banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Google akan Hapus Akun Gmail hingga YouTube, Ini Tips Agar Tidak Kena!

author

Katharina Menge21 Nov 2023

Google akan Hapus Akun Gmail hingga YouTube, Ini Tips Agar Tidak Kena!

Google sedang bersih-bersih dan akan menghapus akun Gmail hingga YouTube yang tidak aktif mulai bulan Desember mendatang. Hati-hati supaya tidak kena, ya!

Google akan menerapkan kebijakan baru untuk para penggunanya yang tidak aktif dalam waktu lama. Kebijakan tersebut mulai aktif per tanggal 1 Desember 2023 mendatang. Nantinya setiap akun minimal harus aktif dalam dua tahun terakhir agak terhindari dari penghapusan.

Penghapusan ini berlaku untuk semua layanan Google, mulai dari Gmail, YouTube, hingga Google Search. “Perubahan tidak memengaruhi Anda kecuali tidak aktif di akun Google selama dua tahun atau tidak menggunakan akun Anda untuk masuk layanan Google apapun selama lebih dari dua tahun,” bunti isi dalam pemberitahuan Google, dikutip dari CNBC Indonesia.

Email pengingat tersebut sudah disebarkan kepada para pengguna yang akunnya sudah tidak lama aktif. Pemberitahuan itu diketahui akan dikirimkan kurang lebih delapan bulan sebelum tindakan penghapusan dilakukan.

Nantinya, setelah akun Google dihapus, maka alamat Gmail yang telah digunakan tersebut tidak akan bisa digunakan lagi untuk membuat akun baru. Jadi, nama akun yang sudah digunakan tidak bisa digunakan kembali.

BACA JUGA: Beasiswa Khusus untuk Perempuan dari Google, Ini Syarat dan Caranya

Sudah Umumkan Sejak Agustus

Kabar penghapusan akun Google ini sebenarnya sudah diumumkan sejak bulan Agustus 2023 lalu. Alasan diterapkan kebijakan ini juga sudah diungkap, yaitu untuk melakukan pembersihan demi mencegah akun pribadi yang terbengkalai diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dikutip dari CNBC, Wakil Presiden Google, Ruth Kricheli, tidak mengungkapkan bahwa induk Google Alphabet kini tengah berada dalam mode hemat biaya. Sebab untuk pertama kalinya dalam hampir dua dekade, pendapatan Google sebagai perusahaan publik mengalami pertumbuhan kurang dari 10% selama empat kuartal berturut-turut.

Pengiklan pun jadi lebih berhati-hati karena kondisi ekonomi yang saat ini tak menentu. Apalagi sekarang YouTube tengah mendapat saingan baru, yaitu TikTok, yang tumbuh dengan pesat.

Cara Supaya Akun Google Tidak Hilang

Tak hanya mengabarkan pemberitahuan tersebut, Google juga memberikan jalan keluar bagi Anda yang ingin menjaga agar akun Google tidak ikut dihapus bulan Desember mendatang. Kuncinya adalah dengan tetap aktif minimal dua tahun sekali.

Selain itu, untuk menghindari kebijakan ini, Anda diharapkan menerapkan beberapa tips berikut ini untuk menjaga akun tetap terjaga.

  1. Membaca atau mengirimkan email
  2. Menggunakan Google Drive
  3. Menonton video di Youtube
  4. Berbagi foto
  5. Mengunduh aplikasi
  6. Menggunakan Google Search
  7. Sign in dengan akun Google untuk aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Selama Anda aktif melakukan tujuh kegiatan di atas, dijamin akun Google Anda akan aman dan tidak akan dihapus Google.

BACA JUGA: 10 Hal yang Bisa Dilakukan di Google Slide untuk Bantu Pekerjaan Anda

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan