banner-detik
LIFESTYLE

10 Tanaman Pembersih Udara yang Bagus Disimpan di Dalam Rumah

author

Mommies Daily28 Nov 2023

10 Tanaman Pembersih Udara yang Bagus Disimpan di Dalam Rumah

Udara yang kurang baik bisa membawa banyak penyakit. Buat jaga-jaga, pelihara 10 jenis tanaman pembersih udara ini yuk, Mommies.

Mommies mungkin berpikir jika rumah bisa menjadi pelindung dari polusi udara di luar. Eits, jangan salah loh. Kurangnya aliran udara memungkinkan polusi udara dalam ruangan menumpuk dan menyebabkan masalah kesehatan seperti asma atau sindrom bangunan sakit. Tenang, bisa diatasi dengan tanaman pembersih udara.

Salah satu penelitian terkenal mengenai tanaman dalam ruangan dan kualitas udara dilakukan oleh NASA pada tahun 1989. Para ilmuwan mempelajari cara-cara alami untuk memurnikan udara di ruang tertutup, seperti stasiun luar angkasa, dan saat ini hal tersebut telah menghasilkan wawasan lebih lanjut tentang bagaimana tanaman tertentu dapat bermanfaat bagi rumah kita.

Mommies mungkin tak sadar jika rumah yang jadi tempat perlindungan bisa menjadi sarang penyakit. Faktanya, perabotan modern, bahan bangunan sintetis, dan bahkan karpet Anda sendiri dapat membawa lebih banyak bahan kimia dari yang diperkirakan. Bahan kimia ini dapat menyumbang hingga 90 persen polusi udara dalam ruangan.

Punya air purifier modern mungkin bisa mengatasi polusi di dalam rumah, tetapi kalau Anda menginginkan solusi alami ada pilihan tanaman indoor pembersih udara.

BACA JUGA: 10 Tanaman Herbal Untuk Meredakan Batuk, Bisa Ditanam di Dalam Rumah!

Tanaman Pembersih Udara yang Bagus

Mengetahui tanaman mana yang dapat membersihkan udara dan menyerap racun berbahaya dapat membantu kesehatan setiap anggota keluarga. Yuk, lihat apa saja jenis tanaman pembersih udara yang masuk ke dalam daftar.

1. Spider plants (Tanaman laba-laba)

Tanaman laba-laba atau biasa juga disebut lili paris adalah pilihan tanaman indoor pembersih udara yang bagus. Tanaman ini tumbuh dengan cepat dan terlihat cantik di keranjang gantung, terutama di ruang kerja Anda. Kadang-kadang mereka bahkan menghasilkan bunga putih yang indah.

2. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya tak hanya bagus sebagai bahan skincare, loh. Dari kantor hingga kamar tidur, tanaman pembersih udara ini cocok ditanam di ruang mana pun. Asalkan mendapat banyak sinar matahari, ya!

Tidak perlu sering disiram, jadi ini adalah tanaman hias yang bagus untuk pemula. Ditambah lagi, daunnya yang berdaging mengandung gel lidah buaya yang bisa Anda gunakan untuk membuat produk perawatan kulit atau perawatan rambut Anda sendiri.

3. Money plant

Banyak orang memelihara money plants karena dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan finansial. Kini tambah lagi alasan untuk memeliharanya, karena tanaman ini bisa menyerap racun, membersihkan udara, dan juga tampak cantik sebagai tanaman hias dalam rumah.

Tanaman ini sangat efektif dalam mengurangi kadar bahan kimia berbahaya yang ditemukan di karpet, cat, lem dan kain buatan.

4. Snake plant (Lidah mertua)

Snake plant atau lidah mertua memang cukup populer sebagai tanaman indoor. Rupanya ia juga punya efek bisa membersihkan udara.

Anggun dan sangat toleran terhadap kekeringan, pertumbuhannya relatif lambat, dan dapat mengatasi kondisi cahaya yang rendah tetapi akan tumbuh lebih cepat di posisi yang lebih terang.

5. Queen fern (pakis)

Queen fern atau pakis yang mudah tumbuh ini lebih menyukai cahaya yang terang dan tidak langsung, sehingga cocok ditaruh di sudut kamar.

Tanaman pembersih udara satu ini juga menyukai kelembapan, sehingga cocok ditanam di dapur atau kamar mandi.

6. Peace lily

Bunga pembersih udara ini punya bentuk yang cantik dan cenderung mudah dirawat. Peace lily menyaring udara dalam ruangan dan membantu mengurangi senyawa udara berbahaya.

Namun ingat, ya, tanaman ini bisa berbahaya bagi hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

7. Bromeliad Vriesea Vogue

Tanaman indoor satu ini punya bentuk unik, karena bunganya berwarna merah dan mirip seperti pedang api. Beda dengan peace lily, tanaman ini tidak berbahaya bagi binatang, loh.

Tanaman pembersih udara ini suka dengan sinar matahari, jadi bisa Anda letakkan di samping jendela atau dekat dengan teras.

8. Bamboo Palm

Jika Anda memiliki ruang yang cukup luas, misalnya ruang tamu dengan platform atas yang tinggi, bisa dicoba memelihara bamboo palm atau palem bambu.

Tanaman pembersih udara ini dapat tumbuh mulai dari 100 hingga 300 cm. Letakkan bamboo palm di dalam pot di bawah sinar matahari tidak langsung dan siram ketika permukaannya terasa kering.

9. Flamingo lily

Keberadaan tanaman ini cukup sering dilihat di Indonesia. Secara alami ditemukan di hutan hujan, tanaman ini membutuhkan sinar matahari tidak langsung, suhu yang lembab, dan air yang cukup banyak untuk tumbuh. Tanaman ini dapat mekar sepanjang tahun dan menghasilkan bunga merah yang akan mempercantik ruangan Anda.

10. Bunga krisan

Bosan tanaman indoor yang hijau dan ingin yang lebih berwarna? Nah, bunga krisan adalah bunga pembersih udara yang tepat buat Anda.

Menurut NASA, krisan adalah salah satu tanaman hias pemurni udara terbaik karena dapat menghilangkan sebagian besar polutan dalam ruangan seperti formaldehida, benzena dan xilena. Bunga ini hanya membutuhkan sedikit perawatan, tetapi hanya akan bertahan hidup selama beberapa minggu di dalam ruangan.

Ditulis oleh: Imelda Rahma

BACA JUGA: 7 Tanaman Pengusir Ular, Bisa Ditanam di Rumah Saat Musim Hujan

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan