banner-detik
LIFESTYLE

Kulit Sensitif? Ini Dia 5 Rekomendasi Produk Retinol dari Brand Lokal yang Aman

author

Mommies Daily09 Nov 2023

Kulit Sensitif? Ini Dia 5 Rekomendasi Produk Retinol dari Brand Lokal yang Aman

Bisa mencegah penuaan dini dan jadi cara mencerahkan wajah, retinol jadi produk yang paling dicari. Namun kalau kamu punya kulit sensitif, perhatikan jenis retinol yang dipakai.

Retinol, oh, retinol. Satu kandungan yang lagi jadi primadona banget beberapa tahun belakangan ini. Seperti yang kita tahu, Retinol merupakan kandungan yang paling efektif untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Bukan sekadar jadi cara terbaik mencerahkan wajah, tetapi retinol juga bisa menyamarkan garis halus, noda hitam, dan juga bisa mengatasi permasalahan jerawat.

Sayangnya, nih, dengan banyaknya manfaat yang diberikan, Retinol juga jadi salah satu kandungan yang cukup tricky untuk kulit sensitif. Efek dari menggunakan retinol yang sembarangan adalah bikin kulit jadi iritasi, kemerahan, dan kadang sampai kulit mengelupas. Apalagi retinol memang punya karakter untuk bikin kulit kering.

Makanya, untuk kalian yang baru mau menggunakan retinol saya sarankan untuk menggunakannya hanya beberapa minggu sekali dan cari retinol dengan konsentrasi rendah.

BACA JUGA: 7 Kesalahan Menggunakan Retinol

Rekomendasi Retinol untuk Kulit Sensitif

Berikut adalah rekomendasi produk skincare dengan kandungan retinol yang aman untuk kulit sensitif dan bisa kalian coba.

1. Somethinc 1% Level 1% Retinol

Retinol yang terdapat pada Somethinc Level 1% Retinol bukanlah retinol biasa, melainkan encapsulated retinol. Jenis retionol ini sifatnya lebih stabil, mampu masuk sampai ke lapisan kulit yang lebih dalam, sehingga kerjanya lebih efektif untuk mencegah tanda-tanda penuaan.

Selain mengandung 1% Encapsulated retinol, pada serum ini juga terdapat Ceramide yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, dan Terephthalylidene dicampur sulfonic acid, yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan UVA (ingat, ya, UVA itu paparannya non stop 24 jam, dan bisa tembus tembok. Dan UVA inilah salah satu faktor yang menyebabkan premature aging).

Foto: Somethinc

2. Bio Beauty Lab Gentle Retinol & Peptide

Adanya kandungan Peptide bikin serum retinol ini lebih gentle di kulit dan melembapkan. Active serum ini mengandung REVISOME Retinol Moist yang membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini akibat efek buruk paparan sinar matahari dan agresor eksternal lainnya.

Foto: Female Daily

3. ElsheSkin Retinol Rejuvenating Night Serum

Selain ada kandungan 1% Encapsulated Retinol, serum ini juga diperkaya dengan kandungan yang dapat melembapkan kulit, seperti Multi Peptide Complex, Hyaluronic Acid, dan juga Licorice Extract. Nggak ketinggalan di dalamnya juga ada Niacinamide yang bisa memperkuat skin barrier dan membantu mencerahkan kulit.

Foto: Elsheskin

4. Avoskin Miraculous Retinol Toner

Serum kan memang produk skincare yang punya kandungan paling potent. Kalau belum mau coba yang konsentratnya tinggi, cobain deh dalam bentuk toner. Kamu bisa cobain toner retinol dari Avoskin ini.

Di dalamnya sendiri terdapat 3% Niacinamide, 1% Actosome Retinol yang dengan 0.09% aktif Retinol, Peptide, dan Pomegranate. Kombinasi ini efektif untuk memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan serta menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit.

Foto: Blibli

5. ERHA Age Corrector Nightcharge Booster

Selain menggunakan produk retinol yang kandungannya rendah, kamu juga bisa diluted serum retinol dengan produk skincare lain. Tujuannya untuk mengurangi efek iritasi pada kulit.

Nah, salah satu produk yang bisa kamu coba adalah ERHA Age Corrector Nightcharge Booster. Produk ini bisa kamu pakai sendiri layaknya menggunakan serum. Namun kalau ingin lebih mild untuk penggunaan pertama kali, coba di campur dengan pelembap atau hydrating toner yang kalian punya di rumah.

Foto: Erhastore

Itu lima rekomendasi produk retinol untuk kulit sensitif yang bisa kalian coba. Namun perlu diingat untuk tetap menggunakan pelembap dan juga sunscreen, ya.

BACA JUGA: 6 Eye Cream Mengandung Retinol, Bisa Dicoba untuk Usia 40an

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan