banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

5 Perubahan yang Bisa Terjadi pada Suami di Usia 30-an dan 40-an

author

Katharina Menge22 Nov 2023

5 Perubahan yang Bisa Terjadi pada Suami di Usia 30-an dan 40-an

Memasuki usia 30-an dan 40-an, ternyata ada banyak perubahan yang bisa terjadi pada diri suami Anda, lho! Ini dia daftarnya.

Menginjak usia 30- dan 40-an ada banyak hal yang terjadi sehingga bisa mengubah kehidupan, kebiasaan, hingga perasaan. Tak terkecuali bentuk tubuh yang tentunya semakin menua.

Hal ini ternyata juga bisa memengaruhi bagaimana seseorang menghadapi lingkungan, pekerjaan, keluarga, dan tentunya pasangan. Tak hanya pada wanita, perubahan juga bisa terjadi pada pria dan juga para ayah, lho.

Perubahannya tidak melulu dalam konteks negatif, ya. Ada juga perubahan menjadi lebih baik, apalagi semakin bertambah usia, seseorang juga jadi semakin dewasa dan lebih tenang dalam menyikapi masalah yang muncul dalam kehidupan rumah tangga.

BACA JUGA: 6 Resep Minuman Sehat untuk Kurangi Kolesterol Jahat, Wajib untuk Usia 30an

Perubahan pada Suami di Usia 30-an dan 40-an

Yuk, lihat deretan perubahan yang sering terjadi pada suami di usia 30-an dan 40-an berikut ini!

10 Tipe Suami

1. Gairah seks menurun

Pertama-tama mari kita bahas dari sisi kehidupan seksual. Dilansir dari WebMD, pria akan memiliki gairah seks yang kuat selama bertahun-tahun, tetapi sayangnya hormon testosteron mereka mulai menurun secara perlahan sekitar usia 35 tahun. Kadarnya akan terus menurun sekitar 1% per tahun dan bisa lebih cepat bagi beberapa pria.

Hal itu tentu saja berdampak pada gairah seks para suami di usia 30-an dan 40-an. Ditambah lagi dengan stres akibat pekerjaan, keluarga, dan komitmen lainnya bisa membuat minat para suami terhadap seks semakin menurun.

2. Seks semakin lebih baik

Kuantitas berkurang, kualitas meningkat. Walau gairah menurun, tetapi di usia 30-an kebanyakan pria sudah tahu seks seperti apa yang bisa membuatnya puas. Sebab mereka sudah banyak mencoba di usia 20-an dan lebih memahami kebutuhannya serta kebutuhan pasangan. Seks jadi jauh lebih baik dan lebih nyaman.

3. Bentuk tubuh berubah

Salah satu perubahan yang banyak terlihat pada para suami di usia 30-an dan 40-an adalah bentuk tubuh, terutama perut yang semakin membuncit. Ternyata ada alasan ilmiah di balik fenomena tersebut, yaitu karena seiring bertambahnya usia pria, kadar testosteron dan hormon pertumbuhan mereka berkurang. Hal itu membuat pria jadi lebih sulit untuk membakar kalori dan membentuk otot. Ketika massa otot memburuk, ia digantikan oleh lapisan lemak baru, terutama di sekitar pinggang dan perut.

4. Kesehatan menurun

Banyak pria berusia 30-an mulai menghadapi beberapa masalah pada tulang. Kemampuan tubuh untuk sembuh jadi lebih melambat dan tentunya tidak sekuat saat usia 20-an. Masuk usia 35 tahun, penting untuk memeriksa kadar kolesterol dan trigliserida Anda setiap lima tahun sekali. Anda juga harus rutin melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tekanan darah.

5. Hubungan asmara lebih stabil

Memasuki usia 30-an, kehidupan cinta dalam ruamh tangga akan jadi lebih stabil dan matang. Mereka jadi lebih memahami hubungan dengan pasangan masing-masing, tau apa yang disuka dan tidak, dan jadi lebih menghargai.

Tak hanya itu, suami juga jadi lebih senang menghabiskan akhir pekan dengan meringkuk di rumah, menonton film, atau tidur. Apalagi jika selama weekdays mereka habiskan untuk bekerja.

Itu dia deretan perubahan yang mungkin dialami oleh suami di usia 30-an dan 40-an. Apa ada lagi? Silahkan ditambah, ya!

BACA JUGA: Kesalahan Karier yang Harus Dihindari di Usia 30-an, Wajib Tahu!

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan