banner-detik
LIFESTYLE

6 Pelajaran yang Bisa Dipetik dari Serial Gadis Kretek, Dari Hidup hingga Cinta!

author

Mommies Daily15 Nov 2023

6 Pelajaran yang Bisa Dipetik dari Serial Gadis Kretek, Dari Hidup hingga Cinta!

Ada beberapa pelajaran berharga yang bisa diambil dari serial Gadis Kretek yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Ario Bayu ini.

Gadis Kretek tidak hanya menyajikan kisah asmara yang mengharukan, tetapi juga menjadi sumber pelajaran tentang kehidupan, cinta, dan perjuangan

Serial Netflix Gadis Kretek menuai banyak ulasan positif karena tidak hanya menyajikan kisah asmara yang mengharukan, tetapi juga menjadi sumber pelajaran tentang kehidupan dan perjuangan.

Serial yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Ario Bayu ini terbukti memainkan emosi penontonnya dengan kisah cinta antara tokoh Dasiyah dan Soeraja.

Gadis Kretek bukan sekadar hiburan biasa, melainkan sebuah perjalanan yang membawa para penonton belajar tentang kompleksitas cinta, keteguhan hati, dan tantangan hidup.

BACA JUGA: 6 Daftar Serial Netflix yang Paling Dinanti di Bulan November, Termasuk Gadis Kretek!

Pelajaran dari Serial Gadis Kretek

Berikut adalah pelajaran hidup dan cinta yang ada dalam serial Netflix Gadis Kretek dan bisa dipetik oleh kita semua.

1. Kerja keras tak akan mengkhianati hasil

Memiliki sifat tekun, Jeng Yah bekerja keras untuk menciptakan kretek terbaik walau terus dihalangi berbagai tantangan. Ketekunan dan sikap tak pantang menyerah Jeng Yah akhirnya menghasilkan Kretek Gadis yang begitu diminati, dan bertahan selama puluhan tahun sebagai yang terbaik.

Jeng Yah tentu tak berjuang sendiri, dia dibantu Soeraja dan pekerja-pekerja lainnya. Kedua sosok utama tersebut saling percaya dan berjuang menciptakan kretek terbaik pada masanya.

2. Rasa cinta bisa berlangsung selama waktu lama

Soeraja dan Jeng Yah, yang berasal dari latar belakang yang berbeda, menunjukkan bahwa cinta masih bisa terus muncul bertahun-tahun lamanya. Meskipun memiliki kehidupan dan latar belakang yang berbeda, berbagai rintangan tidak menghalangi mereka untuk bersatu.

Bertahun-tahun setelah berpisah, cinta mereka masih tetap kuat, bahkan ketika Soeraja sudah menikah dan Jeng Yah ditinggal mati oleh Seno. Keduanya masih menyimpan rasa cinta yang sama.

3. Kisah cinta penuh ketulusan itu ada

Akibat tragedi G30S, Soeraja dan Jeng Yah harus terpisah, kali ini sangat lama. Pada akhirnya, Soeraja menikahi sosok perempuan lain, yaitu Purwanti. Sementara itu, Jeng Yah akhirnya menjadi istri Seno dan melahirkan satu orang anak.

Meski menikah dengan Seno, Jeng Yah belum sepenuhnya ikhlas karena dia terpisah dari pujaan hatinya, Soeraja. Namun, Seno tetap mencintai Jeng Yah dengan tulus, bahkan ketika mereka harus menikah secara diam-diam. Cinta Seno terhadap Dasiyah tetap teguh hingga akhir hayatnya.

4. Tidak semua kisah cinta akan berakhir bahagia

Kisah cinta Jeng Yah dan Soeraja tak berakhir bahagia karena keduanya terpisah oleh takdir. Melalui berbagai usaha, mereka berusaha untuk bersatu kembali tapi takdir tidak menyertai niat mereka. Dasiyah mengorbankan dirinya dalam pengasingan, setia pada Soeraja. Meskipun Soeraja menikahi Purwanti untuk mencari Dasiyah, takdir tidak memihak pada mereka untuk bersatu.

5. Pertemuan bisa mengubah hidup seseorang

Arum dan Lebas, anak dari Jeng Yah dan Soeraja bertemu dan berusaha menggali misteri keluarga, sekaligus menemukan ‘cinta’ antara Jeng Yah dan Soeraja di masa lampau. Meski memiliki beredar latar belakang, Arum dan Lebas, terhubung melalui misteri keluarga dan kretek.

Akhir hubungan mereka pun belum jelas, tetapi Arum ingin mengenal keluarga papanya, Seno Aji, dan Lebas setuju untuk menemani perjalanan itu. Hidup mereka berubah karena satu pertemuan.

6. Diskriminasi terhadap perempuan itu nyata

Jeng Yah sering mengalami diskriminasi oleh laki-laki di sekitarnya hanya karena dia seorang perempuan. Pada masanya, perempuan sering mendapat peran-peran kecil dalam masyarakat, bahkan terperangkap dalam urusan dapur, sumur, dan kasur.

Dalam dunia kretek saat itu, perempuan bahkan dilarang memasuki ruang saus. Namun, Jeng Yah bisa mematahkan stereotip masyarakat dan membuktikan dirinya sebagai pencipta Kretek Gadis yang begitu diminati.

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: 6 Fakta Menarik Strong Girl Nam Soon, Drakor Lee Yoo Mi yang Raih Rating Tinggi di Netflix

Cover: Instagram/netflixid

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan