Liebling

Liebling berarti “Sayang” atau “Kasih.”

2. Schatz

Schatz berarti “Harta Karun.” Panggilan-panggilan ini umum digunakan untuk menyatakan kasih sayang kepada pasangan.

3. Perle

Perle berarti mutiara. Panggilan ini ditujukan untuk Pasangan yang berharga seperti mutiara.

Bahasa Italia

1. Amore

Dalam bahasa Italia, Amore berarti “Cinta”

2. Tesoro

Dalam bahasa Italia, Tesore berarti “Harta”. Cocok untuk memanggil pasangan yang kehadirannya begitu berharga dan tak tergantikan.

3. Bello

Bello berarti “Indah” atau “Tampan.” Panggilan-panggilan ini umum digunakan dalam hubungan romantis di Italia.

Bahasa Yunani

1. Αγάπη μου/Αγάπη μου

Dalam bahasa Yunani, panggilan sayang untuk pria bisa menggunakan Αγάπη μου” (Agápi mou), yang berarti “Cintaku.” Sedangkan untuk wanita, bisa menggunakan “Αγάπη μου” (Agápi mou) juga, karena artinya tetap “Cintaku.”

Panggilan Sayang untuk Pasangan yang Unik dan Lucu

Berikut ada pilihan panggilan sayang umum yang bisa Mommies gunakan pada pasangan.

  1. Sweetheart/Sweety
  2. Love
  3. Honey
  4. Darling
  5. Dear
  6. Babe
  7. Boo
  8. Bubu
  9. Bear
  10. Dino
  11. Fairy
  12. Hottie
  13. Ayang
  14. Yayang
  15. Cute/Kiyut
  16. Romeo/Juliet
  17. Prince/Princess
  18. Superman/Superwoman
  19. Sunshine
  20. Moon
  21. My Everything
  22. My 911
  23. Pookie
  24. Wufyu
  25. Hubby
  26. Kanjeng Mas/Kanjeng Ratu
  27. Waifu/Husbando
  28. Lover Boy/Lover Girl
  29. Angel
  30. Ma Beloved

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: 75 Panggilan Sayang dari Si Kecil ke Ayah

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan