banner-detik
PARENTING & KIDS

7 Film Inspiratif untuk Ditonton Bareng Anak

author

Fannya Gita Alamanda14 Dec 2023

7 Film Inspiratif untuk Ditonton Bareng Anak

Ini dia 7 film inspiratif dengan pesan moral yang menyentuh hati untuk ditonton bareng anak sebelum mereka beranjak remaja.

Dapat menikmati quality time bersama anak-anak adalah kesenangan yang priceless, dan salah satunya adalah nonton film bareng. Duduk berpelukan di sofa empuk, ditemani minuman cokelat panas dan popcorn DIY. Lengkap dengan selimut hangat dan bantal empuk, sementara di luar hujan turun dengan derasnya. Melalui film, Mommies dan anak-anak bisa belajar banyak tentang kehidupan.

BACA JUGA: 15 Film Bertema Natal dan Tahun Baru, Punya Rating Bagus

Film Anak Inspiratif yang Ditonton Bareng Anak

Di bawah ini adalah film-film inspiratif yang wajib ditonton bareng anak-anak sebagai pelajaran dan membantu mereka melihat dunia dari sudut pandang orang lain.

1. Charlotte’s Web

Berkisah tentang: Wilbur adalah seekor babi yang mengetahui bahwa dirinya bakal disembelih. Sahabatnya, seekor laba-laba bernama Charlotte, memutuskan untuk menyelamatkannya dengan memintal kata-kata tentang Wilbur di web-nya. Dengan cara ini, Wilbur menjadi terlalu kondang untuk dibunuh dan nyawanya terselamatkan. Wilbur menjadi terkenal bahkan ikut kejuaraan di pekan raya daerah, ditemani Charlotte dan Templeton.

Saat berada di sana, Charlotte yang kelelahan setelah bertelur, memutuskan tidak pulang ke peternakan karena sekarat. Tak lama setelah Charlotte meninggal, Wilbur dengan sedih mengucapkan selamat tinggal dan berhasil membawa pulang kantung telur Charlotte dengan bantuan Templeton. Kisah diakhiri dengan Wilbur yang selalu memiliki teman karena dari ratusan keturunan Charlotte, tiga anak laba-laba Charlotte yaitu Joy, Aranea, dan Nellie memilih untuk tinggal. Namun, tentu saja tak satu pun dari mereka yang mampu menggantikan tempat istimewa Charlotte di hati Wilbur.

Pesan menyentuh hati: Charlotte’s Web adalah film yang mengisahkan persahabatan, keberanian, dan pengorbanan diri. Teman datang dan pergi tapi sahabat sejati selalu ada di hati.

Foto: Amazon

2. Babe

Berkisah tentang: Petani baik hati bernama Arthur Hoggett memenangkan seekor anak babi bernama Babe di sebuah pekan raya daerah. Babe lolos dari nasib apes hampir dijadikan santapan di malam Natal. Babe dekat dengan seekor anjing border collie bernama Fly dan menyadari bahwa dia juga mampu mengembalakan domba. Namun hidup Babe nggak mulus-mulus amat karena dia harus menghadapi Rex, suami Fly yang cemburuan dan berbagai penolakan.

Pesan menyentuh hati: “Babe” adalah film yang bagus untuk anak-anak segala usia. Film ini mengajarkan pelajaran penting tentang persahabatan, ketekunan, dan manfaatnya menjadi orang baik.

Foto: Flixster

3. Frozen

Berkisah tentang: Ketika kerajaan mereka terjebak dalam musim dingin tiada akhir, Anna yang pemberani bergabung dengan pendaki gunung bernama Kristoff dan sahabat rusa kutubnya. Mereka berupaya menemukan saudara perempuan Anna, Ratu Salju Elsa dan mematahkan mantra dinginnya. Meskipun perjalanan epik ini membawa mereka bertemu dengan troll, manusia salju, kondisi alam yang keras, dan bahaya, Anna dan Kristoff dengan berani terus maju untuk menyelamatkan kerajaan mereka.

Pesan menyentuh hati: Keberanian harus disertai dengan kasih sayang. Kekuasaan pasti diikuti dengan tanggung jawab besar. Anak juga perlu diingatkan bahwa tindakan mereka akan berdampak pada orang lain. Elsa memiliki kekuatan tapi tidak mampu mengendalikannya sehingga nyaris membahayakan nyawa adiknya. Cerita ini juga menggambarkan keindahan dari pengorbanan. Setiap karakter di film ini memperlihatkan kemuliaan hati dengan bersedia berkorban demi orang lain.

Foto: Lumiere

4. Toy Story 3

Berkisah tentang: Andy yang akan memasuki dunia perkuliahan. Andy mengemas mainannya dan berencana menyimpan mereka di loteng rumah tapi karena suatu hal, kotak berisi mainan Andy malah berakhir di dekat tong sampah. Woody berniat menyelamatkan teman-temannya namun mereka keburu disumbangkan ke sebuah pusat penitipan anak. Sayangnya, anak-anak di sana mempelakukan teman-teman Woody dengan kasar. Woody dan kawan-kawan pun membuat rencana untuk kabur.

Pesan menyentuh hati: Akhir dari “Toy Story 3” benar-benar mengharukan. Anak remaja Mommies yang mengikuti kisahnya dan akan masuk universitas pun bakal relate dengan ceritanya.

“Toy Story 3” mengajak kita belajar artinya kesetiaan dan rasa hormat terhadap keluarga dan teman melalui berbagai kesulitan, perselisihan, dan kesalahpahaman. Film ini juga mengedukasi anak bahwa persahabatan sejati selalu diwarnai dengan perselisihan tapi juga pengampunan.

Foto: Cnet

5. Rudy

Rudy Ruettiger bercita-cita masuk tim American football Universitas Notre Dame, tetapi tidak punya uang untuk biaya kuliah atau nilai untuk memenuhi syarat mendapatkan beasiswa. Rudy pantang menyerah. Keinginannya untuk keluar dari pabrik baja tempat ayahnya bekerja semakin kuat ketika sahabatnya meninggal dalam kecelakaan kerja di sana. Rudy mengatasi masalah disleksianya berkat teman dan tutornya, D-Bob. Ia diterima di Universitas Notre Dame dan berjuang untuk menjadi bagian dari tim American Football universitas.

Pesan menyentuh hati: Keluarga Rudy menertawakan ambisinya. Mereka yakin Rudy akan mengikuti jejak ayah dan saudara laki-lakinya yaitu bekerja di pabrik baja setempat. Tapi Rudy membuktikan mereka keliru. Ia berhasil masuk Universitas Notre Dame dan bermain untuk tim American Football universitas itu. Percaya kepada kemampuan diri sendiri, bekerja keras, dan berani mengatasi kesulitan adalah resep untuk menggapai impian.

Foto: Flixster

6. The Odd Life of Timothy Green

Cindy dan Jim Green adalah pasangan suami istri yang bahagia. Meskipun begitu, mereka tidak memiliki anak karena Cindy tidak dapat hamil. Cindy dan Jim kemudian mengubur sebuah kotak di halaman belakang rumah mereka, berisi harapan tentang seperti apa anak mereka nantinya. Ketika seorang anak laki-laki bernama Timothy secara ajaib muncul di depan pintu rumah mereka, Cindy dan Jim mengetahui bahwa hal tak terduga ini adalah anugerah terbesar dalam hidup mereka.

Pesan menyentuh hati: Film keluarga ini menyoroti pentingnya menjadi orang tua yang suportif. Pasangan dalam film ini ingin sekali menjadi orang tua sehingga ketika kesempatan itu datang, mereka berusaha menjadi orang tua terbaik: penuh kasih sayang dan selalu memberikan dukungan. Namun mereka juga membuat kesalahan dan belajar dari kesalahan mereka.

Foto: Amazon

7. Maleficent

Maleficent adalah gadis cantik dan baik hati. Ia memiliki kehidupan yang indah di Hutan Moors, yang berbatasan dengan wilayah manusia. Saat remaja, Maleficent bertemu anak desa bernama Stefan yang sangat berambisi menjadi raja. Mereka saling jatuh cinta.

Namun sebuah pengkhianatan membuat hatinya pahit dan dipenuhi keinginan balas dendam. Ia bertempur dengan penerus raja dan mengutuk putrinya yang baru lahir, Aurora. Belakangan, Maleficent menyadari bahwa Aurora memegang kunci perdamaian untuk seluruh kerajaan.

Pesan menyentuh hati: Semua hal di dalam hidup akan lebih baik jika hati kita dipenuhi cinta bukan benci, karena kejahatan selalu muncul dari hati yang penuh kebencian dan kemarahan. Pelajaran lainnya adalah jangan mudah tertipu oleh penampilan indah seseorang dan jangan gampang juga menghakimi seseorang dari tampak luarnya.

Foto: Amazon

BACA JUGA: Catat, Ini 50 Film Anak Terbaik untuk Ditonton Bersama Si Kecil

Cover: Plugged In

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan