banner-detik
LIFESTYLE

10 Rekomendasi Alat Olahraga untuk Ibu di Bawah Rp500.000

author

Mommies Daily13 Nov 2023

10 Rekomendasi Alat Olahraga untuk Ibu di Bawah Rp500.000

Tak ada lagi alasan, berikut ini rekomendasi alat olahraga untuk ibu agar bisa tetap sehat mendampingi keluarga!

Mommies tentu tahu, ya, betapa bermanfaatnya olahraga untuk tubuh. Sudah banyak penelitian yang menjelaskan banyaknya manfaat olahraga. Tanpa harus ke gym, ada loh beberapa alat olahraga untuk ibu di bawah Rp500.000

Disadari atau tidak, Mommies biasanya suka menunda-nunda kebutuhan untuk berolahraga. Ada saja alasan, tidak ada waktu, terlalu lelah, tidak tahu caranya, terlalu mahal, dan sebagainya.

Namun sebenarnya, alasan hanyalah alasan. Itu tidak membuat Anda lebih baik, tidak membuat Anda lebih sehat juga, loh. Kita semua bisa mengakui bahwa stres adalah bagian besar dari menjadi seorang ibu. Nah, salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres adalah dengan berolahraga.

Tak hanya stres, semakin sering berolahraga, semakin baik kualitas tidur Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa, wanita yang berolahraga 150 menit dengan aktivitas sedang hingga berat dalam seminggu, dapat meningkatkan kualitas tidur hingga 65%.

BACA JUGA: Rahasia Sophia Latjuba Tetap Sehat dan Awet Muda di Usia 50-an, Rutin Olahraga Ini!

Rekomendasi Alat Olahraga untuk Ibu

Nah, kan, banyak manfaat dari berolahraga bagi tubuh dan pikiran. Kalau Anda sudah meyakinkan diri untuk berolahraga, maka langkah selanjutnya adalah membeli peralatan berolahraga.

Jangan khawatir, berikut ini ada 10 rekomendasi alat olahraga untuk ibu di bawah Rp500.000.

1. Tali skipping

Lompa tali adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan di mana saja, terutama di rumah. Olahraga ini juga sangat terjangkau, karena Anda hanya memerlukan tali skipping untuk melakukannya. Harga tali skipping beragam, tapi harganya bisa di bawah Rp50.000.

2. Matras yoga

Ingin berolahraga simpel di rumah, tinggal nyalakan Youtube dan mengikuti olahraga dari beberapa youtuber olahraga seperti Emi Wong. Yang perlu Anda siapkan hanya matras yoga, yang harganya sekitar Rp100.000-Rp300.000.

3. Dumbbell

Investasi pada dumbbell mirip dengan alat angkat beban yang biasa Anda lihat di gym. Anda juga bisa pilih mau dumbbell dengan bobot berapa kilogram. Gunakan dumbbell untuk melatih otot lengan, Anda juga bisa gunakan alat olahraga ini saat melakukan squat dan bench press.

4. Resistance band

Resistance band adalah alat olahraga untuk ibu yang bisa melatih ketahanan otot. Alat olahraga ini juga bisa digunakan pada tangan dan juga kaki. Cara mudahnya bisa dengan menarik kedua ujung resistance band dengan kedua tangan, untuk melatih kekuatan otot.

Anda juga bisa memakai resistance band pada bagian paha dan melakukan squat untuk melatih kekuatan otot paha.

5. Gym Ball

Gym ball atau bola fitness merupakan alat olahraga yang aman untuk wanita. Bahkan ibu hamil juga disarankan berolahraga dengan alat ini, agar proses persalinan nanti lebih lancar. Anda juga dapat menggunakannya untuk meningkatkan keseimbangan dan kekuatan inti serta latihan peregangan.

6. Pull bar

Anda kini sudah bisa menggunakan portable pull bar dengan menempelkannya pada dinding atau pintu. Alat fitnes sederhana untuk di rumah ini bisa digunakan untuk menahan gerakan tubuh Anda saat pull up. Tentu saja sangat bagus untuk melatih kekuatan otot tangan.

7. Kettlebell

Kettlebell adalah alat yang serbaguna untuk latihan kekuatan dan kardio yang dapat digunakan di rumah. Sebenarnya ini fungsinya hampir mirip dengan dumbbell dan sangat bagus untuk melatih otot tangan.

Biasanya beban kettlebell mulai 8 kg hingga 20 kg, sehingga Anda lebih baik menggunakan kedua tangan saat berolahraga dengan alat ini.

8. Mini stepper

Jalan kaki atau naik tangga konon merupakan olahraga yang ampuh membakar kalori. Kalau rumah Anda tidak memiliki tangga, bisa mencoba alat olahraga mini stepper. Bentuknya seperti 2 pijakan kaki, yang ketika digunakan membuat kaki Anda seperti menapaki tangga.

Selain bagus untuk membakar kalori, mini stepper juga bisa mengencangkan otot kaki dan paha, loh.

9. Hula hoop

Masih ingat dengan hula hoop? Mungkin Anda pernah memainkannya ketika masih kecil, siapa sangka ‘mainan’ satu ini bisa jadi alat olahraga yang menyenangkan dan terjangkau.

Hula hoop adalah alat yang tepat untuk melatih otot perut dan tidak semua orang bisa menggunakannya. Cukup putar pinggul Anda agar hula hoop tetap berputar, sambil menjaga otot inti Anda tetap aktif.

10. Waist twisting

Mirip dengan mini stepper, hanya saja ketika menggunakannya Anda tidak akan seolah-olah menapaki tangga. Ketika menaikinya, lakukan putaran ke kiri 90 derajat dan ke kanan 90 derajat secara terus menerus. Pergerakannya akan membuat perut dan pinggang terlatih serta makin kencang!

Ditulis oleh Imelda Rahma

BACA JUGA: 5 Olahraga yang Aman untuk Usia 40-an, Ada Yoga hingga Pilates

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan