banner-detik
SELF

Berbahan Alami, Ini 7 Rekomendasi Produk Penghilang Bau Kaki

author

Mommies Daily04 Dec 2023

Berbahan Alami, Ini 7 Rekomendasi Produk Penghilang Bau Kaki

Selain bau mulut dan bau ketiak, bau kaki termasuk hal yang sangat mengganggu dan cukup memalukan. Coba pakai produk penghilang bau kaki dengan bahan alami.

Segala hal yang bau pasti bikin kita kesal dan bisa kehilangan rasa percaya diri. Tak terkecuali bau kaki. Pernah nggak, Mommies atau Daddies melepas sepatu saat bertamu ke rumah sahabat dan bau semerbak langsung tercium semua orang?

Ya ampun, malu pastinya. Bisa jadi sejak saat itu Mommies atau Daddies jadi malas untuk melepas alas kaki. Jangan minder dulu, sebab kaki setiap orang pasti pernah berbau. Bahkan ada istilah medis untuk itu, yaitu eccrine bromhidrosis lokal.

Namun ada beberapa cara untuk menghilangkan bau kaki. Berikut ini semua yang perlu diketahui tentang cara menghilangkan bau kaki.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Cegah Penuaan, Semua dari Brand Lokal!

Penyebab Bau Kaki

Bau kaki disebabkan oleh dua hal, yaitu keringat dan bakteri yang hidup di kulit.  Ya, ada ribuan kelenjar keringat di kaki dan ini bisa jadi penyebab bau kaki.

Faktanya, telapak kaki memiliki jumlah kelenjar keringat terbanyak di antara area tubuh lainnya. Nah, orang dewasa memiliki lebih banyak kelenjar keringat di kaki mereka daripada anak-anak, itulah sebabnya kita lebih rentan terhadap bau kaki.

Tetapi keringat sendiri tidak serta merta menyebabkan bau kaki. Keringat menyebabkan kulit terurai dan juga menciptakan lingkungan lembap yang mendorong bakteri dan jamur untuk tumbuh. Ketika bakteri dan jamur tumbuh, mereka melepaskan bahan kimia yang berbau tidak sedap, yang menyebabkan bau kaki.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan kaki berkeringat lebih banyak adalah:

  • Hiperhidrosis, suatu kondisi medis yang menyebabkan keringat berlebih
  • Olahraga
  • Mengenakan sepatu ketat atau kaus kaki tebal, yang dapat membuat kaki kepanasan

Sejenis bakteri yang disebut “brevibacteria” juga menjadi penyebab kaki bau. Bakteri ini memakan kulit mati pada kaki kita, menghasilkan gas yang memiliki bau asam yang khas.

Tahu nggak, sih, pembuat keju sering menambahkan bakteri ini ke permukaan keju untuk mengembangkan tekstur dan rasa. Hal ini menjelaskan mengapa banyak keju yang berbau seperti kaki, dan kaki berbau seperti keju!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Produk untuk Mencerahkan Ketiak dan Selangkangan 

Produk untuk Menghilangkan Bau Kaki

Apa yang dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan bau kaki? Hal pertama yang harus diperhatikan jika memiliki kaki yang bau adalah kebersihan kaki dan alas kaki.

Penting untuk mencuci kaki dengan sabun, termasuk di sela-sela jari. Lalu mengeringkan kaki secara menyeluruh setelah mandi juga penting, untuk mencegah penumpukan keringat dan bakteri.

Kalau sepatu mulai bau, berarti sudah saatnya untuk dicuci. Patut diingat untuk memakainya setelah benar-benar kering, agar tidak lembap dan malah tambah bau.

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, ini waktunya menggunakan produk penghilang bau kaki.

1. Guardian Foot Spray

Foto: Female Daily

Mudah didapatkan, produk foot spray dari salah satu waralaba ini juga cukup murah, lho. Produk ini mengandung green tea extract, tea tree oil, dan dibalut dalam aroma peppermint yang segar. Asyiknya lagi, saat menyemprotkan produk ini, ada sensasi dingin yang seolah membuat kaki yang lelah jadi segar kembali.

2. Epsom Salt (Garam Epsom)

Foto: pinimg:

Rendam kaki dalam campuran garam Epsom dan air. Begini komposisinya, campurkan setengah cangkir ke dalam bak berisi air hangat dan rendam kaki selama 15 menit. Garam Epsom akan menarik kelembapan dari kulit, yang membuat lingkungan yang kurang ideal bagi bakteri.

3. Bali Alus Foot Fresh Spray

Foto: Bali Alus

Sebagai salah satu brand dengan bahan-bahan alami, produk ini terbuat dari ekstrak ganggang dan sirih. Ada juga kandungan aromatherapy yang membuat penggunanya rileks. Cara pakainya bisa disemprotkan pada saat kaki kering atau setelah kaki dibersihkan. Mommies dan Daddies juga bisa memakainya berulang kali, karena produk ini tak membuat kaki kering.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Produk untuk Mencerahkan Ketiak, Harga Mulai Rp40 Ribu

4. Dewi Sri Spa Footherapy – Foot Lotion

Foto: Dewi Sri Spa Footherapy

Kalau tidak suka produk spray, maka produk dengan tekstur losion ini bisa jadi pilihan. Dewi Sri Spa Footherapy punya kandungan Shorea Butter, Rice Bran Oil, Almond Oil, dan Provit B5. Tak hanya bikin bau kaki hilang, kaki juga akan lembut serta jauh dari pecah-pecah.

5. Actimed Foot Soap

Foto: E-Commerce

Nah, ini sabun khusus untuk kaki. Sebaiknya memang sabun badan terpisah dari sabun kaki, karena ada perbedaan perawatan. Sabun ini diklaim bisa mengatasi gatal-gatal, bau kaki, pecah-pecah, dan daki kaki. Teksturnya bubuk, sehingga bisa digunakan seperti scrub atau dicampur dengan air untuk merendam kaki.

6. Dr Teal’s Foot Soak

Foto: Walmart

Dr Teal’s Foat Soak ini punya kandungan garam Epsom juga yang dikenal dapat memulihkan kaki yang lelah dan pegal. Selain itu, ada peppermint essential oil dan baking soda yang memberikan sensasi dingin untuk menyegarkan dan menghilangkan bau kaki.

7. Octopus Refresher Penghilang Bau Sepatu

Foto: E-commerce

Kali ini rekomendasi penghilang bau kaki yang mungkin asalnya dari sepatu. Octopus Refresher menghilangkan bau karena terbuat dari essential oil, bukan bibit parfum. Mommies dan Daddies juga bisa menggunakannya sekaligus sebagai penghilang bau untuk sepatu, tas, helm, dan topi.

BACA JUGA: Bibir Kering dan Hitam? Ini 5 Rekomendasi Produk Lip Care untuk Melembapkan dan Mencerahkannya

Jika kaki tetap berkeringat dan berbau meskipun sudah menjaga kebersihan kaki dan memakai produk penghilang bau kaki, Mommies dan Daddies mungkin perlu mempertimbangkan pilihan seperti botox.

Perawatan botox sangat efektif dalam mengurangi keringat pada kaki. Botox bekerja dengan cara memblokir saraf yang mengaktifkan kelenjar keringat. Berminat coba?

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Image by Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan