banner-detik
SELF

5 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba untuk Usia 50-an ke Atas, Cocok untuk Para Pensiunan

author

Katharina Menge07 Nov 2023

5 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba untuk Usia 50-an ke Atas, Cocok untuk Para Pensiunan

Kalau masih ingin produktif di usia 50-an, maka jangan ragu untuk mencoba deretan ide bisnis yang mudah. Ini deretan rekomendasinya!

Di usia 50-an, ada banyak Mommies dan Daddies yang sudah menikmati masa pensiun dengan nyaman, ada pula yang masih bekerja atau menjalankan bisnis untuk menyambung hidup. Tidak ada yang salah karena tuntutan hidup dan beban finansial masing-masing pribadi itu berbeda.

Namun lain ceritanya ketika di usuai 50-an kalian ingin membuka usaha sampingan meski sudah pensiun. Bukannya ingin menyindir, tetapi 50-an bukan usia yang muda lagi, dan dalam banyak bidang pekerjaan pasti akan kalah dengan pekerja yang jauh lebih muda.

Akhirnya bisnis pun jadi jalan keluar untuk tetap bisa bekerja dan menghasilkan pendapatan demi kehidupan. Nah, ini bisa dicoba. Namun perlu diperhatikan bahwa banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika berencana memulai bisnis di usia 50-an ini. Termasuk risiko bisnis yang bisa muncul dan memengaruhi keuangan.

Meski begitu, Mommies dan Daddies bisa tenang karena ada beberapa pilihan ide bisnis yang bisa dilakukan di usia 50-an, dan aman!

BACA JUGA: Tak Perlu Sewa Lapak, Ini 15 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Mendatangkan Cuan

Ide Bisnis di Usia 50-an

Ini dia deretan ide bisnis untuk usia 50-an yang bisa dicoba oleh semua orang, termasuk para pensiunan.

1. Penyewaan aset

Ide bisnia di usia 50-an yang pertama adalah penyewaan aset. Aset yang disewakan bisa berupa endaraan bermotor, sewa rumah, penginapan, sound system, peralatan pesta, atau aset guna lainnya. Bisnis ini cocok dicoba karena tidak memerlukan banyak tenaga dan pikiran dalam menjalankannya.

Jadi, jika Mommies dan Daddies punya aset guna yang jarang dipakai, maka bisa jadi alternatif untuk disewakan. Apabila punya modal lebih, kalian juga bisa membeli dulu aset-aset tersebut untuk kemudian di sewakan.

Sangat disarankan untuk menyewakan aset pribadi dulu ketimbang beli baru. Usahakan juga untuk tidak berutang demi membeli aset yang kemudian disewakan. Hal itu hanya membuat uang yang amsuk habis untuk membayar utang.

2. Waralaba

Bisnis waralaba yang bisa dicoba mencakup banyak hal, mulai dari makanan, minuman, minimarket, dan pilihan waralaba lainnya.

Ide bisnis ini dinilai mudah karena kalian tidak harus memulai dari nol dengan membuat merek sendiri dan kemudian mempromosikannya. Waralaba atau franchise tentu sudah punya nama dan pelanggan setia sehingga menjalankannya jadi lebih mudah.

Bisnis waralaba adalah salah satu model bisnis yang berjalan antara pemilik merek dan pemodal, yaitu kalian. Kalian hanya perlu membeli waralaba dan pemilik merek akan memberikan hak untuk menjalankan usahanya.

Nantinya kalian akan mendapatkan informasi mengenai standard operating procedure (SOP) dalam bisnis. Selain itu mereka juga akan menyediakan training ke karyawan, menyediakan bahan baku pembuatan produk, serta melakukan pemasaran. Tugas Anda sebagai pemodal hanya tinggal menjalankan bisnis dengan SOP.

3. Toko

Menbuka toko kelontong dan menjual kebutuhan pokok sehari-hari juga bisa menjadi ide bisnis di usia 50-an, lho! Pilihannya sebenarnya tak harus toko kelontong saja, bisa toko pakaian, toko alat tulis hingga fotocopy, toko alat listrik, toko makanan, hingga tanaman hias.

Tokonya bisa dibuka di area rumah sendiri sehingga tidak keluar uang sewa dan dananya bisa dialokasikan untuk belanja modal jualan. Menarik, kan?

Ide bisnis di usia 50-an lainnya bisa di lihat di sini!

BACA JUGA: Hanya Butuh Modal Kecil, Ini 9 Ide Bisnis Untuk Para Pecinta Kucing

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan