banner-detik
LIFESTYLE

Kiki Fatmala Meninggal Dunia di Usia 56 Tahun Pasca Berjuang Melawan Kanker Paru-paru

author

Mommies Daily01 Dec 2023

Kiki Fatmala Meninggal Dunia di Usia 56 Tahun Pasca Berjuang Melawan Kanker Paru-paru

Aktris dan model senior Indonesia, Kiki Fatmala meninggal dunia dan menghembuskan nafas terakhirnya setelah berjuang melawan kanker.

Kabar duka menyelimuti industri hiburan tanah air karena aktris senior dan model Kiki Fatmala meninggal dunia pada Jumat (1/12). Kabar duka tersebut dikonfirmasi pihak keluarga dan mengundang simpati para rekan artis dan penggemarnya.

Kiki Fatmala diketahui meninggal saat berusia 56 tahun akibat lama berjuang melawan kanker paru-paru. Dalam unggahan resmi pihak keluarga di akun Instagram Kiki Fatmala, diketahui sang aktris mengalami komplikasi akibat kanker sebelum meninggal dunia.

BACA JUGA: Kanker Payudara Bisa Efektif dicegah dengan 9 Makanan Ini, Apa Saja?

Fakta Kiki Fatmala yang Wafat di Usia 56 Tahun

Berikut adalah beberapa informasi mengenai meninggalnya Kiki Fatmala di usia 56 tahun.

Profil Kiki Fatmala

Kiki Fatmala lahir pada 26 Oktober 1969 di Jakarta. Dia merupakan bintang film dan sinetron Indonesia yang populer di era 1990-an. Salah satu sinetron yang membuatnya populer adalah saat Kiki berperan sebagai Mariam dalam Si Manis Jembatan Ancol (1996). Dia juga membintangi beberapa film yaitu, Bisa Naik Bisa Turun (1991) dan Masuk Kena Keluar Kena (1992).

Mengidap kanker paru-paru

Dilansir dari CNN, sebelum meninggal dunia, Kiki Fatmala sempat aktif mengunggah aktivitasnya saat divonis kanker paru-paru stadium 4 sejak November 2021 lalu.

Kepada publik, dia mengungkapkan vonis tersebut benar-benar mengubah kehidupannya. Kiki menyadari tiada hal yang sama lagi dalam hidupnya setelah mengidap penyakit tersebut.

“19 November 2021 hari di mana semuanya berubah. Itu adalah hari di mana saya didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium IV,” tulis Kiki di media sosial pada April 2022.

“Saya menyadari tidak ada yang akan pernah sama dan hidup terbagi 2: sebelum dan sesudah ini.”

Dalam beberapa unggahan, Kiki juga membagikan deretan foto terkait kondisi kesehatannya yang menunjukkan hasil diagnosis stadium IV, kemudian biopsi pada 23 November 2021, hingga pertama kali dalam ambulans.

Keluarga tulis surat perpisahan

Lewat akun Instagram resminya, keluarga Kiki mengumumkan bahwa sang aktris telah berpulang pada 1 Desember 2023 akibat kanker. Tentunya, anggota keluarga Kiki merasa kehilangan. Keluarga pun meminta agar rekan media dan penggemar menghormati privasi Kiki dengan tidak meliput pemakaman atau mewawancarai keluarganya.

Dalam surat tersebut, keluarga juga meminta agar karangan bunga digantikan dengan sumbangan kepada badan amal sebagai penghormatan untuk Kiki Fatmala.

Berikut bunyi surat yang dibagikan keluarganya.

“Dengan kesedihan mendalam dan hati yang berat, kami ingin mengumumkan berpulangnya yang tercinta Kiki Fatmala, yang bukan hanya anggota terkasi keluarga kami tetapi juga seorang sahabat yang dikenal oleh banyak orang. Kiki Fatmala meninggal dunia pada 1 Desember 2023 pada usia 56 tahun, karena komplikasi akibat kanker.

Di saat-saat yang sulit ini, keluarga kami memohon privasi dan pengertian atas rasa berduka dan kehilangan kami. Meskipun kami menghargai minat publik untuk menghormati kenangan beliau, kami memilih untuk menyelenggarakan layanan memorial yang tertutup dan pribadi hanya untuk keluarga dan teman-teman terdekat.

Kami meminta penghormatan dan pengertian Anda untuk memberi kami ruang untuk berduka dan mengenang Kiki Fatmala dalam suasana yang tenang dan intim.

Kami dengan tulus meminta agar media dan publik menghormati keinginan privasi keluarga kami selama masa sulit ini. Pernyataan ini adalah satu-satunya komunikasi resmi dari keluarga, dan kami tidak akan memberikan wawancara atau pernyataan tambahan selain ini.

Bagi yang ingin mengirimkan karangan bunga, keluarga meminta agar digantikan dengan sumbangan kepada badan amal sebagai penghormatan untuk Kiki Fatmala.

Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada para penggemar, teman-teman, dan rekan-rekan beliau atas pesan-pesan simpati dan dukungannya. Kami sangat mengharga pengertian rekan-rekan semua selama masa sulit ini. Terima kasih,” bunyi surat tersebut.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kiki Fatmala (@qq_fatmala)

Semoga Kiki Fatmala dapat tempat terbaik di sisi Tuhan dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: 8 Jenis Kanker Anak yang Paling Sering Dialami Si Kecil dan Harus Diwaspadai

Foto: Instagram/qq_fatmala

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan